Apa Saja yang Ada di Toyota All New Yaris 2018?

29 June 2018

PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Toyota All New Yaris pada awal Februari 2018. Sebelum membahasnya, mari kita sedikit mundur ke belakang terkait mobil hatchback dari Toyota.

 

Toyota Starlet yang diluncurkan pada 1985 di Indonesia merupakan mobil hatchback cikal bakal dari Toyota All New Yaris ini.

 

Segmen yang dituju sama, yaitu anak muda dinamis, keluarga kecil yang aktif, atau masyarakat yang memiliki jiwa muda. Hal ini tidak berubah di All New Yaris yang baru diluncurkan tersebut.

 

Kami, Seva.id, kali ini berkesempatan menjajal mobil yang cocok untuk perkotaan ini.

 

Toyota All New Yaris memiliki beberapa tipe, mulai dari paling bawah ada E MT, lalu E CVT, G MT, G CVT, dan tertingginya TRD Sportivo MT untuk manual dan yang bertransmisi otomatis TRD Sportivo CVT.

 

Unit yang dipinjamkan oleh Auto2000 ini adalah tipe TRD Sportivo CVT. Berikut impresi yang kami rasakan.

 

Aura Sporty

Bahasa desain eksteriornya mengusung aura sporty dengan garis aerodinamis modern dan stylish. Meski memiliki basis yang sama dengan generasi terdahulu, ada begitu banyak perbedaan pada Toyota All New Yaris ini.

 

Dari depan, mobil hatchback andalan Toyota ini dihiasi dengan bentuk lampu utama yang lebih menyipit, meruncing, dan tegas. LED daytime running lamp (DRL) yang pada seri sebelumnya berada di bawah bumper kini bergeser ke atas, tepat di bawah lampu utama.

 

Sementara lampu kabut di bagian bumper yang berjenis halogen kini dibalut list hitam yang meruncing ke atas menyambung dengan panel front skirt hitam dengan list merah yang menandakan bahwa ini adalah Toyota All New Yaris TRD Sportivo sebagai tipe tertinggi.

 

Beralih ke bagian samping, yang jelas terlihat berbeda dengan generasi sebelumnya adalah cover spion yang kini warnanya hitam dan ber-list merah. Desain ini juga yang membedakan tipe tertinggi dengan tipe di bawahnya. Spion ini juga dapat diatur melipat otomatis saat mobil dalam kondisi mesin mati dan dikunci.

 

Keempat bannya kini membalut velg alloy dual tone berukuran 16 inci. Tidak hanya itu, untuk tipe TRD Sportivo rem belakangnya juga sudah menggunakan cakram, sedangkan tipe di bawahnya masih dengan tromol atau drum.

 

Pada bagian bawah pintu belakang masih ada stiker TRD Sportivo yang kini hanya berupa tulisan berwarna hitam. Simple!

 

Bagian belakang berbeda total dari generasi sebelumnya! Di atas kini bercokol shark fin antena yang jelas lebih aerodinamis sekaligus untuk memperkuat aura sporty ketimbang model generasi sebelumnya yang menggunakan antena konvensional.

 

Rear roof spoiler-nya juga berbeda. Warna hitam di tengah dan putih di sisi-sisinya diaplikasikan. Desainnya dibuat berlubang ala mobil sport untuk menciptakan downforce.

 

Sedangkan lampu belakangnya, kini tidak membulat lagi seperti generasi sebelumnya. Sama seperti lampu utama, menyipit, dengan lampu rem LED.

 

Pintu bagasi dan bumper tetap dihiasi dengan panel warna hitam dan ber-list merah sebagai identitas hatchback ini.

 

Total, untuk desain eksterior, kami tidak meragukan kalau Toyota All New Yaris TRD Sportivo memang benar-benar tampil sporty.

 

Mobil Hatchback Teraman

Sebelum masuk bagian interior, kami sangat menyoroti fitur keamanan yang ditanamkan Toyota pada mobil hatchback kebanggaannya di Tanah Air ini.

 

Tentunya, Toyota All New Yaris TRD Sportivo sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman tiga titik untuk pengemudi dan seluruh penumpangnya. Bahkan penumpang tengah di jok belakang.

 

Airbag? Sudah pasti! Tapi yang istimewa, ada tujuh buah airbag. Dua di bagian depan, sisi kanan pengemudi, lutut pengemudi, sisi kiri penumpang depan, serta dua curtain airbag. Tidak hanya Toyota All New Yaris TRD Sportivo, tapi fitur ini ada di semua tipe. Paling banyak dan lengkap di kelasnya!

