Cara Membersihkan Plafon Mobill Berbahan Fabric dari Noda dan Jamur

12 December 2018

Plafon mobil merupakan bagian yang tidak kalah penting untuk diperhatikan kebersihannya. Namun, sering kali sebagian besar orang akan luput dari membersihkan plafon mobil. Hal ini terjadi dengan banyak alasan, salah satunya adalah bahan plafon mobil yang sulit untuk dibersihkan.

 

Plafon mobil perlu dibersihkan karena jika tidak akan menjadi kusam dan mobil akan terlihat tidak terawat dengan baik. Sebelum mengetahui cara membersihkan plafon mobil dengan benar tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat plafon mobil agar tidak cepat kotor.

 

Yang pertama adalah jangan merokok didalam mobil walaupun dalam kondisi mesin tidak menyala karena asap dari pembakaran rokok akan menempel di plafon mobil. Serta, usahakan memarkir mobil di tempat yang teduh agar panas dari matahari tidak menyerap ke plafon mobil dan merusaknya.  Jika plafon Anda sudah terlanjur kotor, berikut cara membersihkan plafon mobil berbahan fabric sesuai dengan jenis kotorannya:

 

Debu pada Plafon

Cara membersihkan plafon mobil yang berdebu cukup mudah dengan menggunakan sikat tanpa diberi air. Agar debu yang menempel pada plafon tidak menyatu dengan air dan membuat plafon menjadi lebih kotor.  Sikat searah dengan gerakan memutar secara perlahan dan gunakanlah sikat yang memiliki bulu lembut agar tidak merusak plafon.

 

Noda Ringan pada Plafon

Anda dapat menggunakan sikat lembap untuk membersihkan plafon mobil dengan noda ringan. Cara membersihkan plafon mobil dengan sikat lembap dapat Anda lakukan dengan menambahkan sedikit deterjen pada air. Tunggu hingga partikelnya bereaksi, lalu celupkan sikat pada air yang berdeterjen dan usahakan agar tidak sampai berbusa karena busa dari deterjen dapat menghasilkan flek atau noda lain yang susah dihilangkan.

 

Noda Pekat pada Plafon

Noda pekat pada plafon mobil yang membandel bisa diakibatkan karena minyak maupun jamur. Untuk membersihkan plafon yang memiliki noda pekat atau noda membandel, Anda dapat menggunakan cairan fabric. Sebelum menggunakan cairan ini Anda perlu menyiapkan beberapa peralatan untuk membersihkannya seperti kain yang halus dan lembut atau menggunakan jenis kain microfiber agar plafon yang dibersihkan tidak menjadi rusak.

 

Lalu siapkan juga cairan pembersih khusus untuk plafon mobil serta yang tidak kalah penting juga untuk menyiapkan air bersih secukupnya. Cara membersihkan plafon mobil dari jamur cukup mudah yaitu dengan membasahi kain dengan air dan peras hingga kering agar tidak membuat plafon bertambah lembap.

 

Basahi kain dengan air, peras sampai kering hingga tidak ada air yang menetes lagi. Pastikan kain sudah diperas sampai kering, karena kain yang basah dapat menyebabkan plafon menjadi lembab. Usapkan kain pada plafon secara perlahan agar plafon tidak sobek.

 

Kemudian semprotkan cairan pembersih ke kain gosok kembali secara perlahan. Cairan tersebut dapat membersihkan plafon mobil dari jamur dan berbagai noda membandel lainnya.

 

Anda dapat membersihkan plafon mobil minimal setiap 6 bulan sekali agar noda yang ada pada plafon mobil dapat dibersihkan serta sirkulasi udara dalam mobil tetap terjaga kebersihannya. Tentunya sebelum membersihkan plafon mobil perlu diperhatikan jenis bahan plafon yang dimiliki mobil Anda berbahan fabric atau beludru, karena cara membersihkan kedua bahan tersebut sangat berbeda. Jika noda pekat seperti jamur telah merusak plafon mobil, Anda tidak dapat membersihkan plafon mobil dari jamur sendiri.

 

Serahkan masalah tersebut kepada tenaga profesional untuk memperbaikinya. Anda dapat melakukan booking service di Seva.id sebelum datang ke bengkel resmi untuk perbaikan plafon mobil.

Aulia Riski Chandra

SHARE