3 Cara Mengatasi Mobil Mogok

12 December 2018

Berbeda dengan rem mobil, masalah yang dialami oleh mesin mobil dapat menyebabkan gangguan ketika berkendara. Mobil mogok adalah gangguan yang paling umum dialami oleh para pengendara mobil ketika ada masalah pada mesin mobil. Jika pengendara tahu cara mematikan mesin mobil yang tepat, tentunya masalah ini dapat dihindari. Namun jika sudah terlanjur terjadi, pengetahuan mengenai cara memperbaiki mobil mogok akan sangat berguna.

 

Jika Anda sedang berkendara kemudian tiba-tiba mobil Anda mogok, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah jangan panik. Kemudian, Anda harus tenang dan mulailah untuk mendorong mobil Anda ke pinggir atau bahu jalan, agar tidak mengganggu kendaraan lain yang sedang melintas. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi mobil mogok yang bisa Anda jadikan referensi saat mobil Anda mogok di jalan:

Memeriksa Starter dan Baterai

Salah satu cara mengatasi mobil mogok adalah dengan selalu memeriksa starter dan baterai kendaraan Anda. Ketika menyalakan mesin starter, cobalah untuk mendengarkan suara mesinnya. Jika suara mesin sama sekali tidak terdengar, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah karena baterai yang mati.

 

Jika suara yang didengar adalah suara “klik”, penyebabnya mungkin karena starter tidak memiliki cukup tenaga untuk menyala. Usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi baterai yang mati adalah dengan memeriksa sambungan baterai atau battery terminal. Caranya dengan membuka kap mobil dan memeriksa sambungan baterai dengan mesin.

 

Terdapat dua sambungan yaitu positif dan negatif. Agar keduanya dapat menghantarkan listrik dengan baik, maka logam yang ada pada kedua sambungan tersebut harus bersih dari debu maupun karat. Anda dapat membersihkan logam tersebut dengan sikat gigi untuk menghilangkan debu dan karat yang menempel.

 

Memastikan Bahan Bakar Mobil Sudah Terisi Penuh

Salah satu cara mengatasi mobil mogok adalah dengan selalu memastikan bahan bakar mobil Anda. Bahan bakar yang nyaris habis atau bahkan habis sama sekali juga dapat menyebabkan mobil mogok. Solusinya adalah dengan mengisi bahan bakar mobil Anda di pom bensin terdekat.

 

Jika Anda mulai merasa mobil berjalan dengan tersendat-sendat, padahal gas sudah diinjak dengan kecepatan yang konstan, maka Anda patut waspada bahwa bahan bakar mobil akan segera habis. Ini juga merupakan pertanda bahan bakar mobil yang tidak tersalurkan dengan baik.

 

Kemudian endapan bahan bakar juga bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa dinyalakan. Jika terjadi tumpukan endapan bahan bakar pada penyaring bahan bakar atau fuel filter, maka kemungkinan jalan bahan bakar akan terhambat dan tidak bisa mencapai tempat pembakaran. Solusinya adalah dengan mendiamkan mobil Anda selama 20 menit, untuk menghilangkan endapan yang menyumbat penyaring bahan bakar.

 

Namun, jika penyaring masih juga tertutup oleh endapan yang tebal, solusi satu-satunya adalah dengan mengganti penyaring yang lama dengan yang baru.

 

Memeriksa Sistem Pembakaran

Salah satu cara mengatasi mobil mogok adalah memeriksa sistem pembakaran. Mengetahui ada atau tidaknya masalah pada sistem pembakaran dapat membantu dalam mengetahui penyebab mobil Anda mogok. Caranya adalah dengan memeriksa dan mengamati busi mobil yang mogok.

 

Jika warnanya abu-abu, maka tidak ada masalah dengan busi mobil. Jika hitam, berarti bahan bakar yang masuk ke dalam mesin terlalu banyak. Jika busi terbakar atau bahkan meleleh, menAndakan mesin mengalami kelebihan panas atau overheat.

 

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengganti busi yang terbakar atau meleleh tadi dengan yang baru. Pemeriksaan terhadap kabel busi juga perlu dilakukan. Hal ini untuk memastikan kalau kabel busi dapat mengalirkan listrik dengan baik.

 

Itulah beberapa cara mengatasi mobil mogok yang Anda bisa jadikan referensi ketika Anda mengalami mobil mogok. Mobil mogok memang masalah yang sering membuat panik saat berkendara. Anda bisa menggunakan beberapa cara diatas saat mobil Anda mogok, namun jika beberapa cara di atas tidak berfungsi Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel.

Aulia Riski Chandra

SHARE