MENULIS BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN MENTAL

Menulis menjadi sesuatu yang sangat penting di zaman sekarang. Apakah ia seorang penulis atau tidak, keterampilan menulis harus dimiliki oleh setiap orang. Mengapa harus demikian? Berikut adalah 10 alasan mengapa menulis itu penting.
Nietzsche, filosof Jerman abad ke-19 itu, pernah mengatakan, kurang lebih, bahwa setiap penyair (sesungguhnya: setiap penulis) tidak pernah merasa puas dengan realitas. Dan karena ia tidak puas dengan realitas, ia berusaha mengubah realitas, menjadikannya lebih tertahankan, lebih bisa diterima, dan lebih memuaskan baginya—dan mungkin bagi setiap orang yang lain.

1. Kemampuan Dasar Manusia

Menulis itu penting karena merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki sejak masuk sekolah dasar. 3 kemampuan dasar yang harus dipunyai oleh anak-anak saat masuk bangku sekolah adalah membaca, menulis dan berhitung. Jika 3 kemampuan tersebut sudah dikuasai sebelum masuk Sekolah Dasar,predikat anak pintar pasti di dapat. Seiring perjalanan waktu kegiatan belajar anak akan terus berkembang hingga dewasa. Akan tetapi 3 kemampuan tersebut tetap berperan besar terhadap jenis pekerjaan yang digeluti.

2. Menjadi Bukti Sejara

Menulis itu penting, karena dengan adanya tulisan bisa menjadi sebuah bukti nyata telah terjadi sesuatu hal yang penting di suatu masa. Pengetahuan suatu sejarah bisa diketahui oleh masyarakat berkat adanya tulisan-tulisan yang menjelaskannya. Seperti misalnya Sejarah pertama kali Islam Masuk Indonesia dapat diketahui berkat tulisan dari para penjelajah dunia dan juga ukiran-ukiran tulisan arab yang menjadi bukti nyata. Begitu juga dengan sejarah Kerajaaan-kerajaan Indonesia dapat diketahui berkat adanya tulisan juga. Seandainya tidak ada tulisan yang diukir dalam prasasti, sejarah negara kita tidak akan pernah diketahui.

3. Memberi Manfaat Pada Orang Lain

Menulis itu penting, karena dengan adanya tulisan kita bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan. Sesederhana apapun kata yang dituliskan, pasti bermanfaat bagi yang sedang membutuhkannya. Contoh rielnya adalah penulisan nama jalan atau arah yang hanya satu atau dua kata tapi bermanfaat besar bagi orang yang sedang dalam perjalanan. Tulisan-tulisan dalam buku, blog, surat kabar atau yang
lainnya juga memberi banyak informasi bagi yang membacanya. Para pembaca pastinya dengan sengaja mencari informasi yang dibutuhkannya dalam tulisan-tulisan tersebut manfaat menulis. 

Beberapa penulis yang bisa jadi panutan

1. WR. SUPRATMAN

Mengulik Biografi Sang Pencipta Lagu Indonesia Raya, Wage Rudolf Soepratman  - Museum Sumpah Pemuda

beliau adalah seorang penulis lagu yang bagus banget. salbeberapa lagu nya dapat di dengar di spotify dan untuk puisi puisi ya bisa di akses jugaa lewat sini 
berikut link link yang dapat membantu kita untuk mengakses karya wr supratman

1. google
2. Yahoo
3. Youtube
4. Soundcloud

bisa akses sini : Rekomendasi Jenis Musik yang Siap Nemenin Kamu Nyetir Mobil