6 Mobil Era 90an yang Banyak Dicari Orang

23 July 2018

Untuk pecinta otomotif, tahun 1990 hingga 1999 bisa dibilang sebagai era keemasan. Selama dekade itu, banyak mobil yang menjadi idola kaum muda. Tidak terbatas pada mobil sport, tapi juga sedan, hatchback, SUV, hingga mobil keluarga atau MPV.

 

Seiring berjalannya waktu, mobil era 90an ini mulai langka keberadaannya. Di sisi lain, mobil keluaran tahun 90an tersebut masih banyak dicari, baik untuk dipakai, jadi barang koleksi, hingga bernostalgia atau ingin kembali merasakan keistimewaan dan kenyamanan yang dulu pernah dibanggakan.

 

Untuk memanggil memori Anda, berikut mobil 90an yang mulai langka tapi masih banyak dicari.

 

mobil kijang super1. Toyota Kijang

Selama tahun 1990 hingga 1999 mobil MPV yang satu ini adalah legendanya. Ada beberapa Toyota Kijang yang mengaspal di Indonesia selama era itu.

 

Sebut saja Toyota Kijang Super, Toyota Kijang Grand Extra, Toyota Kijang Rover, hingga Toyota Kijang yang akrab di telinga dengan sebutan Kijang Kapsul.

 

Kijang Kapsul mulai diproduksi Toyota pada tahun 1996. Dibanding generasi sebelumnya, Kijang Kapsul memiliki bentuk yang revolusioner di zamannya. Eksteriornya dibuat lebih bulat dan memiliki aerodinamis yang lebih bagus.

 

Sementara interiornya menjadi evolusi bagi kendaraan keluarga di Indonesia karena pertama kalinya muncul MPV dengan semua kursi dengan posisi menghadap ke depan.

 

Total, Kijang Kapsul memiliki tujuh varian yakni SX, LX, SSX, LSX, SGX, LGX, dan Krista. Banyaknya varian karena memang banyak pilihan mesin yang diusung, mesin bensin dan mesin diesel berkapasitas 1.800cc hingga 2.000cc.

 

Di bursa penjualan mobil bekas, jangan heran apabila menemukan harga Kijang Kapsul ini sama dengan harga Toyota Avanza generasi pertama?

 

 

2. Daihatsu Feroza, Daihastu Taft, dan Daihatsu Rocky

Mobil jadul, mungkin ini yang akan terbesit di benak generasi tahun 2000an kala melihat SUV kembar tiga keluaran Daihatsu.

 

Ketiganya memiliki desain yang sama. Eksterior mobil ini berbentuk kotak dan minim lekukan. Meskipun tidak terlihat modern, namun tampang luarnya sangatlah gagah dengan didukung oleh ground clearancenya yang tinggi. Pilar B didesain sedemikian rupa agar dapat berfungsi sebagai bar pelindung rollover.

 

Daihatsu Feroza, Daihastu Taft, dan Daihatsu Rocky diproduksi Daihatsu antara tahun 1984 hingga 2002 dengan penjualan di seluruh pelosok Asia hingga daratan Eropa. Namun ketiganya pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1992 dan dirakit bersamaan secara lokal.

 

Daihatsu Feroza bermesin bensin. Sementara Daihastu Taft dan Daihatsu Rocky dibekali mesin diesel.

 

Di pasar mobil bekas, harga ketiga mobil ini “abu-abu”. Semua tergantung kondisi, modifikasi, dan aksesoris yang disematkan di dalamnya.

 

3. Isuzu Panther

Pada mulanya Isuzu Panther dikembangkan di Jepang dan diproduksi khusus untuk pasar di kawasan Asia. Kendaraan bermesin diesel ini akhirnya diberi kode Asian Utility Vehicle (AUV).

 

Periode 1996-2000 adalah masa kejayaan Isuzu Panther. Periode tersebut merupakan saat Isuzu Panther generasi kedua banyak ditemui mengaspal di Indonesia.

 

Generasi kedua Isuzu Panther ini memiliki penyempurnaan di bagian mesin. Kapasitasnya ditingkatkan jadi 2.500 cc dan sudah menggunakan teknologi Direct Injection sehingga pembakarannya lebih sempurna.

