Selain MobiI dan Motor Ada Apa Saja di IIMS 2019?

03 May 2019

Pameran otomotif IIMS 2019 sedang berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat. Sebelum ke sana Anda mesti tahu ada apa saja di IIMS 2019. Berikut pantauan Seva.id.

Salah satu pameran otomotif terbesar, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019,  kembali digelar selama 11 hari penuh pada 25 April 2019 sampai 5 Mei 2019 dengan mengambil lokasi di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat.

 

Seperti IIMS di tahun-tahun sebelumnya, IIMS 2019 ini pun menjadi ajang para agen tunggal pemegang merek (ATPM) kendaraan untuk memamerkan produknya, termasuk meluncurkan produk terbaru.

 

Dengan tema Infinite Automotive Experience, IIMS 2019 menghadirkan 30 merek kendaraan, baik mobil dan motor. Merek-merek mobil yang sudah konfirmasi akan tampil adalah Audi, BMW, Chevrolet, Datsun, DFSK, Jeep, Honda, Hyundai, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, Wuling Motors, dan VW.

 

Sementara untuk roda dua atau sepeda motor terdiri dari 14 merek yang dipastikan hadir di IIMS 2019, meliputi Aprilia, Benelli, BMW Motorrad Indonesia, Gesits, Harley Davidson, Husqvarna, Honda, Kawasaki, KTM, Kymco, Lambretta, Moto Guzzi, Piaggio, Royal Enfield, Suzuki, dan Vespa.

 

Menarik sekali ya? Sayang sekali bila Anda tidak ikut menghadiri dan meramaikan salah satu pameran otomotif terbesar di Indonesia ini. Berikut pantauan Seva.id ada apa saja di IIMS 2019.

BMW Indonesia dan BMW Motorrad Indonesia

Berlokasi di Hall D, salah satu yang menarik perhatian adalah booth BMW Indonesia. Di ajang IIMS 2019 ini, BMW untuk pertama kalinya mengenalkan All-New BMW Z4 sDrive30i M Sport.

 

Mobil bergenre roadster ini memiliki penampilan sporty dan kompak dilihat dari sudut manapun. Menariknya, pengunjung dapat mencicipi duduk di kabinnya dengan material premium. Jadi dapat dibayangkan bagaimana mengemudikannya.

 

BMW pun membawa 11 mobil andalannya untuk dipamerkan. Ada juga beragam penawaran menarik yang diberikan untuk pengunjung yang membeli mobil BMW selama IIMS 2019.

 

Masih satu booth dengan BMW Indonesia, ada juga MINI Indonesia dengan produk-produk andalannya. Tak mau kalah, MINI pun meluncurkan New MINI Ice Blue Edition. Yang paling istimewa adalah kendaraan ini dibalut dengan warna cat khusus yang khas – Ice Blue dengan aksen Solaris Orange dan aksesoris premium.

 

Tidak hanya itu, selain mobil, terselip booth dari BMW Motorrad Indonesia dengan motor-motor andalannya seperti BMW R nineT Special Edition, BMW S 1000 RR, BMW R 1250 GS, dan BMW C 400 X.

Penawaran menarik

Untuk pembelian mobil selama IIMS 2019, Toyota menawarkan Toyota Hadiah Ramadhan (THR), yaitu kesempatan untuk mengikuti undian yang diadakan oleh Toyota dengan hadiah spesial 1 unit Toyota Alphard, 3 unit Toyota Fortuner TRD, dan 9 unit Toyota Innova.

 

Tidak hanya itu, bagi pengunjung yang melakukan pembelian mobil Toyota secara kredit menggunakan Toyota Astra Finance (TAF) dan ACC, akan mendapatkan tambahan satu kupon undian mobil dan satu kupon undian berhadiah 60 jam tangan Apple Watch.

 

Penawaran lainnya, ada harga spesial setiap pembelian Toyota Fortuner, Toyota Yaris, dan Toyota Innova menggunakan leasing TAF atau ACC, mendapatkan harga spesial dan cicilan ringan.

 

Sementara, untuk pembelian Toyota Agya ada uang muka Rp 16 juta, dan uang muka Toyota Calya hanya Rp 15 juta. Pembelian keduanya juga akan mendapatkan gratis cicilan satu bulan.

 

Tidak mau kalah, booth daihatsu pun memiliki penawaran menarik untuk pengunjung yang melakukan transaksi selama IIMS 2019. Salah satunya dalam bentuk down payment (DP) atau uang muka rendah, seperti pembelian Daihatsu Gran Max DP hanya Rp 1,1 jutaan, Daihatsu Terios Rp 3 jutaan, dan Daihatsu Xenia Rp 1,7 jutaan.

Mobil unik

Selain deretan mobil penumpang dan niaga, ada pula mobil unik di IIMS 2019. Bahkan tak sedikit para pengunjung berdecak kagum kemudian mengabadikan foto bersama mobil tersebut.

