Cara Menghilangkan Baret pada Mobil Terampuh yang Bisa Anda Coba!

22 January 2019

Goresan atau baret pada mobil menjadi sesuatu yang tak bisa terhindarkan. Hal itu terjadi karena adanya beberapa faktor, seperti tergores sesuatu maupun faktor usia mobil  yang sudah tua.

 

Jika mobil memiliki goresan di bodinya, hal ini menyebabkan penampilannya kurang menarik. Jika baret tersebut sifatnya masih ringan, Anda bisa menghilangkannya sendiri tanpa perlu membawanya ke bengkel mobil. Bagaimana cara menghilangkan baret pada mobil?

 

Cek kondisi goresan dulu

Anda perlu mengecek apakah baret yang terjadi hanyalah segaris tonjolan ataukah sampai merusak cat.

 

Apabila termasuk goresan ringan, Anda bisa menghilangkannya dengan cara yang mudah. Namun, bila termasuk goresan parah yaitu terlihat warna perak khas besi, kondisi ini lebih sulit diatasi.

 

Menghilangkan Goresan dengan Scratch Remover

Selain menggunakan kompon, ada cara lain yang bisa digunakan yaitu dengan menggunakan Scratch Remover. Namun, cara ini bisa dilakukan hanya untuk goresan yang ringan saja. Untuk mendapatkan Scratch Removers, anda bisa membelinya di toko aksesoris mobil.

 

Cara pemakaiannya tinggal dipoles saja pada bagian cat mobil yang tergores sebanyak 5 kali. Setelah itu, gunakan kain microfiber untuk menggosoknya. Lakukan secara perlahan jangan keras-keras.

 

Menghilangkan Baret pada Mobil dengan Kompon

Cara menghilangkan baret pada mobil hitam dapat menggunakan kompon jika tergolong goresan yang ringan. Bahan ini mudah ditemukan di toko-toko perkakas otomotif. Cara kerjanya ialah mengikis cat di sekitar goresan sehingga membuat goresan tertutup. Hasilnya, cat mobil pun kembali mulus. Pilihlah kompon warna putih karena hasilnya akan jauh lebih maksimal.

 

Tak hanya untuk mobil hitam saja, kompon bisa digunakan sebagai cara menghilangkan baret pada mobil putih dan warna lainnya. Cara menggunakannya sangat mudah. Pertama-tama, bersihkan permukaan mobil terlebih dahulu supaya debu yang menempel hilang. Lalu, keringkan permukaan mobil dengan lap yang halus dan kering.

 

Lalu, oleskan kompon ke atas goresan secukupnya. Lalu, poles dengan segera supaya tidak mengering. Lakukan dengan hati-hati dan jangan terlalu menekan supaya tidak banyak bagian cat yang terkikis.

 

Mengatasi Baret Mobil dengan Lotion Obat Nyamuk

Ternyata, obat nyamuk lotion bisa berfungsi untuk menghilangkan baret atau goresan yang terjadi pada cat mobil. Caranya pun sangat mudah. Oleskan obat nyamuk di atas cat yang tergores, lalu diamkan selama kurang lebih 20 detik. Setelah itu, basahi dengan air. Lalu, keringkan.

 

Cara kerja obat nyamuk lotion ini ialah dengan mengangkat lapisan bening cat sehingga bisa menutup bagian yang tergores.

 

Itulah beberapa cara yang bisa dipilih untuk menghilangkan goresan atau baret ringan pada cat mobil. Namun, cara menghilangkan baret mobil yang dalam adalah dengan membawa mobil ke bengkel untuk dicat ulang supaya kondisinya membaik.

Aulia Riski Chandra

SHARE