Tak Cuma Bikin Keren, Stiker Mobil Juga Punya Manfaat Lain Loh

09 January 2019

Stiker mobil jenis karakter film

Modifikasi kendaraan dengan memasang stiker di bagian bodi saat ini telah menjadi tren di kalangan pecinta otomotif. Banyak di antara pengguna mobil yang mengambil langkah modifikasi dengan cara ini guna mempertahankan kualitas cat kendaraannya.

 

Ditambah lagi, pemasangan stiker mobil pun dianggap lebih efisien dan hemat biaya daripada air brush. Hal itu disebabkan oleh air brush dikenal mahal dan memakan waktu yang tak sebentar. Akan tetapi, tak jarang ada pula pemilik mobil yang mengambil langkah untuk memodifikasi kendaraan—dengan memasang stiker mobil—didasari oleh alasan lain. Misalnya untuk menambah keren tampilan mobil atau hanya sekadar menyalurkan hobi saja.

 

Namun, sebenarnya stiker mobil tak hanya memperindah penampilan mobil menjadi lebih keren atau elegan. Ada manfaat lain yang akan Anda rasakan bila memodifikasi  mobil dengan menggunakan stiker.

 

Adanya jaminan proteksi kini maupun nanti

Keberadaan stiker mobil banyak diyakini menjadi solusi untuk melindungi warna cat asli dan jamur di kendaraan. Pasalnya, mobil yang sering hilir mudik di jalan akan mendapat paparan sinar UV secara langsung. Hal itu dapat mengurangi kualitas dan kesolidan warna cat mobil Anda.

 

Ditambah lagi, ketika Anda memarkir mobil di lokasi tak beratap saat musim penghujan,  mobil Anda beresiko dihinggapi jamur. Sebab, air hujan yang mengguyur mobil tidak dapat kering begitu saja.

 

Selain itu, material stiker juga dikenal kuat. Stiker mobil dapat membantu Anda menutupi goresan “luka” di badan mobil. Goresan tersebut mungkin saja didapat pasca terjadi benturan dengan kendaraan lain. Atau terjadi saat Anda membersihkan mobil dengan menggunakan kain atau lap yang berbahan kasar sehingga meninggalkan bekas goresan.

 

Secara tidak langsung, stiker mampu menutupi dan melindungi mobil dari goresan. Terlebih bila Anda menggunakan stiker mobil jenis wrapping, yang mampu membungkus seluruh bagian bodi mobil Anda.

 

Bahkan, sebagian pengguna mobil  mengklaim bahwa stiker dapat menjaga stabilitas nilai jual mobil ketika hendak dijual. Hal itu disebabkan oleh terjaganya orisinalitas dan kualitas cat mobil, bahkan bisa jadi seperti saat pertama kali Anda membelinya.

 

Stiker mobil lebih awet dan mudah dirawat

 

Tak hanya harga pemasangannya saja yang diyakini murah, pemasangan stiker pun relatif mudah. Anda dapat pun dapat melakukannya sendiri atau menyerahkan kepada bengkel khusus yang memberikan jasa pemasangan stiker mobil.

 

Paling tidak, jika stiker dipasang dengan benar, stiker dapat tahan dalam waktu yang cukup lama. Maksimal dapat mencapai 3-4 tahun, tentu diiringi pula dengan perawatan yang apik pula.

 

 

Baca juga: Sticker My Family di Mobil Potensi Timbulkan Tindak Kejahatan

 

Pelepasan stiker mobil juga relatif mudah

 

Jika model stiker mobil yang telah digunakan dirasa sudah membosankan dan Anda ingin menggantinya dengan model baru, Anda juga dapat melepasnya sendiri.

 

Tak banyak alat maupun bahan khusus yang dibutuhkan untuk melepas stiker dari bodi mobil. Anda hanya perlu membasahi lebih dahulu setiap bagian stiker tersebut dengan cairan bensin atau minyak tanah agar lunak ketika dilepas.

 

Supaya tidak menimbulkan masalah saat melepasnya, lakukan penarikan stiker secara perlahan dan berpola: dari kanan atas ke kiri bawah. Tujuannya adalah agar kertas stiker dapat menyeluruh dilepas.

 

Ingat, jangan lupa untuk membersihkan lem stiker seusai dilepas dari bodi kendaraan dengan cairan pembersih. Sebab, ketika stiker dilepas, biasanya lem perekat stiker masih menempel di mobil Anda.

 

Nah, bagi Anda yang berniat melakukan modifikasi, memasang stiker di bodi mobil dapat dilakukan. Selain mengikuti tren modifikasi dan menambah kesan keren, juga sangat bermanfaat untuk mempertahankan kualitas kendaraan Anda tersebut. Selamat mencoba.

Rismawati Idris

SHARE