Tidak Ada Dana untuk Ganti Ban Mobil? Coba Cara Ganti Ban Mobil Sendiri Berikut ini!

13 December 2018

Keahlian dan cara ganti ban mobil bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi jika Anda terbiasa untuk menggunakan jasa montir untuk menggantinya. Meskipun begitu, bukan berarti hal ini tidak bisa dilakukan sendiri. Akan ada waktunya Anda harus bisa menggantinya dengan tenaga sendiri, seperti saat ban bocor di perjalanan jauh atau juga ketika dana yang dimiliki tidak mencukupi untuk membawanya ke bengkel.

 

Untuk memudahkan Anda dalam menggantinya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar ban mobil bisa diganti dengan mudah. Cara-cara berikut ini sangat penting untuk Anda ketahui. Berikut adalah penjelasan selengkapnya!

 

  1. Persiapkan Alat yang Dibutuhkan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengganti ban mobil sendiri adalah dengan mempersiapkan berbagai alat yang dibutuhkan. Anda dipastikan tidak bisa menggantinya jika tidak memiliki alat yang dibutuhkan, seperti kunci roda, dongkrak mobil, dan pastinya ban cadangan. Agar tidak kelupaan, sebaiknya ketiga peralatan ini harus Anda simpan terus di bagasi mobil. Sehingga, ketika harus mengganti ban, Anda tidak perlu repot mencarinya di tempat lain.

 

  1. Mengendurkan Baut ban

Langkah berikutnya yang dilakukan setelah menemukan peralatan yang dibutuhkan adalah mengendurkan baut ban. Untuk dapat melakukannya, Anda harus membuka lubang baut terlebih dahulu (jika ada). Coba untuk mencungkil penutup tersebut dengan obeng, kemudian putar melawan arah jarum jam. Sedikit trik agar baut ban lebih mudah dikendurkan adalah dengan mengendurkan baut ban yang berseberangan. Ulangi proses ini sampai semua baut telah selesai dikendurkan. Tapi perlu Anda perhatikan, jangan sampai baut ban sampai terlepas, cukup longgars saja.

 

  1. Memasang Dongkrak

Cara mengganti mobil yang benar berikutnya adalah memasang dongkrak. Meskipun kelihatannya mudah, memasang dongkrak memiliki trik tersendiri. Pertama, pastikan agar dongkrak di pasang pada struktur mobil yang kuat. Titik terbaik untuk menempatkannya adalah pada cekungan dekat roda. Selain itu, pastikan juga agar posisinya tegak lurus. Setelah selesai, Anda bisa langsung mengangkat mobil dengan menekan atau memutar dongkrak dengan anggota tubuh hingga posisi ban terangkat dari tanah.

 

  1. Mulai Membuka Baut Ban

Setelah posisi ban terangkat dengan sempurna, langkah selanjutnya adalah mulai membuka baut ban. Pastikan semua baut terlepas dengan sempurna dan dikumpulkan di satu tempat yang sama dalam posisi tidur. Jangan sampai nantinya ada yang hilang, sehingga mengganggu proses pemasangan ban cadangan.

 

  1. Memasang Ban Cadangan

Proses dan cara ganti ban mobil berikutnya adalah mulai memasang ban cadangan. Keluarkan ban dari bagasi Anda dan mulai pasang sesuai dengan posisinya. Jika kesulitan memasukkannya, coba untuk memasukkan sambil menggoyang-goyangkannya, agar ban berada di posisi yang sempurna. Setelah selesai, pasangkan baut yang sudah dilepaskan tadi pada posisi yang sama dengan sebelumnya. Putar baut mengikuti arah jarum jam menggunakan kunci roda. Pastikan baut sudah terpasang dengan sempurna.

 

  1. Menurunkan Dongkrak dan Kencangkan Baut

Jika ban sudah terpasang dengan sempurna, mulai turunkan dongkrak secara perlahan. Setelah ban mulai menginjak tanah, Anda bisa mulai melepaskan dongkrak dari posisinya. Kemudian, Anda bisa melanjutkan dengan mengencangkan baut menggunakan kunci roda yang dimiliki. Pastikan agar baut terpasang dengan kencang, dan jika perlu, kencangkan dengan diinjak menggunakan kaki.

 

Setelahnya, ban yang bocor atau rusak bisa Anda masukkan ke dalam bagasi atau bagian belakang mobil. Anda pun sudah bisa melanjutkan perjalanan dengan aman dan nyaman.

 

Ternyata, cara ganti ban mobil di atas tidak susah untuk dilakukan, bukan? Dengan rutin berlatih sendiri di rumah, dalam waktu singkat pun Anda sudah bisa menguasai tekniknya. Jangan lupa untuk merawat ban dengan benar, agar kondisi ban lebih prima digunakan dalam waktu yang lama. Selamat mencoba!

Aulia Riski Chandra

SHARE