Cara Mengatur Budget Mudik Lebaran 2022

Sudah masuk minggu ke-2 Ramadan nih, apakah kamu sudah mempersiapkan budget mudik Lebaran 2022? Kalau belum, yuk intip caranya di sini!

Budget mudik Lebaran 2022 menjadi hal yang harus direncanakan sebelum keberangkatan. 

Lebaran memang identik dengan tradisi mudik serta banyaknya pengeluaran tidak terduga seperti biaya transportasi, biaya makan saat di perjalanan, atau biaya-biaya ekstra yang harus kamu keluarkan nantinya

Agar lebih tertata, berikut budget mudik Lebaran 2022 yang sebaiknya kamu siapkan. Simak baik-baik, ya!

Membuat budget khusus mudik lebaran

Cara ini bisa kamu lakukan untuk mengatur keuangan saat akan memulai mudik Lebaran 2022. Jika kamu menggunakan transportasi pribadi kamu harus mengatur budget seperti biaya untuk bensin, biaya e-Toll, biaya untuk makan, dan biaya untuk servis kendaraan.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Terbaik untuk Mudik Bareng Keluarga

Perjalanan yang cukup jauh pasti memerlukan budget yang cukup besar juga, maka dari itu kamu harus memperhitungkan budget khusus mudik Lebaran 2022 ini.

Membuat budget darurat

Pastikan kamu juga menyiapkan dana darurat atau dana ekstra. Dana ini akan berguna jika sewaktu-waktu terjadi hal darurat seperti biaya kesehatan atau jika kendaraan tiba-tiba alami kendala saat dalam perjalanan mudik.

Budget Tunjangan Hari Raya

Setelah 2 tahun terakhir dilarang, mudik kali ini dipastikan keluarga besar dan saudara-saudara kamu yang jauh juga akan ikut berkumpul bersama dan bertemu dengan mereka yang mungkin sudah kamu rindukan. 

Baca juga: Tips Menghindari Macet saat Arus Mudik Lebaran 2022

Tentunya untuk kamu yang sudah bekerja atau sudah menikah harus mempersiapkan budget Tunjangan Hari Raya untuk keponakan di kampung halaman. 

Budget rekreasi

Mengingat menghabiskan waktu bersama keluarga dengan rekreasi juga bisa melepas stress atau penat yang kamu rasakan setelah lelahnya bekerja, kamu tentu tidak mau melewatkan hal ini, bukan?

Persiapkan budget yang kemungkinan akan keluar, seperti tiket wisata yang akan kamu datangi bersama keluarga, budget untuk perjalanan seperti bensin dan budget untuk makanan dan jajan saat kamu berekreasi nanti. 

Ikut program mudik gratis 

Cara yang satu ini cukup membuat pengeluaran budget mudik Lebaran 2022 kamu sedikit berkurang. Tahun ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka program mudik gratis dengan menyediakan dana sebesar Rp 10 miliar.

Baca juga: Ide Peluang Bisnis Menjanjikan di Bulan Ramadan 2022

Program mudik gratis ini diselenggarakan pada tanggal 29-30 April 2022 dengan mematuhi protokol kesehatan 3 M (Memakai masker, Menjauhi kerumunan, dan Mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer).

Untuk bisa mengikuti mudik gratis ini, salah satu syaratnya adalah wajib mendapatkan vaksin dosis ketiga atau booster. Untuk masyarakat yang belum melakukan vaksin ketiga bisa menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Tes Antigen. 

Nah, sudah cukup tahu kan apa saja yang perlu kamu butuhkan untuk budget mudik Lebaran 2022 nanti? Sebaiknya dipersiapkan dari jauh-jauh hari, ya. Berikut tipsnya.

Atur pengeluaran

Kamu perlu mengatur pengeluaran selama 2-3 bulan sebelum Lebaran tiba. Kamu perlu memangkas pengeluaran sehari-hari kamu agar tidak ada pembengkakan budget di kemudian hari.

Baca juga: Perawatan Mobil yang Bisa Dilakukan Sambil Nunggu Waktu Buka Puasa 

Mencari penghasilan sampingan

Kamu bisa mencari penghasilan sampingan seperti pekerjaan freelance atau kamu bisa memulai bisnis kecil menjelang Ramadan agar pundi-pundi menjelang Lebaran semakin bertambah.

Membuat daftar kebutuhan

Terakhir, kamu bisa membuat daftar kebutuhan yang kamu perlukan, jangan membeli barang yang sekiranya kamu tidak begitu memerlukannya. Sisa dari uang tersebut bisa kamu tabung untuk budget mudik Lebaran 2022.

Kamu bisa memulainya dari sekarang dan jangan lupa juga untuk tetap menyiapkan budget setelah kamu mudik Lebaran. Ingat, kamu juga memerlukan budget untuk kehidupan sehari-hari kamu setelah mudik Lebaran 2022. 

Baca juga: Makanan Buka Puasa yang Praktis dan Bisa Dimakan di Mobil

Jika kamu tertarik untuk mengikuti program mudik gratis yang diadakan oleh pemerintah kamu bisa mendaftarkan diri sekarang juga dan jangan lupa dengan persyaratan dan ketentuan yang sudah di tentukan oleh pihak pemerintah. 

Tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan yang ada dan sudah melakukan vaksinasi yang telah ditentukan ya!