Manfaat Kopi, Jadi Pengharum dan Penghilang Bau di Kabin Mobil

11 April 2019

Sebagai minuman yang banyak digemari, kopi tak hanya dikenal sebagai penghasil aroma yang menyegarkan saja. Biji kopi tersebut juga dapat digunakan sebagai pengharum kabin mobil loh.

 

Pengharum kabin merupakan salah satu benda yang banyak dipasang di area dashboard. Benda ini dipercaya dapat menghasilkan wangi untuk menambah kenyamanan pengemudi dan penumpang selama berkendara.

 

Di sisi lain, banyak pengguna mobil yang tidak menyukai wewangian dari pengharum mobil. Bila salah memilih, bisa saja penumpang atau bahkan Anda akan merasa tak nyaman berada di dalam mobil. Misalnya, Anda akan merasa pusing atau mabuk perjalanan.

 

Belum lagi bila pengharum kabin yang kamu gunakan terbuat dari bahan plastik yang mudah meleleh jika terpapar cahaya matahari dan mesin mobil terlalu lama. Hal ini pun akan menyulitkan Anda dalam berkendara, bukan?

 

Guna menjaga kesegaran di area kabin, Anda bisa menggunakan biji kopi sebagai pengharum kabin mobil yang banyak memberikan manfaat.

 

Aroma alami yang dapat memicu ketenangan

Kopi yang tumbuh secara alami tak hanya digunakan sebagai minuman saja. Dari kopi tersebut, khususnya biji kopi, juga dapat digunakan sebagai pengharum ruangan. Aroma yang dikeluarkan dari biji kopi ini akan menghasilkan wangi yang alami dan cenderung segar.

 

Dari wangi yang dikeluarkan itu pun dapat memicu perasaan tenang dan bahagia.

 

Peneliti dari Seoul National University, Han-Seouk, yang dikutip di webmd.com pernah menyebut bahwa kopi mengandung senyawa heterosiklik yang dapat mempengaruhi perasaan seseorang, seperti rasa sedih dan ketenangan saat mencium aromanya.

 

Jadi, bila Anda menggunakan kopi sebagai pengharum kabin mobil, Anda dapat menghadirkan suasana berkendara yang nyaman, terlebih bagi Anda yang memang sensitif terhadap bau-bauan.

 

Baca juga: Pengharum Mobil Bikin Kanker?

 

Dapat menetralisasi bau tak sedap

Sebagian besar aroma yang dihasilkan dari kopi cenderung kuat. Aroma tersebut diyakini dapat menghilangkan bau tak sedap yang mengganggu lingkungan udara di kabin Anda.

 

Adapun bau yang bisa dihilangkan oleh kopi ialah bau apek, bau sisa asap rokok, hingga bau sisa makanan. Aroma tersebut dapat hilang dengan mudah. Jadi, Anda pun cukup letakkan kopi di sekitar kabin, baik digantung atau di taruh di bawah jok, maka aroma kopi pun dapat menetralisasi udara di sekitar kabin sehingga udara menjadi segar kembali.

Harganya relatif murah dan mudah didapat

Kopi sebagai bahan minuman juga dibanderol dengan harga yang terjangkau. Bahkan, bila Anda yang fanatik terhadap kopi dan ingin sedikit berhemat, Anda bisa membagi dua penggunaan kopi tersebut.  Anda dapat membaginya untuk konsumsi sehari-hari dan sisa bijinya dapat Anda gunakan sebagai pengharum ruangan.

 

Akan tetapi, jika tak ingin repot, Anda bisa mendapatkan pengharum kabin dengan bentuk yang lebih praktis dan menarik. Sudah ada beberapa produsen pengharum ruangan yang menjual varian rasa kopi di berbagai swalayan.

 

Selain itu, harga yang dijual untuk satu produk juga terbilang cukup murah.  Jadi, Anda pun cukup menggantung atau meletakkannya saja di area dashboard mobil Anda saja.

 

Oleh karena itu, Anda bisa mengganti pengharum kabin mobil dengan menggunakan biji kopi atau pengharum rasa kopi yang bisa menghadirkan suasana mengemudi yang lebih nyaman dan–tentu–dengan aroma alami. Selamat mencobanya, ya!

Rismawati Idris

SHARE