Fakta Menarik Kota Madrid, Lokasi Final Liga Champions 2019

10 May 2019

Kota Madrid menjadi tempat terselenggaranya final Liga Champions 2019 yang akan digelar 2 Juni mendatang. Sebagai kota yang maju, Madrid banyak menyimpan fakta menarik yang jarang Anda ketahui!

Setelah memastikan diri lolos di pertandingan sengit melawan Barcelona pada 8 Mei lalu, Liverpool kembali melaju ke babak final Liga Champions. Di babak final tersebut, Liverpool akan dipertemukan dengan Tottenham Hotspur 2 Juni mendatang.

 

Momen final tersebut bukanlah laga final perdana bagi Liverpool, klub terkuat yang digadang-gadang bakalan keluar sebagai juara Liga Champions di musim ini. Namun, Tottenham Hotspur tak bisa dipandang sebelah mata. Tottenham pun cukup siap dan percaya diri untuk menyingkirkan Liverpool dengan berbekal kemenangannya atas Ajax.

 

Nantinya, kedua tim yang bertanding itu akan berlaga di Markas Atletico Madrid, yaitu Stadion Wanda Metropolitano, Kota Madrid, Spanyol untuk pertama kalinya dalam musim final Liga Champions UEFA 2019. Ada fakta menarik mengenai Kota Madrid yang jarang Anda ketahui, seperti berikut.

Kota Madrid dikenal sebagai kota jaringan subway terbesar

Sebagai salah satu kota terbesar di Spanyol, Kota Madrid sangat terkenal sebagai kota dengan jaringan subway terbesar di dunia. Jalur kereta bawah tanah di kota itu diberi nama Metro de Madrid yang mempunyai 12 jalur lintasan dan terkenal sangat panjang, mencapai 292 km, serta rumit. Subway Metro tersebut sudah beroperasi sejak awal 1900-an.

 

Lalu, jalur subway yang ada di kota ini pun berintegrasi langsung dengan jaringan transportasi lainnya, seperti sepeda kota, bus, dan kereta komuter Cercanias.

 

Selain itu, desain interior dan kelengkapan fasilitas yang ada di moda transportasi unggulan Kota Madrid tersebut tak perlu diragukan lagi. Setiap stasiun Metro de Madrid dibangun dengan desain yang memukau dan fasilitas lengkap. Misalnya, stasiun metro Ópera yang mempunyai ruang museum arkeologi bawah tanah dan salah satu stasiun lainnya, yakni layanan perpustakaan bawah tanah.

 

Penghasil supercar

Iklim transportasi publik yang diciptakan oleh Spanyol terbilang berhasil dalam menghasilkan budaya ramah lingkungan yang ada di Kota Madrid. Masyarakat yang hidup di kota modern tersebut pun sebagian besar menggantungkan aktivitas hariannya pada layanan umum yang pemerintah Spanyol sediakan.

 

Baca juga: Mobil Sport yang Harganya Masih Terjangkau

 

Namun, bukan berarti Spanyol tidak berkontribusi pada kemajuan otomotif dunia. Meski tidak seterkenal negara Jepang dalam menyiptakan MPV atau SUV sebagai mobil yang banyak diminati konsumen, tetapi Spanyol berhasil menghadirkan mobil supercar yang high class di ranahnya.

 

Sebut saja salah satunya Hispano Suiza, produsen mobil asal Spanyol, yang melahirkan Maguari HS2 GTC dengan tenaga listrik. Dikutip dari Inews, mobil itu mempunyai tenaga sebesar 1.070 hp dan dapat berakselerasai dari 0 sampai 96 km/jam hanya dalam 2,8 detik.

 

Dengan berbekal kekuatan yang ada, mobil tersebut digadang-gadang sanggup menyamai performa supercar asal Italia, Lamborghini Huracan.

Nama Kota Madrid berasal dari bahasa Arab

Selain dikenal sebagai kota dengan transportasi subway dan supercar terbaik, ternyata Kota Madrid juga mempunyai aliran sungai dikenal baik. Hal itu juga selaras dengan filosofi nama Kota Madrid itu sendiri. Pasalnya, nama Madrid dahulunya ialah Magrit yang berasal dari bahasa Arab, artinya tempat dengan banyak sungai. Selain itu, nama Magerit juga nama dari benteng yang dibangun di Sungai Manzanares pada abad ke-9 M.

 

Lalu, pada abad pertengahan pula sebagian orang percaya bahwa sungai yang ada di tengah Kota Madrid merupakan sumber mata air terbaik yang dulunya diduduki oleh masyarakat muslim yang disebut bangsa Moor.

 

Nah, karena cikal-bakal nama Madrid, barulah pada kemudian hari kota tersebut dinamai Madrid, sebagai kota terbesar dan mewah sekaligus sebagai ibu kota Spanyol.

Perayaan tradisi tahun baru yang berbeda

Bila di sebagian negara merayakan tahun baru dengan kembang api, tetapi tidak bagi Kota Madrid di Spanyol. Kota ini mempunyai cara tersendiri dalam merayakan tahun baru.

 

Jika malam tahun baru tiba, seluruh warga Madrid akan berkumpul di depan gedung pemerintah yang terletak di Puerta del Sol. Di sana, seluruh masyarakat akan membunyikan lonceng saat tepat pergantian tahun dan memakan 12 anggur yang sudah mereka siapkan.

 

Tradisi tahunan yang dilakukan itu dipercaya sebagai representasi keberuntungan dan harapan selama 12 bulan ke depan.

Lahirnya klub sepak bola dunia

Bukan rahasia lagi bila kita mendengar nama Madrid, tentu orientasi kita akan terkoneksi langsung dengan tim sepak bola asal Spanyol, Real Madrid dan Atletico Madrid. Tim besar yang sudah banyak menyabet gelar juara, khususnya di piala Liga Champions. Kota itu pun banyak mencetak bintang sepak bola dunia dan sejarah persepakbolaan yang membuat mata dunia tertuju kepadanya.

 

Baca juga: Mobil Super Mewah Pemain Sepak Bola Dunia, Siapa yang Paling Mahal?

 

Berkat kesuksesan Kota Madrid dalam bidang tersebut, tak jarang banyak wisatawan yang ingin sekali mengunjungi kota tersebut.

 

Karena kemodernan dan kemajuan Kota Madrid tersebut, kota ini banyak menyimpan fakta menarik seperti di atas dan jarang sekali diketahui oleh masyakarat. Namun, terlepas dari hal tersebut, menurut Anda siapakah yang akan menjadi pemenang di laga final Liga Champions di kota tersebut?

Rismawati Idris

SHARE