 

Fitur keamanan pada pengereman juga tak kalah lengkap. Sudah ada Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Braking Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA). Khusus tipe TRD Sportivo dilengkapi dengan Emergency Brake Signal, ini berfungsi saat sedang melaju kencang tiba-tiba melakukan rem mendadak, lampu hazard akan otomatis menyala sebanyak tiga kedipan.

 

Ada juga traction control, Vehicle Stability Control (VSC) untuk menstabilkan kendaraan pada posisi menikung, serta Hill-Start Assist (HSA) untuk memudahkan kendali kendaraan di tanjakan.

 

Jika masih kurang, kedua jok depan didesain untuk mengurangin cedera pada leher jika terjadi kecelakaan. Sedangkan ISOFIX atau pengait kursi bayi suda tersedia di jok penumpang belakang.

 

Tak heran, dengan kelengkapan fitur keselamatan tersebut semua tipe Toyota All New Yaris mendapatkan bintang lima – peringkat tertinggi – dari ASEAN NCAP (ASEAN New Car Assessment Programme).

 

Jadi bisa dibilang, Toyota All New Yaris adalah mobil hatchback teraman di Indonesia saat ini.

 

Baru dan Kedap

Masuk ke interior, langsung terlihat berbeda dari generasi sebelumnya. Begitu buka pintu, terlihat door trim-nya kini lebih simple. Sudah tidak ada jahit-jahitan palsu seperti di generasi terdahulu. Jahitannya kini asli – tetap warna merah – menghiasi bahan kulit sintetis hitam di hand rest masing-masing pintu.

 

Pengaturan spion yang pada generasi sebelumnya ada di dashboard, kini pindah ke doortrim, lebih mudah dijangkau oleh tangan pengemudi.

 

Dashboard, speedometer, layar multi information display (MID), audio head unit layar sentuh tujuh inci, pengaturan AC digital, hingga tuas transmisi semuanya baru, tetap memberi kenyamanan bagi pengemudi dan seluruh penumpang.

 

Tidak hanya itu, Toyota mengklaim kalau kabin Toyota All New Yaris ini lebih kedap dibanding generasi sebelumnya. Benar saja, begitu kami coba, suara raungan mesin yang masuk ke kabin terbilang senyap. Bahkan saat kecepatan tinggi.

 

Sensasi mengemudi mobil sport

Yang kami suka adalah desain lingkar kemudinya, yang dibalut kulit dengan jahitan merah. Di sebalah kiri ada tombol-tombol untuk mengatur audio dan telepon. Sementara di kanan adalah tombol pengaturan MID. Lumayan, saat mengemudi, jempol ada hiburan, pengaturannya sudah bisa tilt namun nihil teleskopik.

 

Nah ini, yang sangat beda. Sensasi mengemudi hatchback ini mirip mobil sport, dengan adanya paddle shift di belakang lingkar kemudi. Ada juga mode berkendara yang dapat dipilih, yaitu Normal,Eco, dan Sport.

 

Normal cocok untuk komuter sehari-hari di dalam kota. Namun jika mulai terjebak macet, dan ingin lebih hemat serta efisien dalam konsumsi bahan bakar disarankan memakai mode Eco.

 

Sementara mode Sport cocok untuk yang ingin merasakan sensasi putaran mesin lebih cepat dan kencang. Di jalan yang kosong, kami mencoba mode ini. Paling tepat memang, jika menggunakan mode Sport dan dikawinkan dengan perpindahan gigi manual. Apalagi perpindahan giginya menggunakan paddle shift, terasa sekali sporty-nya!

 

Toyota All New Yaris dibekali mesin 2NR-FE berkapasitas 1.496 cc. Jantung pacunya tersebut didukung juga oleh teknologi Dual Variable Valve Timing with Intelligence (VVT-i). Mesin ini sudah terbukti memberikan efisiensi terhadap penggunaan bahan bakar, baik yang menggunakan transmisi manual maupun otomatis. Ini bisa dirasakan untuk semua tipe Toyota New Yaris.

 

Dengan Toyota All New Yaris TRD Sportivo, Anda akan mendapatkan eksterior beraura sporty, fitur keamanan terlengkap, interior yang nyaman, dan rasa berkendara ala mobil sport namun bahan bakar tetap efisien. Lalu apa lagi yang kurang?

 

 

Segera miliki Toyota All New Yaris TRD Sportivo melalui Seva.id.

 

 

 

 

Arris Riehady

SHARE