5 Langkah Modifikasi Mobil Bekas Supaya Tampak Seperti Baru

18 February 2019

Kekurangan utama dari beli mobil bekas adakah tampilannya. Beruntung kini banyak cara untuk modifikasi mobil bekas supaya tampak baru.

Beli mobil bekas bisa menjadi pilihan bagi Anda yang belum punya cukup budget untuk beli mobil baru. Walaupun lebih tricky dalam memilih mobil bekas yang berkualitas baik, Anda sebetulnya bisa mendapat banyak keuntungan dari membeli mobil bekas, lho.

Pertama, jika Anda sedang beruntung, Anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan tahun yang masih baru, kilometer sedikit, dansehingga mobil itu benar-benar terlihat seperti mobil baru. Selain harga yang lebih murah, mobil bekas juga tidak mengalami penyusutan harga yang signifikan jika ingin dijual kembali. Nilai dari selisih membeli mobil bekas pun dapat dimanfaatkan untuk modifikasi supaya tampak baru.

 

Butuh ide untuk modifikasi mobil bekas Anda supaya tampak baru? Ini dia rekomendasi Seva.id.

modifikasi mobil bekas supaya tampak baru

1. Poles

Salah satu musuh utama dari mobil bekas adalah cat bodi-nya yang mulai kusam serta kaca-kaca yang tidak bening lagi.

 

Hal ini bisa saja karena pemilik mobil sebelumnya kerap memarkirkan mobilnya di tempat panas dan tidak langsung dibilas dan lap setelah kena hujan.

 

Jika mendapati keadaan mobil bekas yang seperti itu, cara agar membuatnya tampak baru, Anda dapat melakukan polish atau poles permukaan cat dan kaca.

 

Polish dapat dilakukan sendiri di rumah. Alat dan bahan untuk memoles pun banyak tersedia di pasaran, mulai lap microfiber, mesin poles, cairan poles.

 

Prosesnya mulai dari pencucian menggunakan sampo khusus mobil, keringkan dengan lap chamois, lalu poles bodi dan kaca mobil. Anda juga dapat memoles bagian interior mulai dashboard, plafon, hingga jok. Prosesnya sedikit rumit dan juga memakan waktu yang cukup lama, jadi Anda harus ekstra sabar.

 

Cara yang lebih mudah dan praktis, Anda dapat membawa mobil bekas ke salon mobil untuk perawatan. Prosesnya ada yang instan dalam beberapa jam hingga diinapkan semalam. Biaya pun variatif, mulai Rp500 ribu hingga Rp2 juta, tergantung ukuran mobil serta perawatan yang diinginkan.

 

cat ulang, modifikasi mobil bekas supaya tampak baru 2. Cat ulang

Bila poles tidak membantu, Anda dapat modifikasi mobil bekas supaya tampak baru dengan cat ulang.

 

Dengan cara ini, Anda juga dapat sekalian memperbaiki bagian-bagian mobil yang mulai berkarat dan keropos, sehinga jadi benar-benar seperti baru.

 

Biaya pengecetan bodi mobil berkisar antara Rp3 juta hingga puluhan juta. Tergantung ukuran mobil, kerusakan, perbaikan, serta teknik pengecatan.

 

Setelah pengecatan, untuk melindunginya, Anda dapat melakukan coating atau waxing bodi. Bagi Anda yang masih sedikit bingung, wax tidak sama dengan proses polish. Melakukan wax pada mobil berarti memberikan proteksi untuk mencegah warna cat cepat menjadi pudar.

 

Cairan wax yang dioleskan secara merata pada permukaan mobil, membantu memancarkan warna dan kilap mobil. Selain itu, cairan tersebut pun berfungsi sebagai sun block sehingga mobil yang baru saja dicat tidak mudah kusam.

 

modifikasi mobil bekas supaya tampak baru 3. Ganti tampilan luar

Agar tak terkesan ketinggalan zaman, Anda juga dapat modifikasi mobil bekas supaya tampak baru dengan cara merubah tampilan ekterior.

 

Cara paling banyak dilakukan adalah dengan mengganti velg standar menggunakan velg racing. Pilihan velg racing dengan warna krom akan menambah kesan baru serta stylish pada mobil. Warna lain seperti putih dan hitam pun kerap dijadikan pilihan.

 

Dengan mengganti velg, tampilan mobil jadi berkesan modern dan sporty.

 

Tidak hanya itu, penambahan body kit juga banyak menjadi cara agar mobil bekas supaya tampak baru.

 

Umumnya body kit tambahan ini dipasang sebagai tambahan bumper depan dan belakang, serta samping atau side skirt. Ada pula yang memasang bagian wings pada bagian belakang sehingga mobil tersebut tampak sporty.

 

Supaya tampak modern, ada juga yang mengganti lampu depan serta belakang dengan menggunakan desain yang terbaru pun bisa dilakukan. Penampakan mobil bekas pun bisa mendadak jadi garang dan makin menarik dipandang.

 

jok, modifikasi mobil bekas supaya tampak baru 4. Nyaman di interior

Bila tampilan eksterior dinikmati oleh orang lain, maka modifikasi bagian interior akan lebih dinikmati oleh pemilik mobil.

 

Biasanya modifikasi mobil bekas supaya tampak baru di bagian interior dilakukan dengan mengganti sarung jok dengan bahan kulit sintetik bahkan kulit asli agar terlihat elegan dan premium. Cara ini pun dinilai ampuh untuk menambah kenyamanan Anda berkendara.

 

Bagian lingkar kemudi mobil bekas yang sering aus akibat bergesekan dengan tangan pengemudi juga dapat dilapis kembali menggunakan pilihan dua bahan tersebut.

 

Selain itu, Anda juga dapat mengganti karpet mobil bekas dengan yang baru. Karper mobil bekas biasa sudah usang karena sering terinjak-injak.

 

modifikasi mobil bekas supaya tampak baru 5. Upgrade teknologi

Siapa bilang mobil bekas tidak bisa mengakomodir teknologi terbaru dari mobil masa kini?

 

Mudahnya, Anda dapat meng-upgrade audio head unit dengan yang menggunakan layar sentuh. Selain dapat memutar lagu kesayangan dengan koneksi AUX, USB, atau Bluetooth, audio head unit tersebut pun dapat dihubungkan dengan kamera parkir, teknologi khas mobil zaman now.

 

Selain itu, agar lebih praktis, spion juga bisa dipasangkan perangkat lipat spion otomatis. Untuk pelipatan spion otomatis, mobil bekas cukup dipasangkan motor retractable mirror yang plug and play.

 

Ada juga yang memasang car dashboard camera atau biasa disebut dengan dashcam. Perangkat ini mirip dengan kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV), namun didesain untuk mobil, yaitu untuk merekam kondisi jalanan selama mengemudi. Proses perekaman didesain secara otomatis dan dimulai ketika mobil dinyalakan.

 

Tentunya, dengan perangkat-perangkat tersebut akan terlihat lebih modern dan kekinian.

Nah, tips modifikasi mobil bekas supaya tampak baru ala Seva.id.

 

Setelah tahu, sudah siapkah menyulap mobil bekas Anda supaya tampak baru?

 

Jadi, jangan takut atau gengsi beli mobil bekas!

Arris Riehady

SHARE