 

Baca: Menarik Perhatian, Kendaraan Unik IIMS 2019 Banyak Diburu Pengunjung

 

Bila tahun lalu pengunjung dikejutkan dengan Toyota Vios bermuka dua, pada IIMS 2019 dari tangan modifikator yang sama hadir Toyota Vios delapan roda yang berhasil menarik perhatian pengunjung.

 

Mobil unik lain yang dapat ditemukan di IIMS 2019 adalah replika Batmobile dari film Batman (1989) dan Batman Return (1992) yang diperankan oleh Michael Keaton.

 

Di area outdoor IIMS 2019 pengunjung pun dikagetkan dengan hadirnya Truk raksasa Caterpillar 777E. Truk milik PT Trakindo Utama ini memiliki panjang lebih dari 10 meter dan berat 200 ton. Konon harga truk yang biasa digunakan untuk aktivitas pertambangan ini mencapai RP 14 miliar.

 

Penasaran? Pengunjung pun dapat mengintip isi kabin dari truk dengan warna kuning yang khas ini. Tentu, tidak lengkap rasanya bila tidak berfoto. Jarang-jarang bisa melihat truk ini secara langsung.

Test drive dan test ride

Ragu mau beli mobil atau motor baru selama IIMS 2019? Mending Anda coba saja dulu biar tidak salah beli dan menyesal kemudian.

 

Area test drive dan test ride IIMS 2019 ini cukup luas, bahkan ada area test drive khusus mobil-mobil Wuling seperti Wuling Almaz, Wuling Confero, dan Wuling Cortez yang baru saja meluncur versi mesin turbo.

 

Tidak hanya itu, tiap area drive dan test ride disediakan beberapa rintangan seperti speed bump, platform tanjakan dan turunan, trek lurus, hingga jalan zig zag.

 

Dengan ini, calon pembeli mobil atau motor selama IIMS 2019 dapat benar-benar merasakan performa dari kendaraan yang ingin dibelinya.

 

Hampir semua peserta pameran IIMS 2019, baik mobil dan motor menyediakan unit-unit untuk dapat di-test drive dan test ride.

 

Syarat untuk test drive dan test ride pun cukup mudah. Yang pasti Anda harus memiliki SIM. SIM A untuk test drive mobil dan SIM C untuk test ride motor.

 

Lalu, Anda tinggal menghubungi sales dari masing-masing merek kendaraan dan mengajukan keinginan untuk test drive atau test ride.

Motor terbaru

Ada apa saja di IIMS 2019? Tentu, selain mobil ada juga motor. Oleh para agen tunggal pemegang merek (ATPM) motor, IIMS dijadikan ajang untuk mengenalkan motor-motor terbarunya. Selain BMW Motorrad Indonesia, Hall C adalah tempat berkumpulnya booth motor.

 

Pertama, yang paling depan ada booth dari Astra Honda Motor. Di sini, Honda membawa koleksi Honda Big Wing atau koleksi motor besarnya seperti Honda Gold Wing, Honda CMX 500 Rebel, Honda CB650R yang bergaya Neo Cafe Racer, Honda CRF1000L Twin Africa, dan yang terbaru Honda X-ADV yang baru saja diluncurkan.

 

Tidak lupa Honda juga membawa semua koleksi skutiknya, Honda CBR 205RR, dan jajaran motor sport 150 cc.

 

Lainnya, yang cukup menarik perhatian ialah kehadiran booth Gesits untuk pertama kalinya. Gesits sendiri merupakan merek sepeda motor listrik buatan Indonesia. Mototr ini sekarang sudah diproduksi massal dan dapat dibeli dengan harga Rp Rp 24.950.000 off the road.

 

Benelli menyuguhkan dua produk baru, motor gaya scrambler Leoncino 500 dan motor adventure TRK 502. Husqvarna meluncurkan Vitpilen 701 dan FC 450 Rockstar Edition. Sementara, KTM bakal trail baru SXF 450 Harling Replica.

 

Sedangkan Lambretta sebagai pesaing Vespa meluncurkan V-Special 200 yang dibandrol Rp 52,5 juta dan V-Special 125 Rp 44,5 juta on the road Jakarta.

 

Di booth Royal Enfield, hadir motor dengan mesin baru dua silinder berkapasitas 650 cc, yakni Royal Enfield Continental GT 650 dan Royal Enfield Interceptor 650.

The Wasteland Project

Wahana dengan tema barang-barang bekas yang diprakarsai oleh Bingky Bikers Station ini sebagian besar diisi oleh mobil hotrod dan juga motor custom.

 

Selain itu, ada juga booth yang menawarkan beragam karya seni berupa pajangan di dalamnya. Bengkel custom Katros Garage, juga ikutan buka lapak di sini.

 

Pengunjung IIMS 2019 juga bisa mampir ke wahana The Wasteland Project yang lokasinya di area outdoor paling belakang, tepatnya setelah area test drive dan test ride.

 

Menarik bukan? Sudah saatnya Anda temukan sendiri ada apa saja di IIMS 2019. Catat juga pameran otomotif berikutnya, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS 2019) di ICE, BSD City pada 18-28 Juli 2019!

Arris Riehady

SHARE