Pasca-Mudik Lebaran, Periksa 5 Komponen Mobil Berikut Ini

10 June 2019

Mobil harus diperiksa setelah menempuh perjalanan jauh seperti mudik dan arus balik Lebaran. Untuk menjaga performa mesin, bagian mana saja yang perlu menjadi perhatian?

Sejumlah gerbang tol masih mengalami kemacetan karena arus balik lebaran 2019. Bukan cuma itu, jalur non-tol juga terkena imbas dari penerapan sistem satu arah (one way) di jalan tol. Hal ini memaksa mobil-mobil para pemudik yang balik ke kota asal untuk bekerja keras menghadapi kemacetan.

 

Oleh karena itu, setelah mudik lebaran, ada baiknya untuk mengecek kembali kondisi mobil. Ada beberapa komponen yang menjadi perhatian dan sangat penting untuk diperiksa.

 

Untuk lebih jelasnya dapat Anda simak di bawah ini.

 

Perhatikan kondisi oli

oliHal pertama yang mungkin dapat Anda lakukan adalah memperhatikan kondisi oli. Jika odometer mobil Anda sudah menunjukkan jarak yang ditentukan untuk mengganti oli, sebaiknya jangan ditunda, karena penggantian oli tepat pada waktunya akan membuat mesin mobil Anda lebih terawat.

 

Lalu, cek bagian di sekitar mesin, apakah ada rembesan oli atau tidak. Hal ini untuk mengetahui jika ada kebocoran pada saluran oli mesin.

 

Apabila terdapat rembesan oli, segera bawa mobil Anda ke bengkel resmi agar ditangani oleh mekanik profesional.

 

Periksa kopling mobil

Selain oli, Anda juga perlu memeriksa bagian kopling pasca mudik lebaran, karena kopling yang sudah berat akan mengganggu performa mobil Anda dan tidak nyaman untuk dikendarai. Apalagi saat menghadapi kemacetan di dalam kota.

 

Untuk itu, cek pelat kopling Anda sebelum dipakai beraktivitas kembali. Tanda-tanda pelat kopling sudah harus diganti antara lain adalah akselerasi mobil lemah, pedal kopling lebih tinggi, susah memindahkan gigi, dan akan tercium bau karet terbakar.

 

Lakukan pengecekan terhadap rem

remKomponen fast moving ini merupakan salah satu komponen yang paling penting pada bagian kaki-kaki mobil. Pasca mudik lebaran, bagian rem wajib di cek kembali, apakah masih layak pakai atau sudah saatnya diganti.

 

Mengingat fungsi rem sangat dibutuhkan saat berkendara, ada cara mudah untuk mengetahui kampas rem mobil Anda masih dapat dipakai atau tidak. Pertama, cek kedalaman rem. Bila sudah dalam atau jauh saat dipijakkan, berarti kampas rem mobil Anda sudah aus dan daya cengkramnya pasti berkurang.

 

Lalu, jika rem sudah aus, biasanya mobil akan bergetar saat Anda menginjak rem pada kecepatan tinggi. Tanda terakhir adalah munculnya suara berdecit saat pengereman. Kampas rem yang sudah habis akan menyisakan bagian logamnya, sehingga akan menimbulkan suara berdecit ketika bergesekan dengan piringan cakram.

 

Lihat kualitas ban

Kualitas ban yang baik adalah yang memiliki daya cengkram kuat saat menapak di jalan raya. Jika daya cengkramnya sudah mengalami penurunan, ada baiknya ganti ban mobil Anda dengan yang baru agar perjalanan Anda lebih nyaman dan mobil lebih mudah dalam bermanuver.

 

Kelayakan sebuah ban dapat dilihat dari permukaannya. Salah satunya adalah memperhatikan Tradewear Indicator (TWI) pada ban mobil Anda yang biasanya terletak di dalam groove atau alur ban. Jika bagian ban Anda sudah sejajar dengan TWI, itulah saat yang tepat bagi Anda untuk menggantinya.

 

Jangan memaksakan memakai ban yang sudah botak atau melewati TWI karena akan berdampak pada performa mobil Anda. Lalu, tingkat kenyamanan dan keselamatan juga pasti akan semakin berkurang sehingga berbahaya bagi pengendara dan penumpang, bisa jadi ban mobil kempis yang dapat berakibat pecah ban.

 

Jangan lupa cek sekaligus kondisi velg mobil Anda, sehingga dapat ditangani atau mungkin diganti jika ada kerusakan.

 

Cek komponen mesin di bengkel resmi

Terakhir, cek semua komponen mesin Anda, seperti injektor, ring piston, radiator, klep, busi, dan lain sebagainya untuk menjamin kondisi mobil tetap prima pasca mudik lebaran. Mesin yang terawat juga tidak akan merepotkan Anda di jalan.

 

Untuk itu, sempatkan waktu datang ke bengkel resmi untuk menjaga performa mesin mobil Anda tetap dalam kondisi yang siap jalan.

 

Untuk mengetahui lokasi dealer bengkel resmi yang terdekat dari rumah, Anda dapat menggunakan fitur Lokasi Dealer yang ada di Seva.id. Atau, Anda bisa langsung menggunakan fitur Booking Service di Seva.id jika memang Anda ingin langsung melakukan perawatan untuk kendaraan Anda.

 

 

Apakah di antara Anda ada yang belum mengecek kondisi kendaraan pasca mudik? Bila belum, segera sempatkan waktu untuk mengeceknya ya.

Ferdi Julias

SHARE