Biaya Modifikasi Sedan dengan Konsep Mewah dan Elegan

Mau sedan kamu punya tampilan yang baru dan beda dari yang lain? Yuk simak rincian biaya modifikasi sedan di bawah ini!

Biaya modifikasi sedan tergolong tidak murah. Namun bukan berarti menjadi halangan buat para pecinta mobil yang doyan memodifikasi mobil untuk menghabiskan uang agar bisa mendapatkan tampilan yang sesuai dengan konsep yang diinginkan.

Untuk mobil sedan sendiri ada banyak yang bisa dimodifikasi, seperti velg, mesin, lampu, dan lain-lain. 

Nah, jika kamu tertarik untuk memodifikasi mobil sedan milik kamu namun masih bingung harus mulai dari mana, yuk simak pembahasan berikut!

Velg

Memodifikasi velg bisa membuat mobil kamu menjadi pusat perhatian karena mampu memberikan tampilan yang berbeda pada mobil. Untuk itu, jangan terburu-buru saat memilihnya.

Baca juga: Perawatan Mobil yang Bisa Dilakukan Sambil Nunggu Waktu Buka Puasa

Pilihlah dengan selektif, sesuaikan dengan selera serta karakter apa yang ingin ditonjolkan dari mobil kamu.

Selain itu, pilihlah velg dengan ukuran yang tepat. Untuk mobil sedan sendiri, ukuran velg yang tepat yaitu 17 atau 18 inci. Jika kamu ingin memodifikasi velg, sebaiknya cari  yang ukurannya sama dengan yang standar.

Kamu bisa datang ke bengkel resmi terdekat untuk memodifikasi velg mobil kamu, dan untuk range biaya velg berkisar Rp 3 juta sampai Rp 4 juta.

Bodykit

Agar tampilan mobil sedan kamu sesuai dengan konsep yang diinginkan, kamu bisa merubah tampilan dari bodykit mobil. modifikasi ini juga bisa menarik perhatian banyak orang.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Kecil Nyaman Buat Harian dan Mudik

Untuk model kamu bisa menyesuaikan dengan konsep yang kamu inginkan dengan cara custom model bodykit ke bengkel terpercaya. Harga bodykit sendiri dipatok mulai dari Rp 1,2 juta per paket. Paket tersebut berisi bemper depan, bemper belakang, dan sideskirt.  

Lampu

Selanjutnya, kamu bisa memodifikasi lampu pada mobil sedan. Kamu bisa mengganti lampu utama menggunakan teknologi projector yang dilengkapi dengan daytime running light.

Sementara untuk lampu belakang sendiri kamu bisa menggunakan LED. Biaya modifikasi lampu depan berkisar Rp 3 juta sampai Rp 6 juta, sesuai dengan tipe mobil sedan kamu. Lalu untuk harga modifikasi lampu belakang dipatok dengan harga Rp 2 juta.

Warna

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk memodifikasi mobil sedan kesayanganmu, yaitu modifikasi warna. Beda warna, beda juga karakter yang akan ditonjolkan mobil kamu. Untuk itu, lakukan research sebanyak mungkin untuk memilih warna yang tepat.

Baca juga: Tips Memilih Ban Mobil Terbaik untuk Perjalanan Jauh dan Mudik

Untuk biaya pengecatan mobil full body di bandrol dengan harga Rp 4 juta. Sedangkan jika kamu kerok total harganya agak sedikit mahal yaitu Rp 6,5 juta puluhan bahkan ratusan juta. Semuanya tergantung warna, cat, pernis, dan coating.

Audio

Setiap mobil membutuhkan yang namanya perangkat audio. Tanpa perangkat audio, perjalanan kamu saat mengendarai mobil akan terasa sangat membosankan.

Baca juga: Terjebak Macet di Tanjakan saat Mudik, Sebaiknya Pakai Rem Apa?

Untuk modifikasi ini, kamu cukup mengeluarkan uang sekitar Rp 1,2 juta untuk jenis speaker coaxial. Nah, kalau kamu menginginkan jenis speaker split sistem 2 way atau 3 way, biaya yang dibutuhkan biasanya di atas Rp 2 juta.

Jok mobil

Untuk biaya modifikasi sedan yang satu ini kamu cukup mengeluarkan uang sekitar Rp 1,2 juta. Dengan harga segitu kamu bisa mendapatkan jok dengan bahan kulit sintetis. Kamu juga dapat menyesuaikan dengan warna mobil dan konsep yang kamu inginkan.

Knalpot

Agar tampilan dari knalpot mobil sedan kamu terlihat makin menarik, kamu bisa mengganti sistem knalpot mobil mulai dari header, resonator sampai muffler. Bila kamu menggantinya dengan satu paket tersebut, kamu bisa membelinya dengan harga Rp 2,5 juta. 

Baca juga: Tips Atur Barang di Bagasi Mobil Untuk Mudik

Harga tersebut berbeda-beda sesuai dengan bahan yang akan kamu pilih dan belum termasuk dengan harga pemasangan.

Filter udara

Fungsi dari filter udara sendiri untuk menyaring udara kotor agar tidak mengganggu jalannya udara bersih ke ruang bakar pada mobil. Untuk modifikasi komponen yang satu ini dibandrol dengan harga Rp 160 ribu untuk tipe replacement dan Rp 3 juta untuk tipe open filter.

Nah jika dijumlah perkiraan biaya modifikasi sedan yang perlu kamu persiapkan kurang lebih Rp 30 juta. Kira-kira bagian mana aja nih yang bakal kamu modifikasi?