Lahir Kembali, Ini Impresi Pertama All New BMW Seri 8

17 May 2019

Setelah sekian lama absen akhirnya BMW Seri 8 lahir kembali. Lalu, seperti apa wujud, fitur, serta teknologi yang dibawanya? Berikut impresi pertama All New BMW Seri 8 dari Seva.id!

Hari ini, Jumat 17 Mei 2019, berlokasi di The Tribrata, Jakarta Selatan, BMW Indonesia kembali meluncurkan mobil terbarunya dalam jajaran BMW Seri 8.

 

Sebelumnya BMW Indonesia sudah meluncurkan BMW Z4 di Salah satu pameran otomotif terbesar, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 lalu, dan BMW X5 terbaru beberapa bulan sebelumnya.

 

Ada dua trim All New BMW Seri 8 yang diluncurkan, yakni BMW M850i xDrive Coupé dan BMW M850i xDrive Coupé M Carbon. Keduanya dikembangkan dari BMW M8 GTE yang sangat sukses di lintasan kompetisi balap. Tidak heran bila pihak BMW mengklaim BMW Seri 8 ini akan menghadirkan pengalaman berkendara yang emosional dan tidak terlupakan.

BMW Seri 8

Menilik sejarahnya, BMW Seri 8 pertama kali dikenalkan pada dunia dalam ajang Frankfurt Motor Show pada tahun 1989. Mobil dengan kode E31 dari BMW ini berjalan cukup lama hingga tahun 1999.

 

BMW Seri 8 adalah mobil legal jalan raya pertama yang menggunakan mesin berkonfigurasi V12. Selain itu, yang ikonik dari mobil ini adalah garis bodi serta lampu utama bergaya pop up yang beda dari desain mobil-mobil BMW lainnya.

 

Setelah sekian lama absen, akhirnya generasi kedua dari sang legenda BMW Seri 8 lahir kembali. Lalu, seperti apa wujud, fitur, serta teknologi yang dibawanya? Berikut impresi pertama All New BMW Seri 8 dari Seva.id!

All New BMW Seri 8

Mesin V8

All New BMW Seri 8 lebih dari sekadar kendaraan sports mewah. Baik BMW M850i xDrive Coupé dan BMW M850i xDrive Coupé M Carbon dibekali dengan mesin baru di bawah kapnya.

 

Dari klaimnya, mesin BMW V8 berkapasitas 4.4 liter terbaru ini dapat menghasilkan tenaga hingga 530 daya kuda dengan torsi maksimum 750 Nm. Tidak heran bila All New BMW Seri 8 dapat melesat dari 0 sampai 100 km per jam dalam hanya 3,7 detik.

 

Mesin tersebut disokong oleh teknologi BMW M Performance TwinPower Turbo dan Double Vanos dengan sistem knalpot sports yang dikendalikan katup elektronik.

All New BMW Seri 8

Tenaganya disalurkan melalui 8-speed Steptronic Sport transmission yang telah disempurnakan, dengan rasio yang dipertajam, manajemen transmisi baru, dan kontrol hidraulik yang dioptimalkan sehingga menghasilkan perpindahan gigi yang lebih sporty sembari juga meningkatkan efisiensi dan kehalusannya. Paddle shift pada setir dimasukkan sebagai standar untuk perpindahan gigi manual.

 

Sistem BMW xDrive all-wheel-drive system yang cerdas juga beroperasi lebih efisien daripada sebelumnya. Dengan distribusi torsi yang cepat, tepat, dan sepenuhnya variabel antara roda depan dan belakang, memaksimalkan traksi dan stabilitas pengendalian bahkan dalam situasi mengemudi yang sangat dinamis.

 

Perlengkapan standar untuk All New BMW Seri 8 termasuk suspensi Adaptive M Suspension dengan peredam yang dikontrol secara elektronik dan active roll stabilisation. Integral Active Steering juga menjadi standar pada All New BMW Seri 8. Sistem ini mengurangi radius putar ketika bermanuver melalui kalibrasi elektronik pada derajat putaran setir, meningkatkan kelincahan dan memudahkan berpindah jalur atau melibas tikungan pada kecepatan tinggi.

Coupe sport

Seperti umumnya mobil coupe, BMW M850i xDrive Coupé dan BMW M850i xDrive Coupé M Carbon memiliki siluet yang khas dengan atap rendah, dua pintu, serta, bonet yang panjang untuk menampung mesinnya.

 

Desain Coupé dengan ketinggian yang rendah, siluet memanjang dengan grafik jendela ramping dan garis atap yang mengalir dengan elegan ke belakang dengan kontur “doppio-gobba” atau “double-bubble” yang khas dari All New BMW Seri 8.

 

Tampak depan, All New BMW Seri 8 menggunakan Kidney Grille khas BMW M Sport rendah berbentuk heksagonal dengan elemen-elemennya dibingkai oleh single-piece surround.

