6 Tips Merawat Injeksi Mobil

12 December 2018

Salah satu hal wajib yang harus dilakukan pemilik kendaraan adalah melakukan perawatan berkala pada mobil mereka. Anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah ataupun dengan membawa kendaraan Anda ke bengkel. Perawatan mobil di lakukan secara berbeda-beda tergantung jenis kendaraan.

 

Menurut sistem pembakarannya, mobil terbagi menjadi dua jenis. Ada yang menggunakan sistem pembakaran karburator dan ada yang menggunakan sistem pembakaran injeksi. Rata rata mobil baru saat ini menggunakan sistem injeksi

 

Injeksi bahan bakar adalah sebuah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam (internal Combustion Engine) untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar. Penggunaan injeksi bahan bakar akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator. Kemudian injeksi bahan bakar juga dapat mengontrol pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih tepat, baik dalam proporsi dan keseragaman.

 

Setiap mobil membutuhkan perawatan tersendiri, tak luput mobil injeksi. Simak informasi di bawah ini mengenai cara merawat injeksi mobil dengan baik:

 

Membersihkan Throttle Body

Salah satu cara merawat injeksi mobil adalah dengan cara membersihkan throttle body. Bagian yang satu ini memiliki fungsi untuk mengatur keluar masuknya udara yang masuk ke dalam mesin. Jika filter udara tersebut jarang sekali dibersihkan, ditambah lagi dengan lingkungan sekitar yang berdebu maka akan membuat gum/jelaga melengket pada bagian throttle body.

 

Jika dibiarkan terus menerus tentu saja membuat kerja sensor throttle menjadi buruk dan membuat putaran pada mesin kendaraan menjadi pincang.

 

Bersihkan Bagian Sensor

Salah satu cara merawat injeksi mobil adalah dengan cara membersihkan bagian sensor. Setidaknya ada sekitar 10 sensor yang terdapat pada mesin injeksi mobil. Mulai dari nosel injektor, sensor pengapian, suhu air pendingin, idle, dan sensor lainnya. Untuk mengetahui komponen ini sangat mudah, karena semua bagian tersebut memiliki kabel yang terhubungkan dengan ECU.

 

Ketika kondisi konektor kotor, maka Anda perlu membersihkannya. Agar hasilnya dapat maksimal maka Anda bisa memanfaatkan contact cleaner yang memang diperuntukkan untuk membersihkan bagian konektor kelistrikan.

 

Perawatan Nosel Injektor

Salah satu cara merawat injeksi mobil adalah dengan cara melakukan perawatan pada nosel injector. Hal ini dilakukan agar bentuk serta semprotan dari bahan bakar ideal. Kualitas bahan bakar yang digunakan rendah akan dapat menyebabkan lubang nosel yang ukurannya kecil tersebut menjadi tersumbat oleh kotoran dan kerak.

 

Hal ini pula lah yang menyebabkan semprotan mesin menjadi kacau serta debit menjadi berkurang. Cara membersihkan nosel injektor pun sangat mudah, Anda hanya perlu mencampurkan cairan pembersih ke dalam tangki bensin. Larutan kimia serta bensin tersebut nantinya akan mampu mengikis kotoran.

 

Penyetelan Karbon Monoksida

Salah satu cara merawat injeksi mobil adalah dengan cara melakukan penyetelan karbon monoksida. Cara merawat mesin mobil injeksi lainnya adalah dengan melakukan penyetelan karbon monoksisa (CO). Anda bisa melakukannya dengan menggunakan engine analyzer untuk mengukurnya.

 

Pengukuran ini diperlukan untuk mengetahui proses pembakaran di dalam mesin apakah sudah berjalan sesuai atau tidak. Perhatikan ketika Anda melakukan penyetelan, ideal nya adalah berada di bawah 1%. Jika tidak maka Anda perlu melakukan penyetelan ulang pada sistem pasokan bensin, pengapian, dan udara mobil.

 

Bersihkan Filter Bensin dan Udara

Salah satu cara merawat injeksi mobil adalah dengan cara membersihkan filter bensin dan udara. Suplai bensin pada kendaraan dapat terhambat karena kondisi filter bensin yang tersumbat oleh kotoran. Meskipun usia pakai dari filter pada mesin injeksi lebih lama dibandingkan dengan sistem karburator, namun jika kondisinya sudah kotor maka Anda perlu membersihkan atau menggantinya.

 

Perhatikan Kondisi Aki

Salah satu cara merawat injeksi mobil adalah dengan cara memperhatikan kondisi aki. Performa serta usia dari mesin injeksi sangat berkaitan dengan pasokan listrik yang stabil. Tak hanya kondisi alternator, Anda juga perlu memperhatikan kondisi aki agar suplai tegangan yang menuju ECU dan sensor dapat berjalan dengan stabil dan normal ketika mesin di starter.

 

Itulah enam cara merawat injeksi mobil yang Anda bisa jadikan referensi. Merawat dan membersihkan mobil secara berkala wajib dilakukan untuk memastikan keadaan mobil Anda dalam keadaan baik.

Aulia Riski Chandra

SHARE