Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mobil Penggerak Roda Depan

13 June 2019

Ada beragam kelebihan dan kekurangan dari mobil penggerak roda depan. Kenali dulu sebelum membeli yuk.

Mobil penggerak roda depan merupakan mobil yang memiliki mesin hanya menggerakkan roda bagian depan kendaraan saja. Ada 3 jenis sistem penggerak roda mobil yang beredar di pasaran yaitu mobil penggerak roda depan, roda belakang serta keempat roda.

 

Bagi sebagian besar konsumen di Indonesia, hanya terdapat 2 jenis sistem penggerak yang banyak diminati yaitu mobil penggerak roda depan dan belakang. Jadi, jenis penggerak manakah yang akan Anda pilih? Jika Anda akan memilih jenis penggerak roda depan, sebagai bahan pertimbangan untuk membeli mobil baru, ada baiknya Anda keetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan mobil penggerak roda depan.

 

Apa saja kekurangan dan kelebihan mobil penggerak roda depan yang perlu Anda ketahui? Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

 

Kelebihan Mobil Penggerak Roda Depan

  • Dari segi biaya produksi, proses pembuatan mesin penggerak roda depan tentunya lebih murah daripada mobil penggerak roda belakang. Hal ini disebabkan karena spare part yang dipasang pada mobil penggerak roda depan lebih sedikit dan proses pemasangan driven train lebih mudah.

 

  • Mobil penggerak roda depan memiliki berat yang lebih ringan karena tidak memiliki gigi transmisi dan poros untuk menyalurkannya ke roda belakang. Berat mobil yang lebih ringan dapat menghemat konsumsi bahan bakar. Sehingga mobil penggerak roda depan cocok untuk digunakan pada mobil keluarga dan mobil yang digunakan pada daerah perkotaan.

 

  • Kelebihan lain dari mobil penggerak roda depan yaitu ada pada traksi mobil saat di jalanan yang licin khususnya saat cuaca hujan. Traksi yang dimilikinya lebih aman untuk digunakan pada jalanan licin, hal ini disebabkan karena roda depan yang menarik roda belakang. Berat mesin mobil yang berada di depan dapat membantu traksi lebih aman.

 

Kekurangan Mobil Penggerak Roda Depan

  • Penggunaan mobil penggerak roda depan tidak disarankan untuk melaju terlalu kencang. Hal ini disebabkan karena berat mesin yang terdapat didepan, membuat pengendalian mobil dengan kecepatan tinggi saat berisi penumpang menjadi lebih sulit dikendalikan.

 

  • Kelemahan lainnya dari mobil penggerak roda depan yaitu saat Anda melaju dengan kecepatan tinggi, mobil cenderung lebih tidak stabil dan mobil dapat bergerak ke kiri dan ke kanan. Oleh sebab itu, mobil jenis ini kurang cocok untuk dijadikan sebagai mobil balapan.

 

  • Mobil jenis ini lebih rawan mengalami kerusakan pada area penggerak roda bagian depan jika terjadi benturan di jalanan yang rusak, karena bagian kemudi dan tenaga pendorong yang ada di roda yang sama.

 

Itu adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobil penggerak roda depan. Jika Anda tertarik untuk membeli mobil jenis ini, berikut ada beberapa contoh mobil penggerak roda depan yang dapat menjadi pilihan Anda. Seperti mobil Daihatsu Sigra, Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Toyota Calya, Toyota Yaris, Toyota Vios.

 

Jika Anda tertarik membeli mobil-mobil yang telah disebutkan, dapatkan segera mobil impian dengan memesannya secara online di Seva.id. Tidak hanya menawarkan mobil-mobil baru, Seva juga menawarkan proses tukar tambah mobil, sehingga jika Anda ingin menjual mobil lama dan membelinya dengan mobil baru dapat Anda lakukan melalui Seva.

 

Selain itu, jika membeli mobil melalui Seva.id Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti bebas biaya servis dan suku cadang dan berbagai jenis product bundling lainnya yang bisa Anda dapatkan.

Aulia Riski Chandra

SHARE