Begini Cara Menggunakan Aplikasi Movic

09 October 2018

Kebutuhan masyarakat di dunia digital mendorong PT Astra International Tbk untuk ikut terjun dengan unit bisnis barunya yaitu Astra Digital. Astra Digital menyediakan layanan berbasis teknologi melalui berbagai platform untuk memenuhi kebutuhan masyakarat modern Indonesia.

 

Movic merupakan produk terbaru Astra Digital yang diluncurkan pada 24 September 2018 setelah Seva.id, CariParkir, dan Sejalan yang hadir untuk memanjakan customer setia dari Astra Digital.

 

Movic merupakan aplikasi yang menghubungkan pemilik dan penyewa mobil, untuk saat ini aplikasi dapat diunduh di smartphone berbasis Android.

 

Mendaftarkan diri di Movic

Pengguna Movic terbagi dua yaitu Customer atau penyewa kendaraan dan Car Owner atau pemilik kendaraan. Secara default, saat mendaftar Anda akan langsung menjadi Customer.

 

Cara menggunakan Movic juga sangat mudah. Pertama, pastinya Anda harus download aplikasi Movic dan mendaftarkan diri.

 

Sebelum mendaftar Anda akan diberikan pilihan bahasa, Indonesia atau Inggris. Dari situ Anda dapat masuk ke pilihan pendaftaran.

 

Untuk mendaftar, Anda bisa langsung sign up dengan menggunakan akun Facebook atau Google. Jika tidak memiliki keduanya, Anda bisa membuat akun baru dengan klik ‘Create New Account’.

 

Ada beberapa data diri yang harus diisi seperti nama, email, nomor HP untuk verifikasi, password, dan kode referal jika ada.

 

Baca: Segala Kemudahan dan Keuntungan Menyewa Kendaraan, Ada di Movic

Sewa kendaraan di Movic

Setelah mendaftar, Anda akan diarahkan ke halaman utama dari aplikasi Movic.

 

Di sini, Anda bisa mencari mobil yang diinginkan dengan menggunakan fitur filter ‘Mobil di Sekitar Saya’, ‘Tujuan Terpopuler, ‘Rental Mobil Terpopuler, dan ‘Pencarian Kategori Mobil’.

 

Selain itu, Anda juga bisa langsung klik ‘Where To?’ pada bagian atas untuk untuk langsung menulis destinasi atau daerah dari car rental.

 

Fasilitas saat menyewa mobil lewat Movic pun fleksibel, Anda bisa memilih menggunakan sopir atau lepas kunci. Lalu tinggal masukkan tanggal yang diinginkan untuk penyewaan kendaraan.

 

Anda diberikan pilihan durasi penyewaan kendaraan. Saat ini durasi yang tersedia terdiri dari 6, 12, dan 24 jam (1 hari). Jika Anda ingin menyewa mobil di luar dari paket yang teredia, bisa langsung negosiasi dengan Car Owner dan membayarkan biaya tambahannya.

 

Pada halaman utama juga terdapat ‘My Booking’ untuk melihat status penyewaan kendaraan yang sedang aktif maupun yang telah selesai.

 

Sementara untuk melihat pemesanan sewa kendaraan yang belum dilakukan pembayarannya, Anda dapat melihatnya di ‘Shopping Cart’. Pembayaran ongkos peminjaman kendaraan ini dapat Customer lakukan dengan menggunakan kartu kredit, Virtual Account atau bank transfer.

 

Anda juga dapat melakukan percakapan dengan Car Owner sebelum memesan atau menyewa kendaraannya dengan menggunakan fitur ‘Chat’. Fitur ini juga berguna untuk menegosiasikan harga jika Anda ingin menyewa kendaraan di luar durasi yang ada di Movic.

 

Movic juga kerap memberikan penawaran menarik atau promosi. Untuk mengetahuinya, Anda bisa klik ‘Promo’.

 

Layanan Movic tidak hanya di Jakarta, Anda juga menggunakannya di Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bali, Pontianak, dan Makassar.

 

Baca juga: Hanya di Movic, Sewa Mobil Seharian Cuma Rp99 Ribu

Keuntungan menjadi Car Owner

Di sisi lain, jika Anda berminat menjadi Car Owner, pilih ‘ Menu’ di halaman utama lalu klik ‘Become a Vehicle owner’. Selanjutnya, Anda tinggal mengikuti panduan yang diberikan oleh Movic dan wajib melengkapi data tambahan seperti foto diri, foto SIM, dan foto KTP.

 

Bila sudah, Anda dapat lanjutkan dengan memasukkan foto atau logo rental yang akan ditampilkan untuk Customer, nama rental mobil, menentukan lokasi di map, memilih kota kota rental berdasarkan list yang tersedia, dan  mengisi deskripsi tambahan tentang alamat lengkap rental agar Customer dapat lebih mudah melihat lokasi mobil yang akan disewa.

 

Halaman utama Car Owner berbeda dengan Customer. Di halaman utama ini, Car Owner bisa memonitor jumlah pesanan sewa kendaraan yang baru dan sudah terjadi, jumlah Customer yang mengunjungi rental, jumlah penyewaan kendaraan yang sudah sukses, status mobil yang terdaftar, tanggal dan hari mobil yang tersedia, serta percakapan dengan Customer.

 

Keuntungan yang didapat oleh Car Owner adalah penghasilan tambahan dengan menyewakan mobilnya melalui Movic dan insentif tambahan dari setiap transaksi yang terjadi. Tentunya, semua transaksi yang terjadi di Movic akan tercatat dan dapat dilihat melalui laporan yang tersedia pada aplikasi.

 

Pemilik rental yang menjadi Car Owner dapat mendapatkan keuntungan dengan adanya fasilitas iklan mobil secara gratis di Movic.

movic

Pengguna Movic tidak perlu khawatir, tiap akun yang terdaftar di Movic telah melalui proses verifikasi untuk menjaga keamanan bertransaksi saat menyewakannya lepas kunci.

 

Jadi, segera download Movic. Mo’ Untung, Movic Aja!

 

Arris Riehady

SHARE