Peugeot 206 Community: Berawal dari Milis Menjadi Komunitas

09 October 2018

Apakah Anda masih ingat dengan Peugeot 206? Mobil ini merupakan salah satu mobil anak 90-an yang juga melegenda pada jamannya. Kesan yang paling melekat dari Peugeot 206 adalah ukurannya yang mungil namun sporty.

 

Mobil yang sudah beredar di Indonesia sejak era tahun 2000-an ini ternyata masih digemari sampai sekarang. Hal ini terbukti dengan adanya komunitas Peugeot 206 yang masih bertahan, yaitu Peugeot 206 Community.

 

Komunitas ini didirikan pada tanggal 20 Juni 2006. Saat itu, banyak masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta, yang memakai Peugeot 206 sebagai mobil harian mereka. Oleh karena itu, para pemilik 206 membuat milis di email sebagai tempat bertukar informasi.

 

“Sebenarnya jaman-jaman milis. Waktu itu juga yang kebetulan punya 206 kebanyakan pemakai daily. Akhirnya, dari situ yang di mailing list ada 5 atau 6 orang dikumpulin dan membentuk komunitas,” ujar Annahly, salah satu anggota komunitas Peugeot 206 Community.

Pria yang biasa dipanggil Aan ini melanjutkan, sampai sekarang, anggota komunitas Peugeot 206 Community sudah sekitar 1.000 member yang tersebar hampir di seluruh Indonesia, seperti di Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan lain-lain.

 

Pada tahun 2013, Peugeot 206 Community pernah mengadakan gathering nasional di Yogyakarta yang dihadiri oleh 500 mobil Peugeot dari seluruh Indonesia. Selain sekedar nongkrong, gathering tersebut juga mereka gunakan sebagai sarana bertukar pikiran serta berbagi informasi tentang Peugeot.

 

“Rame banget waktu itu. Yang punya Peugeot kan bukan buat ngumpul doang, tapi buat informasi. Kalo tidak punya temen seperjuangan cari informasinya susah,” ungkap Aan.

 

Wajar memang jika mantan Ketua Umum Peugeot 206 Community ini mengatakan hal tersebut, karena Peugeot adalah salah satu mobil yang memiliki penggemarnya sendiri. Artinya, tidak banyak bengkel yang dapat menanganinya dengan sempurna.

Perawatan Peugeot 206 cukup mudah

Walaupun begitu, Aan mengakui bahwa perawatan Peugeot 206 cukup mudah, termasuk dalam mendapatkan suku cadang. Ia tidak perlu menunggu sampai berminggu-minggu untuk mendapatkan suku cadang yang dibutuhkannya.

 

Aan juga mengatakan, harga suku cadang Peugeot 206 sangat terjangkau apabila dibandingkan dengan suku cadang mobil lain yang seumuran. Hal ini membuat para penggemar Peugeot 206 tidak kerepotan jika ingin servis atau melakukan penggantian suku cadang.

 

“Jadi saya bingung, kata org Peugeot perawatan susah dan part mahal. Kok bisa ya? Sekarang-sekarang malah makin mudah (mendapatkan parts) karena banyak pilihan part-nya, ada yg KW1, KW2, KW3. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan,” jelas Aan.

 

Namun, Aan menyarankan jangan melakukan servis berkala atau penggantian suku cadang di sembarang bengkel, karena penanganan Peugeot berbeda dengan mobil yang kebanyakan beredar di jalanan Ibukota.

 

“Lebih baik di bengkel khusus karena perlakuan Peugeot itu beda sama mobil Jepang, jadi ya memang harus ditangani mekanik yang ngerti Peugeot,” kata Aan.

 

Nah, bagi Anda pemilik Peugeot 206 atau tipe lainnya yang ingin melakukan servis berkala atau penggantian suku cadang, ada baiknya untuk membawa mobil Anda ke bengkel resmi Peugeot yang terdekat dengan tempat tinggal Anda. Lokasi dealer Peugeot dapat Anda cek di Seva.id.

 

Selain itu, sebelum pergi ke bengkel resmi, Anda juga dapat melakukan booking service di Seva.id. Jadi, Anda tidak perlu menunggu antrian terlalu lama di bengkel. Cukup sesuaikan waktu dengan nomor antrian Anda.

 

Masih banyak lagi fitur-fitur yang disediakan oleh Seva.id, seperti pencarian mobil baru, mobil bekas, dan lain-lain. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, segera kunjungi Seva.id dan nikmati berbagai penawaran menarik yang diberikan khusus untuk Anda.

 

Ferdi Julias

SHARE