Selain Tidak Dihadiri Presiden Jokowi, Apa lagi Beda IIMS 2019 dan Sebelumnya?

07 May 2019

IIMS merupakan pameran otomotif yang diadakan setiap tahun. Lalu, apa perbedaan antara IIMS 2019 dengan tahun lalu?

Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 telah resmi ditutup. Ajang otomotif tahunan ini dibuka dari 25 April 2019 hingga 5 Mei 2019. Sama dengan tahun sebelumnya, IIMS 2019 tetap mengusung tagline Your Infinite Automotive Experience.

 

Lalu, apa yang membedakan IIMS 2019 dengan IIMS 2018?

 

Menurut pantauan Seva.id pada Selasa (30/4), tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok di tahun ini dan sebelumnya. Merk-merk otomotif yang ikut menjadi peserta juga tidak berbeda jauh dengan tahun lalu.

 

Walaupun begitu, masih ada beberapa hal yang menjadi bisa menjadi pembeda di 2019, antara lain adalah sebagai berikut.

 

Tidak dihadiri oleh Presiden saat pembukaan

Perbedaan pertama yang paling terlihat adalah pada saat pembukaan IIMS 2019, yaitu tidak dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Padahal, di tahun 2018, Jokowi menyempatkan diri hadir untuk membuka pameran otomotif ini.

 

IIMS 2018 yang digelar pada 19 – 29 April 2018 itu juga dapat dikatakan sebagai sejarah bagi pihak penyelenggara, karena pertama kalinya dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Presiden Jokowi.

 

Pada tahun ini, IIMS resmi dibuka oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, mewakili Presiden Jokowi yang berhalangan hadir.

Ada tambahan peserta yang berpartisipasi

Selanjutnya, ada perbedaan dari jumlah peserta di IIMS 2019. Jika pada tahun 2018 terdapat 35 peserta, IIMS 2019 diikuti oleh 36 peserta yang terdiri dari pabrikan roda empat dan roda dua.

 

Namun sebelumnya, indonesianmotorshow.com sempat mengatakan, bahwa IIMS 2019 diikuti 26 merek kendaraan roda empat dan 17 merek kendaraan roda dua yang akan berpartisipasi.

 

Peserta IIMS 2019 di roda empat antara lain adalah Toyota, Daihatsu, BMW, Mini, Volkswagen, Hyundai, Jeep, Chevrolet, dan lain-lain. Sedangkan pada roda dua diantaranya yaitu Honda, Triumph, Vespa, KTM, Moto Guzzi, dan sebagainya.

 

Event otomotif ini bukan hanya dihadiri oleh merek-merek roda dua dan roda empat, tetapi booth IIMS juga diisi oleh para eksebitor yang menjual pakaian.

 

Ada berbagai macam pakaian yang terlihat, dari baju kaos, kemeja, jaket, sampai dengan aksesoris lainnya, seperti topi, tas, dan lain-lain.

 

Minim Sales Promotion Girl (SPG)

Event otomotif biasanya dihadiri oleh para wanita cantik yang menjaga booth dan mendampingi kendaraan yang dipajang. Namun, tidak di IIMS 2019. Sales Promotion Girl (SPG) hanya terlihat hanya di beberapa booth saja.

 

Malah, ada pabrikan yang tidak menggunakan SPG sama sekali, melainkan hanya di hari Sabtu dan Minggu saja. Tidak seperti event otomotif kebanyakan, yang memang menggunakan SPG sebagai daya tarik dan penghias booth pabrikan.

 

Tetapi bukan berarti IIMS 2019 digelar tanpa SPG, karena mereka masih banyak terlihat di area roda dua.

 

Gesit, dump truck, dan Indonesia Boating Gathering memberi warna baru di IIMS 2019

Gesit hadir di IIMS 2019 dan sekaligus menjadi warna baru pada area roda dua. Kendaraan listrik buatan anak negeri ini hadir di tengah-tengah kepungan merek asing dan sangat menarik perhatian pengunjung yang melewatinya.

 

Lalu, terlihat juga dump truck yang berukuran sangat besar terpajang di area outdoor. Uniknya, dump truck tersebut disandingkan dengan Morris Mini yang berukuran kecil.

 

Selain itu, Indonesia Boating Gathering juga turut meramaikan IIMS 2019. Sekilas, ini terlihat tidak ada hubungan langsung dengan otomotif, namun kapal-kapal yang dipajang cukup membuat beberapa pengunjung terhenti untuk melihat.

 

Jadi, selain perbedaan di atas, menurut Anda apalagi yang membedakan IIMS tahun ini dengan IIMS 2018?

 

Sebagai informasi, selain IIMS 2019, ada juga event otomotif yang akan digelar pada tahun ini, yaitu Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, pada tanggal 18 – 28 Juli 2019 di ICE BSD City. Jangan lupa dicatat tanggal dan kunjungi event otomotif terbesar ini ya.

Ferdi Julias

SHARE