Jadwal Buka Puasa 2019 dan Makna Lain Bulan Ramadan

03 May 2019

Bulan suci Ramadan tak lama lagi tiba. Selain mempersiapkan diri, Anda tak boleh luput untuk  memantau jadwal buka puasa dan imsakiah agar selalu up to date dan mengetahui makna dari ibadah puasa.

Bulan suci Ramadan tak lama lagi tiba. Menjelang kehadirannya, jadwal buka puasa dan imsak 2019 pun menjadi salah satu informasi penting yang senantiasa dipantau oleh umat Islam, khususnya di Indonesia. Jadwal imsak tersebut meliputi informasi waktu salat, imsak, dan buka puasa Ramadan 2019.

 

Waktu imsak itu juga menjadi penanda atau pengingat bagi umat Islam untuk bersiap-siap dan bergegas dari kegiatan makan dan minum serta meninggalkan kegiatan lain yang bisa membatalkan puasa.

 

Nah, berikut jadwal imsak puasa Ramadan 2019 hari pertama di beberapa kota besar di Indonesia yang diambil dari situs Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI, yakni bimasislam.kemenag.go.id

 

DKI Jakarta

 

Jawa Barat

 

DIY Yogyakarta

 

Jawa Timur

 

Jawa Tengah

 

Aceh

 

 

Lampung

 

Terkait bulan Ramadan, sebenarnya bulan tersebut menjadi bulan yang begitu ditunggu-tunggu, entah karena iklim puasa yang ada atau karena adanya rahmat Tuhan yang lebih besar atas ibadah yang kita jalankan. Namun ternyata, ada makna lain yang sebenarnya bisa Anda petik dari pelaksanaan ibadah puasa Ramadan.

Menahan hawa nafsu

Pada praktiknya, puasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga saja. Puasa merupakan ibadah yang dapat melatih kita dalam mengendalikan segala bentuk hawa nafsu, seperti amarah dan syahwat, agar kita mendapat rahmat dari Allah SWT.

 

Hal itu dapat Anda implementasikan dengan selalu melakukan perbuatan baik dan mendekatkan diri kepada Allah melalui beribadah. Dengan begitu, goals dari bulan puasa, bulan yang dikenal penuh rahmat dan ampunan, dapat Anda rasakan.

Perbanyak Ibadah

Banyak orang percaya bahwa setiap perbuatan baik dan ibadah yang Anda lakukan di bulan Ramadan akan mendapat pahala berkali lipat daripada bulan lainnya. Pahala tersebut bisa Anda dapatkan dengan melaksanakan ibadah dan khusyuk menjalankan puasa.

 

Mengenai hal itu Allah SWT berfirman “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az-Zumar: 10). Sebab, puasa pun melatih kita untuk sabar dan tawakal kepada-Nya.

 

Oleh karenanya, daripada membuang waktu dengan kegiatan yang merugikan diri sendiri, ada baiknya bulan Ramadan, yang hanya ada setahun sekali ini, dapat Anda manfaatkan dengan benar. Anda bisa mengisi hari-hari Anda dengan kegiatan yang berfaedah, seperti tadarus, dzikir, dan bersedekah.

 

Namun jangan lupa untuk memanfaatkan waktu-waktu mustajab untuk berdoa, antara lain seat setelah membaca doa buka puasa, saat sujud terakhir, setelah azan, dan bahkan saat hujan turun untuk bermunajat kepada Allah. Pasalnya, di antara waktu tersebutlah doa-doa Anda akan lebih mudah dikabulkan.

Kembali fitrah

Lalu, semua pembelajaran yang kita dapatkan di bulan puasa akan kita rasakan manfaatnya pada saat hari raya. Di hari lebaran tersebut semua umat Islam kembali menjadi suci, seperti baju baru, tanpa noda. Anda saling memaafkan, mengakui segala kesalahan, dan kembali mengeratkan silaturahmi di antara sesama.

 

Baca juga: Jangan Salah Waktu Beli Baju Lebaran

 

Karenanya, Idulfitri pun menjadi gerbang awal yang bakalan mengantar Anda menjadi pribadi baru yang siap menyambut hari-hari berikut dengan berbekal pengalaman selama bulan Ramadhan tersebut.

 

Jadi,  semoga selama bulan Ramadan Anda dapat melatih diri sendiri untuk menjadi individu yang lebih dekat kepada Allah melalui ibadah puasa dan ibadah wajib lainnya. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Rismawati Idris

SHARE