6 Hal yang Membuat Harga Jual Mobil Menjadi Tinggi

Saat menjual mobil, pastinya Anda menginginkan harga penjualan yang tinggi. Untuk itu, Anda harus memperhatikan 6 hal berikut ini.

harga jualMenjual mobil sering dilakukan orang ketika ingin mengganti atau upgrade ke mobil baru. Tentunya, penjual ingin mendapatkan harga yang tinggi dari mobil yang dijualnya. Tetapi, harga mobil bekas bisa berbeda-beda meskipun jenis, tahun pembuatan, dan jangka penggunaan yang sama.

 

Harga tersebut otomatis ditentukan oleh kualitas mobil yang dijual. Semakin bagus kualitasnya, semakin tinggi pula harga jualnya, begitu juga sebaliknya.

 

Nah, jika ingin menjual mobil dengan harga jual yang tinggi, sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini yang mungkin dapat membuat harga jual mobil Anda lebih tinggi.

 

Perawatan mesin secara rutin

Perawatan mesin secara rutin di bengkel resmi membuat mobil memiliki mesin yang terawat dan kondisi yang prima. Lalu, simpan juga riwayat servis mobil Anda. Hal tersebut dapat menambah kepercayaan pembeli terhadap kondisi mobil.

 

Baca juga: 6 Tips Merawat Injeksi Mobil

 

Selain itu, riwayat servis dapat digunakan sebagai patokan untuk mengukur jarak yang sudah ditempuh, caranya dengan mencocokannya dengan odometer mobil. Mobil yang selalu melakukan perawatan berkala akan memiliki kualitas yang baik.

 

Kondisi eksterior yang masih bagus

timing gear isuzu mu-xKemudian, usahakan mobil masih memiliki keadaan fisik yang mulus atau bagus. Jangan ganti warna cat mobil Anda, apalagi berbeda dengan keterangan yang tertera di STNK. Selain melanggar peraturan, hal tersebut menghilangkan kesan orisinil mobil Anda.

 

Baca juga: Jenis-Jenis Perawatan di Salon Mobil yang Layak untuk Anda Coba

 

Terkadang, warna mobil yang sudah dirubah membuatnya susah dijual dibanding warna aslinya. Bukan cuma itu, baret, penyok dan kerusakan body lainnya tentu akan mengurangi harga jual dari mobil tersebut, luka yang ada pada ikut mempengaruhi harga jualnya.

 

Jangan mengganti mesin atau rangka

membersihkan ruang mesin mobilMengganti atau mengubah bagian rangka dan mesin mobil memiliki dampak terhadap nilai jual yang signifikan, karena keaslian dari mobil tersebut jadi dipertanyakan. Kecuali, bila mobil tersebut memang sengaja di modifikasi untuk menjadi mobil custom, yang memiliki penggemar dan pasarnya sendiri.

 

Jaga kebersihan interior

Selain kondisi fisik bagian luar, bagian dalam mobi (interior) juga perlu dilihat dirawat sebagai pertimbangan ketika calon pembeli ingin membeli mobil tersebut. Tetap jaga interior mobil Anda dalam keadaan yang bersih, misalnya dengan melapisi jok dengan pelindung jika tak ingin jok mudah rusak.

 

Selain meningkatkan harga jual, kebersihan interior dapat mempengaruhi kesehatan pengendara dan penumpang yang berada di dalam kabin. Untuk itu, sebagai pemilik mobil, memelihara kebersihan interior wajib untuk dilakukan.

 

Surat-surat masih aktif / pajak masih hidup

beli mobil off the roadJaga selalu kelengkapan surat-surat kendaraan seperti BPKB, STNK, dan sebagainya. Usahakan pajak kendaraan masih aktif dan selalu dibayar. Urusan administrasi seperti ini memberi dampak besar terhadap nilai jual. Mobil yang surat-suratnya masih lengkap secara hukum akan meningkatkan harga mobil.

 

Baca juga: Biaya dan Cara Mengurus BPKB yang Hilang

 

Kaki-kaki

Ban dengan kondisi permukaan yang halus atau sudah habis ulirnya tentu akan mengurangi nilai jual mobil. Alangkah baiknya sebelum menjual mobil, pastikan ban dalam kondisi yang layak digunakan di jalanan dan masih memiliki ulir di permukaannya.

 

Pembeli bisa saja meminta potongan harga terhadap kondisi ban yang sudah halus, karena setelah membeli mobil Anda, mereka perlu mengganti ban tersebut. Selain ban, bagian shock breaker, tie rod, pelek, dan lain-lain juga diperhitungkan oleh calon pembeli. Maka dari itu, selalu rawat bagian kaki-kaki mobil.

 

Baca juga: Pilihan Expert, Mobil Bekas dengan Kualitas Premium

 

Hal-hal di atas sebaiknya selalu diperhatikan saat ingin menjual mobil dengan harga yang tinggi. Nah, sedangkan bagi calon pembeli yang ingin mendapatkan mobil bekas berkualitas, Anda bisa mengunjungi Pilihan Expert di Seva.id.

 

Pilihan Expert menawarkan mobil bekas dengan berbagai standar mutu yang tinggi, mulai dari bebas tabrak, bebas banjir, kelengkapan surat-surat asli, dan masih banyak lagi. Bila Anda mencari mobil bekas berkualitas, jangan lupa kunjungi Pilihan Expert.