Modifikasi Ringan Buat Mobil Terlihat Lebih Keren

14 February 2019

Modifikasi menjadi salah satu langkah yang diambil dalam menyalurkan hobi dan menghilangkan bosan akibat tampilan mobil yang dirasa monoton. Modifikasi mobil dilakukan dengan mengubah style, seperti mengganti warna atau menambah aksesoris.

 

Meski memodifikasi mobil merupakan kepuasaan tersendiri, kadang biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Bahkan, tidak jarang pemilik mobil harus rela merogoh kocek sampai ratusan juta hingga miliar rupiah buat memperindah kendaraannya.

 

Namun, jika Anda tidak ingin mengeluarkan uang sebanyak itu, jangan khawatir. Anda dapat melakukan modifikasi ringan pada mobil Anda. Berikut beberapa modifikasi ringan yang bisa Anda terapkan pada mobil kesayangan.

 

Mengubah warna mobil

Bagian eksterior merupakan bagian yang paling menonjol dari sebuah mobil. Bagian tersebut bisa memberikan kesan tersendiri bagi yang melihat, terlebih bila menggunakan warna-warna yang berbeda dan menyegarkan mata.

 

Karenanya, modifikator menjadikan langkah tersebut dengan mengganti warna standar mobilnya dengan warna yang disukai. Akan tetapi, tak jarang pula yang menjadikan modifikasi ini sebagai salah satu siasat agar mobilnya menjadi lebih fresh.

 

Kaca film

Selain sebagai salah satu ragam modifikasi ringan, pemasangan kaca film banyak dimanfaatkan untuk menghalau radiasi cahaya ultraviolet yang masuk ke mobil. Selain itu, keberadaan kaca film juga terbilang optimal dalam menjaga keamanan interior mobil Anda.

 

Kaca film dapat menutupi penglihatan orang yang berada di luar sehingga tak bisa melihat keadaan di dalam mobil. Dengan begitu, privasi Anda pun akan terjaga dengan baik.  Terlebih lagi, penggunaan kaca film juga banyak dipilih karena dapat menambah kesan elegan dan cool yang ingin ditampilkan oleh pemilik mobil.

 

Namun, yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan kaca film ialah menentukan jenis kaca film yang tepat untuk mobil Anda.  Penggunaan kaca film perlu mengikuti standar yang ditentukan.

 

Untuk kaca bagian samping, ketebalannya tidak boleh lebih dari 60%, sedangkan untuk kaca bagian depan sedapat mungkin pakailah tipe clear atau yang tidak terlalu gelap, agar tidak mengganggu pandangan Anda saat berkendara

 

Pelek dan ban

Modifikasi ringan dengan mengganti tampilan pelek dan ban juga banyak digemari oleh para pecinta otomotif. Biasanya, ini dilakukan modifikator saat pertama kali ingin memberikan tampilan berbeda pada mobilnya.

 

Akan tetapi, dalam mengganti ban mobil, lebih baik memperhatikan jenis ban yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bila mobil sering melewati jalan berbatu dan tak rata, Anda dapat menggantinya dengan bentuk yang lebih besar. Namun, jika sebatas melewati jalanan perkotaan yang relatif rata dan beraspal, mengganti ban dengan ECO ban adalah modifikasi yang tepat.

 

Menambah stiker

Selain ragam modifikasi di atas, modifikasi dengan menambah sticker juga terbilang laris manis di kalangan pemilik kendaraan. Memasang sticker tak hanya dikenal murah, tetapi juga cukup efektif dalam menutupi bekas baret yang ada di mobil Anda.

 

Sticker mobil juga dikenal lebih mudah digunakan, apalagi Anda juga dapat memasangnya sendiri dan mengenakan varian yang sesuai selera masing-masing.

 

Spoiler

Modifikasi menggunakan spoiler biasanya digunakan pada city car untuk mengurangi gejala melayang saat berkendara. Penggunaan spoiler akan menambah downforce atau tekanan ke bawah, sehingga meminimalisir gaya angkat saat mobil dipacu pada kecepatan tinggi.

 

Selain itu, spoiler juga dapat menangkal kotoran, seperti debu, pasir kecil, atau air hujan pada kaca belakang yang disebabkan oleh turbulensi udara di bagian tersebut.

 

Dari beberapa modifikasi ringan di atas, manakah yang sudah Anda sematkan di mobil Anda?

Rismawati Idris

SHARE