Velg Ori vs Velg Replika, Mana yang Lebih Baik?

13 December 2018


Velg replika telah menjadi pilihan alternatif terhadap tingginya harga velg orisinal di pasaran. Jika velg orisinil ada yang menjual lebih murah dalam kondisi bekas biasanya spesifikasi dan unitnya terbatas. Velg replika menjadi menggiurkan karena dengan harga yang relatif lebih murah, mobil seketika akan mendapat tampilan baru.

 

Ada beberapa macam proses pembuatan pada velg aftermarket dan proses ini yang menjadi penentu kualitas velg mobil yang aman. Baik velg aftermarket orisinal, velg OEM (Original Equipment Manufacturer) maupun velg replika memiliki banyak variasi dalam proses produksinya. Artinya, kualitas velg terletak pada bagaimana velg itu dibuat, bukannya siapa yang membuatnya.

 

Vleg Original, Vleg Replika

Dalam memilih velg mobil yang aman sebaiknya pilihlah velg ori, baik itu OEM maupun aftermarket. Tentunya, memiliki kualitas yang lebih baik dari pada velg replika karena harga tidak pernah berbohong. Namun, saat ini karena besarnya permintaan pasar sehingga mulai bermunculan beberapa produsen nakal yang melewatkan banyak proses pengujian.

 

Pengujian dilakukan dengan tujuan untuk memastikan velg mobil yang aman digunakan. Jika pada velg replika tidak dilakukan pengujian, tidak heran banyak produk yang mengalami kecacatan dari segi kualitas seperti terasa bergetar, mudah peang, retak atau bahkan pecah. Pada tahap pengujian membutuhkan biaya yang cukup mahal, hampir semua produsen velg replika tidak ingin repot untuk menguji produknya.

 

Selain mempunyai kualitas lebih rendah, velg replika biasanya hanya melewati pengujian fisik yang ringan atau bahkan tidak sama sekali.

 

Produsen velg orisinal aftermarket sekaligus OEM, biasanya mengharuskan setiap velg yang diproduksi dilakukan pengujian ketat seperti berikut:

  • Dynamic Fatigue Testing, merupakan simulasi pengujian pada kondisi jalan normal untuk mengetahui bagaimana velg menghadapi gesekan dan tekanan kontak dengan jalanan.
  • Cornering Testing, merupakan pengujian untuk mengetahui tingkat efektivitas vleg saat menghadapi perubahan beban saat berada di tikungan.
  • Impact Testing, merupakan pengujian untuk mengetahui kekuatan vleg saat menghadapi polisi tidur maupun lubang.

 

Modifikasi Ban Mobil

Bagi sebagian orang, membuat mobil keren menjadi sebuah keharusan. Melakukan modifikasi beberapa aksesoris mobil menjadi pilihan yang tepat, salah satunya dengan memilih velg yang aman dan keren.

 

Melakukan modifikasi secara sederhana dapat Anda lakukan dengan mengganti velg tipe racing. Dalam mengganti velg, harus diperhatikan ukuran velg mobil yang aman. Mengganti velg bawaan dengan produk aftermarket yang memiliki diameter yang lebih besar tidak dilarang namun hanya boleh naik 2 inci aja.

 

Batasan tersebut berguna untuk menjaga roda agar tidak mudah rusak. Ketika velg melebihi ukuran standart, kerja putaran roda menjadi lebih berat dan beban yang ditanggung oleh roda semakin tinggi. Velg dengan ukuran yang lebih besar mempunyai langkah yang lebih cepat dan jauh. Putaran itu akan menjadi sulit dikontrol oleh sistem pengereman yang dirancang untuk ukuran di bawah diameter velg aftermarket tadi.

 

Tentunya hal ini cukup berbahaya bagi keselamatan dalam berkendara. Dilihat dari segi keselamatan lainnya, menggunakan velg yang lebih besar ukurannya tidak lebih dari 2 inci tetap dapat menjaga ban agar tetap awet.

 

Nah itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan mengenai velg sebelum memilih velg mobil yang aman. Anda dapat menemui bengkel resmi untuk berkonsultasi jika ingin mengubah velg mobil Anda. Pilihlah dealer yang memiliki velg mobil yang aman bagi kendaraan Anda. Anda dapat melakukan online booking bengkel di Seva.id yang memiliki rekan dealer resmi.

 

Aulia Riski Chandra

SHARE