Cara Pengajuan Kredit Mobil yang Harus Diketahui Sebelum Membeli

08 July 2019

Kredit mobil merupakan salah satu cara yang sering digunakan sebagian orang untuk membeli mobil. Namun, sebelum itu, ada baiknya untuk memahami mekanisme kredit terlebih dulu.

Cara Pengajuan Kredit Mobil yang Harus Diketahui Sebelum MembeliHarga mobil yang dirasa cukup tinggi oleh sebagaian masyarakat Indonesia membuat cara membeli mobil secara kredit makin sering digunakan. Namun, sebelum melakukannya, Anda perlu mengetahui mekanisme kredit sampai dengan benefit yang didapatkan dari kredit mobil tersebut.

 

Hal ini berkaitan dengan perencanaan keuangan, syarat, dan lamanya masa kredit yang harus ditentukan terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli mobil. Jangan sampai mekanisme kredit yang ditawarkan leasing malah memberatkan Anda nantinya.

 

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian Anda sebelum mengajukan kredit mobil. Untuk lebih jelasnya, dapat Anda simak di bawah ini.

 

Sesuaikan dengan budget

Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah sesuaikan harga mobil dengan budget yang dimiliki. Pastikan mobil baru yang diinginkan sesuai dengan rencana keuangan Anda, terutama jika membeli mobil secara kredit. Anda harus menghitung secara tepat agar keuangan tidak terganggu.

 

Biaya cicilan yang terlalu besar, misalnya 50 sampai 60 persen dari pendapatan, akan memberatkan Anda. Belum lagi jika ada pengeluaran yang tidak terduga dan harus dikeluarkan secara cepat. Untuk itu, budget sangat penting untuk dihitung secara cermat.

 

Ada baiknya untuk mengambil mobil yang memiliki cicilan sebesar 30 persen setiap bulan dari pendapatan Anda. Tetapi, jika Anda memiliki cicilan lainnya, seperti cicilan rumah atau kartu kredit, kurangi presentase tersebut agar sesuai dengan kemampuan dan tidak memberatkan Anda.

 

Siapkan dokumen pribadi

Setelah itu, siapkan dokumen-dokumen pribadi yang dibutuhkan sebagai persyaratan kredit mobil. Dokumen tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Kartu identitas (KTP/SIM/Passport) beseta fotokopi
  2. Slip gaji
  3. Kartu Keluarga (KK) beserta fotokopi
  4. Bukti Pajak Bumi dan Bangunan atau rekening listrik/PDAM
  5. NPWP
  6. Tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir (jika punya) beserta fotokopi
  7. Keterangan izin praktik (bagi profesional)
  8. Akta Pendirian Perusahaan dan SIUP (bagi pengusaha atau perusahaan) beserta fotokopi

 

Pilih leasing yang terpercaya

Ini merupakan hal penting dalam membeli mobil baru. Saat sudah memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan setuju dengan harga yang ditawarkan, selanjutnya adalah pilihlah leasing yang terpercaya jika Anda ingin membayar secara kredit.

 

Lalu, pertimbangkan prosedur dan persyaratan yang diajukan terlebih dahulu, seperti kemudahan pembayaran, bunga yang dibebankan, proses mendapatkan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) setelah lunas, dan lain-lain.

 

Bandingkan harga yang ditawarkan oleh leasing yang satu dengan lainnya, agar Anda mendapatkan harga yang rasional. Jangan langsung percaya dengan leasing yang menawarkan harga sangat murah dan memberikan banyak bonus. Ada baiknya untuk memastikan dulu kebenarannya.

 

Tanyakan dengan jelas jika masih ada yang belum Anda pahami mengenai kewajiban Anda sebagai pembeli agar proses cicilan aman dan dapat berjalan sesuai dengan perjanjian awal.

 

Pada umumnya, leasing akan memberikan syarat untuk pengajuan kredit mobil. Syarat pertama adalah Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia. Kedua, usia pembeli adalah 21 – 60 tahun. Setelah itu, memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap setiap bulan.

 

Sediakan uang muka

Uang muka atau down payment (DP) adalah sejumlah biaya yang harus dibayarkan sebelum kredit berjalan. Ini sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia dan tercantum pada Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 17/10/PBI/2015 mengenai rasio Loan to Value (LTV) untuk pembiayaan kendaraan bermotor ditetapkan bahwa uang muka yang harus dibayarkan untuk kredit mobil berkisar antara 20 sampai 25 persen.

 

Lalu, persyaratan tersebut belum termasuk dengan biaya administrasi, asuransi, serta bunga kredit. Besaran uang muka yang dibayarkan akan menentukan jumlah cicilan perbulannya. Semakin besar uang muka, maka semakin kecil cicilan perbulan.

 

Tentukan masa kredit

Terakhir, tentukan masa kredit mobil Anda. Usahakan jangan melewati batas kemampuan karena akan memberatkan Anda. Semakin lama masa kredit, biaya cicilan perbulan memang akan lebih rendah. Namun jika dijumlahkan, total biaya yang harus dibayarkan semakin besar.

 

Biasanya, leasing akan memberikan masa kredit selama 1 sampai 5 tahun. Sedangkan lamanya masa kredit ditentukan oleh Anda sendiri.

 

Untuk mengetahui besaran biaya perbulan yang wajib dibayarkan, Anda dapat menggunakan fitur simulasi kredit mobil yang ada di Seva.id. . Bukan hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan mobil baru atau bekas yang sesuai dengan kebutuhan Anda di Seva.id.

 

Lalu, Seva.id juga memberikan layanan seperti booking service, test drive, serta promo-promo menarik yang bisa Anda dapatkan disini. Jadi, jika sedang mencari mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda, langsung kunjungi Seva.id dan nikmati semua benefitnya.

Ferdi Julias

SHARE