 

Ada beberapa varian dari Isuzu Panther generasi kedua, yakni Standar, Deluxe, Royal, Grand Royal, New Royal, Hi Sporty, hingga yang termahal adalah Hi Grade.

 

Isuzu memang tidak diragukan kemampuannya dalam memproduksi mesin diesel, sesuai slogan mereka sebagai “Rajanya Diesel”.

 

4. BMW Seri 3 (E36)

BMW E36 adalah generasi ketiga dari BMW Seri 3 yang diproduksi oleh BMW.

 

Sejak tahun 1992 sampai 1999, tipe yang dijual resmi di Indonesia adalah BMW 318i, BMW 320i, dan BMW 323i dengan pilihan transmisi manual serta otomatis.

 

Untuk mobil 90an, generasi ini menghadirkan desain eksterior sporty dan elegan yang tidak lekang dimakan zaman (timeless). Tidak heran bila E36 jadi salah satu model sukses BMW.

 

Image yang melekat di mobil ini pada masanya adalah mobil kalangan anak muda kaya yang gemar nongkrong di kawasan Jakarta Selatan. Sampai saat ini, BMW Seri 3 (E36) masih banyak digunakan anak muda di Indonesia.

 

Jadi jangan heran bila mendapati harga bekas BMW Seri 3 (E36) tahun 90an ini bersanding dengan jajaran sedan baru tahun 2000an.

 

5. Peugeot 405

Peugeot 405 masuk dalam kategori mid size sedan yang masuk ke Indonesia pada tahun 1989 hingga 1997.

 

Di luar sana, mobil ini memiliki saudara kembar yaitu Alfa Romeo 164 yang sama-sama didesain oleh rumah desain Pininfarina yang berlokasi di Italia. Dibekali dengan desain yang sporty, sehingga mobil 90an ini tidak ketinggalan zaman di masa sekarang.

 

Secara keseluruhan, terdapat empat varian dari Peugeot 405 ini, yakni SR, SRi, STi dan Le Mans. Selain aksesoris, perbedaannya terletak pada sistem pembakarannya.

 

Untuk varian SR masih mengusung karburator, sedangkan untuk type STi, SRi, dan Le Mans sudah menggunakan teknologi injeksi.

 

Sebagai kasta tertinggi, varian Le Mans sudah dilengkapi dengan velg 15 inci, body kit, spoiler, serta emblem Le Mans sebagai identitas pada bagian samping, belakang, dan dashboard. Jok mobilnya sudah dibalut kulit.

 

 

6. Toyota Starlet

Mobil jadul nan menggoda rasanya cocok disematkan pada Toyota Starlet. Hatchback ini juga digadang sebagai cikal bakal adanya Toyota Yaris. Toyota Starlet sendiri diproduksi dari tahun 1973 sampai tahun 1999.

 

Di era 90an, karena bentuknya yang membulat, seperti biasa, mobil ini dikenal dengan nama Starlet Kapsul. Meski begitu, desainnya tidak ketinggalan zaman, bahkan harga jual bekas dan kembalinya tetap stabil.

 

Selain desain, ada alasan lain kenapa harganya stabil dan Starlet Kapsul menjadi mobil 90an yang paling dicari, antara lain suku cadang yang masih mudah ditemui, biaya perawatan yang murah, irit bahan bakar, serta mudah untuk dimodifikasi.

 

Mobil ini memiliki tiga tipe mesin yang semuanya bertransmisi manual, yakni 16 valve 4E-F (karburator), 4E-FE (injeksi), dan 4E-FTE (injeksi dengan turbo). Ya, tidak salah, ada turbo di mobil ini!

 

Jika mobil tahun 90an idaman Anda ada dalam daftar di atas, ada baiknya mulai cari di situs online atau diler mobil bekas terdekat.

 

Bukan tidak mungkin, dalam kurun waktu 10-20 tahun mendatang mobil-mobil tersebut sudah jarang bahkan tidak ditemui lagi. Harganya pasti akan melonjak hingga dua kali lipat.

Arris Riehady

SHARE