Arti Indikator ECO yang Sering Ada di Mobil Zaman Now

Mobil-mobil keluaran terbaru biasanya memiliki fitur ECO, apa arti indikator ECO pada mobil? Simak penjelasannya berikut ini!

indikator ECO

Banyak yang belum tahu arti indikator ECO yang menyala pada bagian speedometer dengan lampu indikator bertuliskan ECO berwarna hijau, biasanya ada logo daun di bersamanya. 

Indikator ECO atau sering disebut juga ECO lamp adalah indikator yang akan menyala bila pengemudi berhasil berkendara dengan efisien. Ini berarti, ketika ECO lamp pada speedometer mobil menyala maka mobil sedang bahan bakar yang digunakan juga semakin irit. 

Buat yang belum tahu mengenai arti indikator ECO, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu indikator ECO?

Indikator ECO merupakan lampu indikator yang terintegrasi pada panel speedometer mobil atau sering juga disebut dengan MID (Multiple Indicator Display). Lampu indikator ini akan menyala jika pedal gas ditekan secara lembut atau putaran mesin tidak terlalu tinggi dan konstan. 

Baca juga: Jenis dan Cara Merawat Rem Tangan Mobil

Begitu pula saat melakukan perpindahan gigi dengan kondisi putaran mesin tidak terlalu tinggi, maka ECO lamp ini akan menyala. Jika indikator ECO menyala, maka konsumsi bahan bakar pun akan semakin irit. 

indikator ECO

Cara kerja indikator ECO

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cara kerja indikator ECO ini sangat berpengaruh pada gaya mengemudi seseorang. Terutama ketika pengemudi sedang menekan pedal gas. 

Bila pengemudi terlalu agresif menekan pedal gas atau sering melakukan kick down, otomatis lampu eco indikator akan padam. Agar tetap efisien saat berkendara sebaiknya pengendara mobil diharapkan untuk tetap ramah dalam menekan pedal gas, terutama saat baru akan melakukan akselerasi awal. ​​​​​​​

Baca juga: Lebih Sporty dan Bergaya, Ini Rekomendasi Daihatsu Varian ADS

​​​​​​​Tidak perlu menekan pedal gas terlalu dalam karena mobil bisa menyentak, yang pasti, dengan melakukannya maka akan jadi boros bensin. 

indikator ECO

Fungsi indikator ECO 

Fungsi indikator ECO adalah sebagai barometer pengendaraan yang ekonomis, sehingga pengendara mobil bisa berpatokan dari melihat indikator tersebut apakah cara mengemudi mereka efisien atau tidak.  

Lampu indikator tersebut akan menyala ketika kecepatan di atas 20 kilometer per jam. Sesuai fungsinya, fitur ini akan menyala dengan warna hijau yang bertujuan untuk memberikan informasi apakah cara pengendara sudah efisien atau belum.

Baca juga: Mobil Brebet Saat Digas, Apa Sih Penyebabnya?

Teknologi ini mampu memberikan indikasi terhadap kebiasaan berkendara agar lebih efisien dan maksimal. Dengan berkendara secara efisien, maka secara tidak langsung telah melakukan penghematan karena emisi yang disemburkan berkurang dengan adanya sistem pembakaran yang sempurna. 

Sejumlah mobil yang telah dipasarkan di Indonesia sudah banyak yang memiliki indikator ECO. Misalnya adalah Toyota All New Avanza, Toyota Corolla Altis, Toyota All New Camry, Daihatsu All New Xenia, Daihatsu All New Terios, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Rekomendasi Mobil Toyota dengan Fitur Toyota Safety Sense

Untuk lebih lengkapnya, bisa cek langsung di SEVA. Buat kamu yang ingin membeli mobil secara kredit, bisa mengetahui simulasi cicilan kredit untuk mobil sehingga kamu bisa mengetahui besaran cicilan yang harus dikeluarkan setiap bulannya. 

Jangan lupa, ada juga fitur Instant Approval yang membuat pembelian mobil bisa dilakukan secara cepat dan nyaman. Tunggu apalagi, yuk pilih yang Jelas dari Awal hanya di SEVA!