Review Toyota New Agya 2018: Kecil-Kecil Cabe Rawit

28 November 2018

Toyota New Agya

Toyota Agya adalah low cost green car (LCGC) atau mobil terjangkau ramah lingkungan pertama di Indonesia. Mobil ini diperkenalkan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012. Namun, baru pada tanggal 9 September 2013 Toyota Agya resmi dijual di tanah air.

 

Nama “Agya” diambil dari bahasa Sanskerta, yang berarti “cepat”. Pada 7 April 2017, versi facelift mobil ini diluncurkan, dan Toyota New Agya pun lahir.

 

Berbeda dengan generasi sebelumnya, Toyota New Agya kini dibekali dengan mesin baru baru berkapasitas 1.197cc berteknologi Dual VVT-i.

 

Seva.id, berkesempatan menjajal LCGC perkotaan ini beberapa waktu yang lalu. Unit yang dipinjamkan oleh Auto2000 ini adalah Toyota New Agya tipe TRD Sportivo bertransmisi otomatis. Tipe ini adalah tipe tertinggi Toyota New Agya. Berikut impresi kami.

Toyota New Agya

Lincah!

Oh ya, lincah adalah hal yang pertama kami rasakan saat mengemudikan mobil dengan dimensi panjang 3.660 milimeter, lebar 1.600 milimeter, dan tinggi 1.520 milimeter ini.

 

Toyota New Agya TRD Sportivo ini kami kemudikan dengan rute Jakarta – Bogor. Saat macet, mobil ini meliuk dengan lincahnya. Untuk berpindah jalur pun bukan hal yang sulit. Apalagi ketika diajak melewati jalan sempit.

 

Tidak hanya itu, LCGC perkotaan ini juga sangat nyaman ketika pengemudi ingin parkir dengan ruang yang terbatas. Saat ingin berwisata kuliner di Bogor contohnya, kami tidak pusing keluar masuk dan memarkirkan mobil ini di jalan sempit.

 

Baca: Kuliner Legendaris Ini Ada di Bogor, Jajal Yuk!

Toyota New Agya

Senyap dan kencang

Sedangkan di jalan tol, kami pikir kabin akan berisik dengan suara-suara dari luar, ternyata suara itu dapat diredam dengan cukup baik.

 

Memang tidak sempurna, tapi dalam kecepatan tinggi, sekitar 100 kilometer per jam, suara musik yang dihasilkan dari audio head unit dan empat speaker-nya masih terdengar baik, tidak bercampur dengan suara bising ban, suara kendaraan lain, atau suara raungan mesin.

 

Banyak yang bilang kalau shockbreaker-nya keras dan tidak nyaman, tapi nyatanya semua masih bisa ditolerir. Tidak ada hentakan keras baik saat melewati jalan rusak atau speed bump.

 

Selain itu, di luar dugaan, mobil ini dapat dipacu hingga 120 kilometer per jam, tapi tetap stabil! Tidak ada gejala setir bergetar atau bodi mobil yang limbung. Tentunya, kami melakukannya saat jalan tol kosong dengan kondisi yang aman.

Toyota New Agya

Kecil, tapi lega

Meski dari luar dimensinya terlihat mungil, tapi saat masuk ke kabin kesan lapang dan nyaman sangat terasa.

 

Di bagian depan, Toyota New Agya ini menggunakan jok berjenis semi bucket seat untuk memberikan sandaran mantap dan nyaman bagi pengemudi serta penumpang depan. Busa joknya pun tebal dan sandarannya pas di punggung, sehingga untuk menempuh perjalanan jauh dan macet, pengemudi tidak cepat pegal.

 

Untuk ergonomi berkendara, dengan pengemudi berpostur tinggi 168 sentimeter, mobil ini kami nilai nyaman dan dapat memberikan pandangan luas ke depan. Pengemudi pun sudah bisa “mengatur” posisi menyetir yang nyaman, hanya dari pengaturan jok saja.

 

Di jok belakang, kaki penumpang juga diberikan ruang yang lega sehingga lutut tidak “mencium” jok baris depan. Tentu ini akan memberikan kenyamanan ekstra, bukan?

Toyota New Agya
Fitur lengkap

Toyota New Agya TRD Sportivo sebagai tipe tertinggi bisa dibilang merupakan city car segmen LCGC (low cost green car) dengan fitur keselamatan terlengkap.

 

Ada seat belt tiga titik untuk seluruh penumpang, fitur pengait kursi bayi (ISOFIX), dua air bag di bagian depan, side impact beam sebagai perlindungan dari benturan samping, hingga ABS yang menjaga rem tidak terkunci saat pengereman mendadak.

 

Tak hanya itu, pengemudi pun akan dimanjakan dengan fitur-fitur menarik dan banyaknya ruang penyimpanan untuk barang bawaan.

 

Di sektor hiburan dalam kabin tersedia head unit audio yang dapat dikoneksikan dengan smartphone melalui koneksi USB, AUX, hingga bluetooth. Sistem audio Toyota New Agya TRD Sportivo pun turut didukung fitur audio steering switch. Praktis!

Toyota New Agya

Eksterior eye-catchy

Mengusung tagline Have Fun Go Max, Toyota New Agya hadir sebagai pilihan LCGC perkotaan dengan desain yang segar.

 

Dari depan, lampu utama berproyektor dengan LED light guide berdesain modern siap menerangi perjalanan saat malam atau kurang cahaya. Fog lamp pun turut terpasang pada bumper dengan desain sporty.

 

Sementara bagian belakangnya dihiasi dengan lampu rem, sein, dan lampu mundur LED, berpadu dengan spoiler bertuliskan TRD serta bumper yang juga sporty.

 

Dari sisi samping terlihat Toyota New Agya TRD Sportivo ditopang dengan two tone machining alloy wheel berukuran 14 inci.

 

Secara keseluruhan dengan unit yang dipinjamkan berpoles cat merah, kami suka desain eksterior Toyota New Agya TRD Sportivo ini. Benar-benar sporty dan eye-catchy!

Toyota New Agya

Konsumsi BBM

Penggunaan mesin baru berkapasitas 1.197cc berteknologi Dual VVT-i menjadikan Toyota New Agya semakin bertenaga, lincah, tapi tetap hemat bahan bakar.

 

Dari informasi pada layar multi information display (MID), tertera konsumsi bahan bakar Toyota New Agya TRD Sportivo bertransmisi otomatis ini rata-rata 12 kilometer per liter untuk rute Jakarta – Bogor PP.

 

Anda yang simpulkan, apakah mobil ini termasuk hemat bahan bakar?

Toyota New Agya

Harga

Toyota New Agya dijual mulai dari Rp 133.550.000 untuk harga on the road Jakarta di bulan November 2018 ini.

lihat produk

Toyota New Agya

Performa Toyota New Agya, sudah tidak diragukan, baik untuk dikendarai di dalam kota atau dibawa jalan-jalan ke luar kota. Melewati jalan yang macet, bergelombang, serta tanjakan dan turunan tidak ada masalah untuk mobil ini.

 

Kami sudah membuktikannya. Kapan giliran Anda?

 

Arris Riehady

SHARE