Biar Kekinian, Ini Bagian dari Mobil Tua yang Perlu Dimodifikasi

15 March 2019

Modifikasi mobil tua memang susah-susah gampang. Anda perlu memberikan sentuhan yang cemerlang dalam mengubah tampilannya, ada beberapa bagian modifikasi dari mobil tua yang perlu menjadi perhatian Anda.

Banyaknya mobil baru yang beredar di pasaran tak menurunkan popularitas mobil tua. Pada kelasnya, banyak pehobi otomotif yang memfokuskan diri pada kendaraan bergenre lawas.

 

Bahkan, mereka yang memang menyukai mobil tua pun kerap kali melakukan modifikasi terhadap mobilnya itu sehingga terlihat lebih keren dan nampak baru.

 

Untuk Anda yang mempunyai mobil tua, Anda juga dapat memberikan inovasi baru pada mobil tersebut dengan modifikasi. Selain menambah nilai jual, Anda juga dapat menyalurkan hobi modifikasi melalui mobil tua tersebut.

 

Ada beberapa bagian dari modifikasi mobil tua yang harus menjadi fokus Anda dalam mengubah tampilan mobil agar menjadi lebih keren. Lebih lanjut, simak uraian Seva.id berikut ini!

Modifikasi Bodi

Modifikasi standar yang banyak dilakukan oleh modifikator mobil tua ialah bagian bodi. Biasanya, pada bagian ini, modifikator memperbaiki ulang bagian bodi yang sudah keropos atau karat dengan melakukan cat ulang warna mobil tua mereka.

 

Selain itu, tak jarang pula modifikator menambah aero kit, mulai dari mengganti bumper depan hingga ducktail belakang agar tampilan mobil lebih fresh dan nampak baru.

 

Modifikasi Ban dan Pelek

Modifikasi dengan mengubah tampilan ban dan pelek merupakan modifikasi ringan yang juga banyak dilakukan oleh modifikator. Anda dapat melakukannya dengan sedikit mengubah ukuran pelek dan ban dari standar pabrikan.

 

Bila mengganti ban, Anda dapat menggantinya dengan ban model lain yang masih sesuai standar atau menaikkan ukuran velg dari ukuran standar pabrik.

 

Selain itu, modifikasi ban dan pelek juga dapat mendukung modifikasi eksterior yang telah Anda lakukan. Mobil tua Anda tentu akan terlihat jauh lebih keren dan menarik berkat perubahan ban dan pelek yang dilakukan.

 

Modifikasi Mesin

Semakin tua usia mobil Anda, tentu akan mempengaruhi performa mesin. Mesin akan mudah “ngadat” dan tarikannya yang tak sesuai harapan. Oleh karenanya, modifikasi mesin yang dapat dilakukan pada tahap ini ialah memperbaiki ulang mesin mobil.

 

Anda dapat memperbaiki performa mesin sendiri atau bila tak bisa diatasi, Anda harus membawanya ke bengkel.  Akan tetapi, bila ternyata mesin mobil tak dapat diperbaiki, Anda perlu menggantinya dengan mesin baru yang sesuai dengan standar pabrik.

 

Modifikasi Area Kemudi

Modifikasi yang dapat Anda lakukan pada bagian ini ialah dengan memberikan perubahan pada dasbor mobil. Jika dasbor sudah terlihat kusam dan bahkan jelek, agar lebih kekinian, Anda dapat menggantinya dengan warna yang sesuai dengan selera Anda.

 

Bahkan, jika Anda mempunyai bujet yang cukup, Anda juga bisa menjahit ulang dengan bahan kulit yang lebih baik daripada sebelumnya.

 

Selain itu, Anda juga perlu mengganti bahan jok mobil yang lebih nyaman daripada sebelumnya. Anda bisa menggantinya dengan bahan jok yang sesuai selera dan kenyamanan Anda.

Modifikasi Elektronik

Masih di bagian interior. Modifikasi mobil tua selanjutnya, yang tak boleh luput dari perhatian Anda, ialah modifikasi komponen elektronik, yaitu sistem audio. Hal ini penting dilakukan agar mobil tua Anda—yang bahkan sudah berusia beberapa tahun—tak ketinggalan zaman.

 

Untuk mengikuti perkembangan zaman, Anda dapat mengganti bagian audio mobil dengan model baru yang dapat terintegrasi dengan smartphone: bluetooth atau spot portal USB. Dengan begitu mobil tua Anda akan terasa lebih keren dan modern.

 

Setidaknya itulah beberapa bagian modifikasi mobil tua yang perlu menjadi perhatian Anda agar kendaraan tersebut terlihat semakin keren, modern, dan nampak baru. Selamat mengubah tampilan mobil!

Rismawati Idris

SHARE