List Tempat untuk Short Escape Long Weekend ke Bandung

18 April 2019

Bandung dikenal sebagai destinasi wisata yang paling mudah disinggahi bagi warga Jakarta. Tidak heran bila akhir pekan, apalagi long weekend, jalanan kota ini dipenuhi mobil berplat B, jangan sampai tidak mengunjungi tempat-tempat ini di Bandung!

Tidak hanya menyimpan keindahan alam yang masih alami, Bandung juga menciptakan taman kota dengan tema-tema menarik, kuliner lokal yang kerap viral, hingga beragam factory outlet dan pusat perbelanjaan yang menyediakan barang-barang tak kalah menarik.

 

Jadi jangan heran bila Bandung jadi salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia yang banyak dikunjungi turis domestik maupun mancanegara. Ini karena destinasi wisata yang ditawarkan benar-benar menunjukkan pesona Indonesia yang begitu otentik dan mengagumkan.

 

Saat akhir pekan, apalagi long weekend, jalanan kota ini dipenuhi mobil berplat B. Nah, ini tempat yang wajib dikunjung saat weekend di Bandung!

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Tahura)

Terletak di Jalan Bukit Pakar Barat, atau lima kilometer dari Gedung Sate, Tahura dipenuhi pohon rindang karena daerah ini merupakan kawasan konservasi. Dilengkapi flying fox, di sekitar hutan ini juga terdapat air terjun (Curug Dago dan Curug Omas), serta gua peninggalan Jepang maupun Belanda. Hal ini karena semasa perang kemerdekaan, perbukitan di Dago Pakar yang tak jauh dari pusat kota ini merupakan markas militer.

Tebing Keraton

Masih berada di kawasan Tahura, tepatnya di Desa Ciburial, dari tebing di sisi Tahura terhampar pemandangan hutan dan bukit yang menakjubkan bernama Tebing Keraton. Saat terbaik berkunjung ke sini adalah sebelum pukul 07:00 WIB untuk melihat kabut menutupi lembah dan menyusup di sela-sela pepohonan.

 

Ketika matahari semakin tinggi, sinarnya akan menembus kabut dengan dramatis. Karena kondisi tanahnya berpasir dan agak licin bila dipijak, berhati-hatilah jika ingin berfoto di batu-batu yang berada di ujung tebing.

Gunung Tangkuban Perahu

Tak perlu mendaki karena objek wisata ini dapat dinikmati dengan berjalan santai mengitari Kawah Lanang, Kawah Jurig, Kawah Domas, dan Kawah Ratu. Setinggi 2.084 meter, kawasan ini sering tertutup kabut tebal, sehingga saat terbaik untuk mengunjunginya adalah di pagi hari.

 

Berhati-hatilah dengan penjual suvenir yang kadang menawarkan jasa untuk memandu keliling kawah maupun menawarkan barang dagangan.

 

Bila tidak tertarik dengan barang yang ditawarkan, tolaklah dengan sopan, sehingga tidak membiarkan mereka ikut berjalan hingga ke kawah.

Dusun Bambu

Berada di kawasan Lembang, Dusun Bambu Family Leisure Park menawarkan opsi untuk liburan keluarga yang dikemas dalam konsep konservasi. Ekowanawisata pertama di Jawa Barat ini memiliki penginapan (Kampung Layung dengan vila satu dan dua kamar), beberapa restoran (Cafe Burangrang, Lutung Kasarung, dan Restoran Sunda Purbasari), dan camping ground dengan fasilitas kemah premium.

 

Selain itu juga terdapat Pasar Khatulistiwa yang menjual bahan makanan segar dan kudapan khas Sunda. Dilengkapi taman bunga dan sawah, semua fasilitas di sini dirancang agar pengunjung mendapatkan pengalaman liburan yang unik.

Pages: 1 2

Arris Riehady

SHARE