Apa Saja yang Ada di GIIAS 2018?

04 July 2018

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) kembali menghadirkan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, pada 2-12 Agustus 2018, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang.

 

GIIAS ke-26 ini merupakan bukti kontribusi dan dukungan terhadap perkembangan industri otomotif Indonesia serta masuk dalam kalender ajang pameran otomotif dunia, yang mendapatkan dukungan dari OICA (Organisation Internationale des Constructeurs d’Automobiles).

 

Mobil dan motor apa saja di GIIAS 2018?

Sebanyak 37 merek mobil dan sepeda motor telah memastikan diri ambil bagian di pameran otomotif terbesar di Indonesia ini. Dari angka itu, 27 di antaranya merupakan merek mobil dan 10 merek sepeda motor.

 

Jumlah tersebut masih mungkin bertambah. Ada beberapa merek mobil dan motor yang masih dalam proses negoisasi dengan panitia penyelenggara GIIAS 2018.

 

Dari 27 merek mobil tersebut, mobil asal Negeri Sakura tetap mendominasi GIIAS 2018 dengan kehadiran 14 merek, yakni Lexus, Toyota, Daihatsu, Isuzu kendaraan pribadi dan komersial, UD Trucks, Datsun, Mitsubishi Fuso, Hino, Honda, Mazda, Mitsubishi Motors, Nissan, dan Suzuki.

 

Selanjutnya merek-merek asal deretan Eropa, diwakili oleh yakni BMW, Mini, Audi, Mercedes-Benz, Porsche, Renault, dan Volkswagen.

 

Merek China diwakili Dongfeng Sokon (DFSK), FAW, dan Wuling. Sedangkan Amerika Serikat, India, dan Korea Selatan hanya diwakili satu merek, yakni Chevrolet, Tata Motors, dan Hyundai.

 

Sementara itu, merek sepeda motor yang mengikuti GIIAS 2018 adalah Honda, Benelli, BMW Motorrad, Harley Davidson, Kawasaki, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, dan Viar.

 

GIIAS 2018 juga menjadi pilihan Agen Pemegang Merek (APM) untuk menghadirkan lebih dari 30 mobil konsep untuk diperkenalkan kepada pengunjung. Dipastikan ada juga booth yang memajang serta menjual berbagai aksesoris, suku cadang kendaraan, selain area test drive yang lebih untuk pengunjung dapat mecoba mobil serta motor yang disediakan APM.

 

Dukungan penuh dari Astra Financial

Tahun 2018 menjadi milestone baru untuk GIIAS dengan dukungan penuh dari Astra Financial yang merupakan divisi jasa keuangan dari PT Astra International Tbk sebagai sponsor utama.

 

Tujuan Gaikindo mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia sejalan dengan filosofi Astra untuk menjadi perusahaan yang bermanfaat bagi bangsa dan negara, serta visi Astra Financial untuk menjadi partner keuangan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. Persamaan tersebut yang menjadi landasan penting bagi kerjasama antara Astra Financial dan Gaikindo.

 

Astra Financial dalam GIIAS akan diwakili oleh enam perusahaan yang terdiri dari:

  1. ACC dari PT Astra Sedaya Finance yang menawarkan pembiayaan mobil segala merek.
  2. TAF dari PT Toyota Astra Finance yang menawarkan pembiayaan mobil Toyota, Daihatsu, dan Lexus.
  3. Asuransi Astra dari PT Asuransi Astra Buana yang menawarkan produk dan layanan jasa perlindungan asuransi kendaraan bermotor (Garda Oto dan Garda Motor), kesehatan (Garda Medika), dan usaha komersial.
  4. Permata Bank dari PT Bank Permata Tbk yang menawarkan rangkaian produk dan jasa perbankan yang komprehensif untuk memenuhi kebutuhan nasabah individu dan keluarga, serta memberikan layanan bagi nasabah korporasi dan institusi.
  5. FIF Group brand dari PT Federal International Finance yang merupakan pembiayaan sepeda motor merek Honda (FIFASTRA) dan beragam pembiayaan konsumen.
  6. Astra Life dari PT Astra Aviva Life yang menyediakan produk asuransi yang komprehensif berupa asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi.

 

Keenam perusahaan tersebut akan hadir untuk memberikan penawaran dan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan, pengunjung, dan masyarakat pecinta otomotif.

 

Gunawan Santoso Salim, Ketua Panitia GIIAS Astra Financial menjelaskan tujuan Astra Financial menjadi sponsor utama GIIAS: Astra Financial ingin menjadi partner keuangan bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia. Astra Financial berupaya untuk mengedepankan kecepatan layanan, kemudahan proses, serta penawaran produk terbaik bagi masyarakat Indonesia.

 

“GIIAS 2018 merupakan kesempatan bagi Astra Financial untuk berpartisipasi mendorong perkembangan industri otomotif di Tanah Air, sekaligus memperkenalkan produk-produknya, seperti pembiayaan mobil, motor dan konsumsi, asuransi umum, kesehatan, dan jiwa, serta layanan perbankan yang lengkap dan inovatif,” tambah Santoso.

 

Ajang pamer teknologi

GIIAS 2018 turut menghadirkan ide teknologi otomotif masa depan yang mencerminkan tema Beyond Mobility.

 

Rizwan Alamsjah, Ketua III GAIKINDO dan Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO menjelaskan bahwa GIIAS 2018 akan menuangkan semangat Beyond Mobility. Karena itu, ide-ide dan inspirasi baru juga akan dihadirkan selama pelaksanaan GIIAS 2018.

 

Ide-ide yang dimaksud salah satunya adalah Automotive Technology Zone yang merupakan sebuah area baru di GIIAS 2018 yang dikhususkan sebagai wadah bagi para peserta GIIAS 2018 mendemonstrasikan langsung fitur teknologi dari mobil unggulannya kepada pengunjung.

 

“GIIAS selalu menjadi ajang yang yang menghadirkan inovasi dari industri otomotif Indonesia. Untuk memberikan ide dan menginspirasi publik akan teknologi terbaru, kali ini tidak hanya lewat tampilan namun juga lewat demonstrasi langsung kepada pengunjung,” ungkap Rizwan.

 

Akan diselenggarakan bersamaan dengan event GIIAS 2018, The 13th GAIKINDO International Automotive Conference (GIAC) yang akan berlangsung pada 7 Agustus 2018. Dalam konferensi ini dibahas isu industri otomotif Indonesia terkini, termasuk pembahasan tentang emisi dan Euro4 yang dalam waktu dekat akan diimplementasikan di Indonesia.

 

Mengikuti perkembangan teknologi, GIIAS 2018 pun turut menyediakan pemesanan tiket secara online. Karena melihat tahun lalu, pengunjung harus antre panjang terutama di akhir pekan hanya untuk membeli tiket masuk.

 

Mari nantikan kehadiran inovasi dan teknologi terkini yang akan diusung oleh lebih dari 250 brand otomotif dari para APM kendaraan penumpang, kendaraan komersial, dan industri pendukung otomotif di GIIAS 2018.

Arris Riehady

SHARE