6 Benda yang Berbahaya jika Ditinggal dalam Kabin Mobil

11 October 2018

Sebagai kendaraan pribadi yang selalu menemani aktifitas pengendaranya, mobil terkadang juga menjadi tempat penyimpanan barang-barang. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menyimpan barang di dalam mobil.

 

Apalagi barang yang disimpan di kabin mobil dapat membahayakan dan menimbulkan resiko tinggi. Bukan resiko pencurian, melainkan resiko kerusakan pada kabin, malahan keseluruhan bagian mobil.

 

Nah, untuk menghindari resiko tersebut, pastikan beberapa benda di bawah ini tidak Anda tinggalkan di dalam kabin ketika parkir.

 

1. Bahan bakar

Membawa bahan bakar cadangan menggunakan wadah jerigen biasanya dilakukan oleh sebagian orang ketika menempuh perjalanan jauh. Meskipun masih mungkin untuk dilakukan, namun cara satu ini cukup berbahaya.

 

Apabila bahan bakar terkena sinar matahari langsung, lama-kelamaan bahan bakar akan ikut memanas dan menimbulkan api sehingga dapat menjadi penyebab utama kebakaran. Apalagi ketika terjadi kecelakaan yang akan menimbulkan percikan api dari gesekan logam lalu menyambar ke bahan bakar. Bahaya yang ditimbulkan bisa lebih parah.

 

Bukan cuma dari segi safety, membawa bahan bakar di dalam kabin juga akan mengganggu kesehatan. Pengendara dan penumpang mau tidak mau akan mencium bau bensin serta menghirupnya. Hal ini akan berdampak pada kesehatan mereka, karena bahan bakar memiliki kandungan zat benzena yang dapat mengganggu saraf.

 

2. Korek api gas

Benda ini biasanya dibawa oleh para perokok. Tetapi, yang harus diingat adalah ketika Anda keluar dari mobil, jangan tinggalkan korek api gas di dalam kabin karena akan memicu terjadinya ledakan yang menimbulkan kebakaran.

 

Seperti yang diketahui, korek api gas sangat mudah terbakar jika terkena panas matahari atau pemicu lainnya. Jika Anda tinggalkan sembarang di dalam kabin mobil, lalu korek api terkena panas matahari langsung, potensi ledakan akan semakin besar.

 

Apalagi korek api gas yang memiliki lapisan tipis dan tembus pandang, resiko terjadinya ledakan akan semakin besar. Oleh karena itu, lebih baik pastikan korek api gas selalu Anda bawa jika keluar dari kabin mobil untuk menghindari resiko ledakan.

 

3. Powerbank

Di jaman digital sekarang ini, powerbank seakan menjadi benda wajib yang selalu dibawa kemanapun untuk menambah daya baterai smartphone atau alat lainnya. Namun, jangan tinggalkan powerbank di dalam mobil dan terkena sinar matahari langsung.

 

Powerbank memiliki baterai jenis lithium-ion dengan lapisan katoda serta anoda yang dapat saling melekat dan menyebabkan ledakan jika terkena panas berlebih, karena panas tersebut dapat membuat baterai mengembang. Pada tingkatan panas tertentu, powerbank akan mencapai titik puncaknya lalu meledak.

 

Jika terjadi, hal ini akan berbahaya bagi orang di sekitarnya dan pastinya akan sangat merugikan. Apalagi jika Anda meninggalkan powerbank yang sedang di-charge pada pemantik api (lighter) di dalam mobil, ini akan lebih berbahaya.

 

Jadi, pastikan Anda menyimpan powerbank di tempat yang aman saat berkendara dan jangan lupa untuk membawanya keluar kabin bersama Anda.

 

4. Kacamata

Ini merupakan hal yang sering tidak disadari oleh pengendara. Biasanya, pengendara sering meletakkan kacamata di atas dashboard mobil. Padahal, kacamata memiliki sifat yang sama dengan kaca pembesar di bagian tertentu yang dapat menciptakan titik api ketika terkena cahaya matahari.

 

Titik api ini dapat menyambar ke bagian lainnya yang mudah terbakar, seperti bahan yang terbuat dari plastik atau karet dan tentunya sangat berbahaya. Nah, jika Anda kurang memperhatikan hal ini, ada baiknya sekarang lebih waspada demi keamanan dan kenyamanan.

 

5. Minuman kemasan plastik

Minuman kemasan plastik juga sering ditinggal oleh pengendara ketika keluar dari kabin mobil. Padahal, meletakkan minuman kemasan plastik di dalam kabin yang tersorot sinar matahari juga berbahaya.

 

Botol kemasan plastik akan menyerap panas yang diberikan oleh sinar matahari. Semakin banyak panas yang diserap, semakin berbahaya efeknya, yaitu dapat menimbulkan letupan atau ledakan.

 

Bukan hanya itu, botol yang sudah terpapar sinar matahari cukup lama akan berbahaya bagi kesehatan karena terdapat dioksin yang dihasilkan dari botol tersebut. Jika terpaksa harus meninggalkan botol kemasan plastik di dalam kabin mobil, letakkan di tempat yang tidak terkena matahari langsung.

 

6. Barang atau benda yang beraroma

Terakhir adalah jangan membawa barang atau benda yang memiliki bau tak sedap ke dalam kabin mobil. Ini dapat membahayakan Anda dan beresiko menimbulkan kecelakaan karena dapat mengganggu konsentrasi ketika berkendara.

 

Lalu, bau tak sedap juga akan membuat Anda tidak nyaman berlama-lama di dalam mobil. Nah, sebaiknya bungkus barang tersebut jika terpaksa harus membawanya. Pastikan Anda membungkusnya dengan rapat sehingga baunya tidak bocor keluar.

 

Untuk itu, selalu perhatikan hal-hal kecil yang dapat mengganggu dan membahayakan Anda saat berkendara. Jangan sampai ada resiko besar yang dapat merugikan Anda serta orang lain.

 

Ingat, kabin merupakan ruangan yang tertutup di dalam mobil. Jangan biarkan kabin Anda menjadi tempat yang justru berbahaya untuk Anda tempati.

Ferdi Julias

SHARE