 

Desain lampu utama yang tajam dibubuhi dengan teknologi BMW Laserlight. Ada juga teknologi BMW Selective Beam, hasilnya, menurut klaim BMW, teknologi ini menghasilkan cahaya lampu yang lebih efisien dan sesuai dengan kebutuhan pengemudi ketika menerangi jalan.

All New BMW Seri 8

Velg All New BMW Seri 8 ditopang oleh 20 inci Y-spoke style 728 M dengan run flat tire performa tinggi. Untuk BMW M850i xDrive Coupé dibalur dengan warna Cerium Grey yang elegan, sementara trim BMW M850i xDrive Coupé M Carbon menggunakan warna Jet Black yang lebih sporty.

 

Di belakang, spoiler yang terintegrasi secara harmonis dengan pintu bagasi dan lampu ramping.

 

Bagian bawah bodi kendaraan yang hampir sepenuhnya tertutup rapat, kontrol flap udara aktif dan Air Curtains termasuk Air Breathers tingkatkan kedinamisan All New BMW Seri 8 yang ramping.

 

Untuk trim BMW M850i xDrive Coupé M Carbon eksteriornya banyak dihiasi oleh karbon, seperti di bumper depan dan belakang, atap, spoiler, hingga spion.

 

Gabungan antara mesin V8 dan eksterior aerodinamis membuat mobil ini dapat melaju hingga kecepatan 250 kilometer per jam dan tetap nyaman.

Mewah dan canggih

Masuk ke bagian interior, yang manarik All New BMW Seri 8 sudah menggunakan frameless window. Kaca jendela ini otomatis akan terbuka sedikit dan tertutup ketika pengemudi maupun penumpang membuka atau menutup pintu.

 

Posisi duduk yang rendah khas mobil coupe memberikan kesan sporty. Setir pun dapat diatur secara tilt, shift, dan teleskopik. Sementara kemewahan terpancar di material yang digunakan serta detail yang ada di dalam mobil terbaru dari BMW ini.

 

Selain itu ada hal lain yang menarik perhatian, tuas transmisinya menggunakan bahan sejenis kristal dengan bertuliskan angka 8 yang menyala oranye.

 

Pada dasboard hadir Control Display 10,25 inci dengan BMW Operating System 7.0 yang memberikan informasi kendaraan, profil pengemudi, fasilitas hiburan, navigasi, hingga tampilan kamera 360 derajat.

 

Interaksi antara pengemudi dan mobil pun lebih leluasa, dapat melalui touch control menggunakan Control Display, iDrive Touch Controller, tombol kontrol pada setir, BMW gesture control, dan voice control “Hey BMW!”. Semuanya tergantung kebutuhan pengemudi dan aman digunakan baik mobil dalam diam atau berjalan.

All New BMW Seri 8

Sementara informasi berkendara terpampang di instrumen panel dengan layar seluas 12,3 inci, selain ada juga BMW Head-Up Display dengan area proyeksi yang lebih besar, konten baru, serta grafik yang makin menarik.

 

Joknya dengan desain semi-bucket sporty yang dapat diatur secara elektris dibungkus oleh Merino Leather yang mewah. Tidak sampai di situ, dashboard dan doortrim pun dibungkus dengan jenis kulit yang sama.

 

Interior BMW M850i xDrive Coupé didominasi warna cokelat, sedangkan BMW M850i xDrive Coupé M Carbon menggunakan warna hitam.

 

Meski berjenis coupe dua pintu, All New BMW Seri 8 tetap memiliki jok baris kedua. Posisi duduknya sangat rendah dan akses keluar masuknya sedikit sulit untuk orang dewasa.

 

Soal kepraktisan dan ruang penyimpanan ternyata cukup banyak yang dapat dimuat di mobil ini. Mulai dari pocket yang ada di masing-masing pintu, laci di jok penumpang, tempat penyimpanan di konsol tengah dengan wireless charging dan USB port, laci di bagian arm rest, hingga jok belakang yang dapat dilipat 50:50 untuk tingkatkan kapasitas bagasi hingga 420 liter.

Harga

BMW M850i xDrive Coupé dan BMW M850i xDrive Coupé M Carbon akan tersedia di semua diler resmi BMW Indonesia mulai 20 Mei 2019.

 

BMW M850i xDrive Coupé dibandrol dengan harga Rp 3.479.000.000, dan BMW M850i xDrive Coupé M Carbon dihargai Rp 3.709.000.000. Harga-harga tersebut adalah untuk off the road Jakarta.

 

Setiap unit kendaraan dilengkapi dengan BMW Service Inclusive, yang meliputi pemeliharaan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 km, tergantung mana yang lebih dulu, serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh.

All New BMW Seri 8

Ban kendaraan juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun dan mencakup penggantian hingga 4 ban per tahun sampai 100% yang mencakup biaya ban dan tenaga kerja, meliputi kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, letusan, dan robek atau dari kendaraan yang terus berjalan pada ban kempis. Ban akan diganti dengan yang asli, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

 

Mau coba mengendarai sang legenda yang terlahir kembali?

Arris Riehady

SHARE