8 Alasan Kenapa Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Mengalami masalah klaim asuransi mobil ditolak? Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan hal ini. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

asuransi mobil

Ada berbagai faktor yang menyebabkan klaim asuransi mobil ditolak dan ini mungkin sering dialami oleh para pemilik mobil. Padahal asuransi terkadang memang dibutuhkan untuk ketika ada musibah, misalnya saja kecelakaan. 

Ketika hal itu terjadi, dengan memiliki asuransi mobil biasanya biaya untuk perbaikan mobil akan ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan asuransi. Tentu harus dengan menunjukkan berbagai bukti pendukung agar klaim asuransi mobil ditolak bisa dihindari.

Baca juga: Cara Mengatasi Ngantuk Saat Mengemudi di Perjalanan Jauh

Namun sayangnya terkadang ada beberapa hal yang bisa menyebabkan klaim asuransi mobil ditolak. Apa saja yang bisa menyebabkannya? Simak penjelasannya berikut ini.

asuransi mobil ditolak

Sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa dirasakan pemilik mobil jika punya asuransi loh, seperti:

Menutup biaya perbaikan mobil

Manfaat asuransi mobil adalah bisa menjadi pelindung pemilik mobil atas kerugian dengan menutup biaya perbaikan. Mulai dari kerusakan akibat perbuatan jahat, kebakaran, saat berada di atas kapal, dan akibat lainnya. 

Melindungi dari risiko kecelakaan

Kecelakaan mobil menjadi hal yang tidak diinginkan, tetapi jika memiliki asuransi mobil maka hal ini bisa dikurangi risikonya. 

Baca juga: Kenali Ciri-Ciri Mobil Akan Mogok Saat Digunakan

Perbaikan kendaraan pasca kecelakaan dapat tergantikan dengan besar-kecilnya yang relatif dari jenis kerusakan. Perlindungan ini juga mencakup kerusakan akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, hingga mobil terperosok.

Memberi proteksi

Kehilangan mobil akibat dicuri mungkin bisa menimpa siapa saja dan di mana saja. Manfaat asuransi mobil berupa penggantian unit baru bisa kamu dapatkan sesuai dengan produk asuransi mobil yang kamu miliki. 

Dalam proses pengajuan klaim mobil hilang, pemilik asuransi mobil bisa mendukungnya dengan bukti CCTV dan bukti-bukti lainnya. 

Selain itu, bukti-bukti tersebut juga dapat digunakan sebagai bahan laporan ke polisi sebagai pihak yang berwajib.

mobil akan mogok

Memberi rasa tenang dan aman

Manfaat lainnya jika memiliki asuransi mobil adalah memberikan rasa tenang karena tidak perlu lagi khawatir dengan biaya-biaya yang harus dikeluarkan jika ada kejadian yang tidak terduga. 

Meskipun demikian, kehati-hatian dalam berkendara tetap harus menjadi yang utama ya. 

Baca juga: Mobil Brebet Saat Digas, Apa Sih Penyebabnya?

Nah, agar klaim asuransi mobil tidak ditolak sebaiknya usahakan untuk menunggu sampai masa tunggu itu selesai. 

Setelah masa tunggu selesai, barulah bisa melakukan klaim asuransi mobilmu. 

Bila perlu, tanyakan kepada pihak asuransi apabila ada ketentuan yang sulit dipahami agar nantinya terhindar dari masalah klaim asuransi mobil ditolak ya!