Apa itu Paylater dan Keuntungan Menggunakannya?

Masih belum familiar dengan apa itu paylater dan keuntungannya? Simak penjelasan serta tips penggunaannya di sini.

apa itu paylater

Meski sudah mulai populer, mungkin masih banyak yang bertanya-tanya akan apa itu paylater. Salah satu fitur transaksi digital ini kerap ditemukan di aplikasi payment getaway.

Biasanya paylater juga ditemukan pada saat melakukan pembayaran di e-commerce, yang mana bisa jadi salah satu opsi metode pembayaran. 

Baca juga: Tips Meminjam Uang Melalui P2P Lending

Di beberapa marketplace bahkan ada fitur paylater sendiri yang biasanya ditambahkan benefit khusus bagi pengguna yang menggunakan fitur tersebut.

Lantas seperti apa sih cara kerja serta keuntungan dari metode pembayaran yang sering disebut sebagai pengganti kartu kredit ini? Berikut penjelasan tentang apa itu paylater.

apa itu paylater

Apa itu paylater

Paylater merupakan metode pembayaran yang ditawarkan oleh marketplace, fintech, dan perusahaan digital atau start-up lainnya dengan cara menunda atau mencicil.

Pembayaran yang tertunda tersebut harus dilunasi dalam jangka waktu tertentu. Seperti namanya, “pay later” yang berarti “bayar kemudian”.

Baca juga: Apa Bedanya Debit dan Kredit? Ini yang Perlu Kamu Tahu

Secara konsep memang mirip dengan kartu kredit, di mana transaksi yang kamu lakukan akan ditalangi oleh perusahaan tersebut. Kemudian kamu akan membayarnya sesuai dengan jangka waktu yang dipilih.

Bedanya, kamu tidak memerlukan kartu fisik seperti kartu kredit. Pengajuannya pun juga lebih mudah karena paylater disediakan oleh institusi non-bank dan bisa dilakukan via online.

Kamu hanya perlu upload foto KTP dan foto diri sambil memegang KTP, lalu mengisi formulir data pribadi. Kemudian pendaftaran paylater akan diproses rata-rata selama 1×24 jam dan langsung bisa digunakan setelahnya.

apa itu paylater

Keuntungan paylater

Metode pembayaran ini memiliki sejumlah keuntungan dibandingkan dengan kartu kredit. Ini dia keuntungannya.

Praktis dan lebih cepat

Selain dari proses pendaftarannya yang cepat, penggunaan paylater sangatlah praktis terutama jika ada kebutuhan mendesak. Kamu bisa langsung membelinya dan membayarnya nanti.

Baca juga: Rekomendasi Investasi Modal Kecil, di Bawah Rp 2 Juta

Misalnya, ada kebutuhan rumah tangga yang stoknya habis tetapi sisa budget pengeluaran sudah sangat tipis. Paylater bisa kamu manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan lebih cepat.

Limit dan tenor pembayaran bervariasi

Limit yang akan kamu gunakan untuk paylater bervariasi dan dapat disesuaikan dengan kemampuan kamu. Mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta per bulan.

Jangka waktu cicilan yang bisa dipilih untuk melunasi paylater pun cukup bervariasi. Biasanya jangka waktu yang ditawarkan mulai dari 3 hingga 12 bulan.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Baru 2022 Untuk Dimiliki Pasangan Muda

Sama seperti membayar cicilan kartu kredit, semakin pendek tenor yang diambil bunga yang dikenakan akan semakin kecil. Bahkan ada yang menawarkan cicilan dengan bunga 0 persen.

Banyak promo

Keuntungan yang satu ini bisa dibilang salah satu alasan utama orang menggunakan paylater, yaitu banyak promo menarik yang ditawarkan.

Promo-promo menarik yang ditawarkan biasanya hanya bisa digunakan apabila pengguna menggunakan metode pembayaran ini.

Baca juga: Kesalahan Pemakaian Kartu Kredit yang Harus Dihindari

Hal inilah yang membuat orang banyak yang beralih memakai metode pembayaran tersebut pada saat berbelanja online atau memesan makanan.

apa itu paylater

Tips memakai paylater

Sebelum memutuskan menggunakan paylater, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengingat metode pembayaran ini termasuk ke dalam utang. Berikut tips penggunaannya.

Batasi limit pinjaman

Meskipun jadi lebih mudah penuhi keperluan, tetap batasi penggunaannya dan tentukan limit sesuai dengan kondisi finansial agar tidak kewalahan saat melunasinya.

Baca juga: Apa Itu BI Checking dan Bagaimana Cara Mengeceknya?

Baca dan pahami kontrak perjanjian

Jangan lupa baca dan pahami isi kontrak perjanjian terkait penggunaannya supaya meminimalisir adanya kerugian dan pastikan penyedia layanan sudah berada dalam pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Bayar sesuai tenggat waktu

Selalu lunasi cicilan sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan. Sebab, apabila lewat dari waktu yang ditentukan bisa dikenakan denda dan malah membuat tagihan makin menumpuk.

Setelah mengetahui apa itu paylater serta keuntungan dan tipsnya, kira-kira apakah kamu tertarik untuk menggunakan metode pembayaran ini?