Yuk, Kenali Perbedaan Overhaul dan Tune Up Mesin Mobil

Sebelum melakukan perawatan berskala besar pada mobil, kenali dulu perbedaan overhaul dan tune up mesin, yuk.

Joy Experience BMW

Mesin mobil memiliki batas dan masa pakainya. Lama kelamaan komponen-komponen yang ada di dalam mesin akan mengalami penurunan performa. Jika tidak segera diperbaiki atau diganti, kerusakan komponen mesin akan merembet ke komponen lainnya.

Ada dua cara yang biasa dilakukan pemilik mobil untuk mengembalikan mesin mobil ke performa yang maksimal, yakni overhaul dan tune up mesin.

Namun, sebelum melakukan salah satu dari keduanya, yuk ketahui perbedaan overhaul dan tune up mesin.perbedaan overhaul dan tune up

Overhaul

Overhaul dalam bahasa bengkel lebih dikenal dengan turun mesin atau belah mesin. Secara umum, overhaul terbagi menjadi dua, yaitu pembongkaran mesin secara total dan semi.

Proses pembongkaran mesin secara secara total ini meliputi perbaikan pada kepala silinder, blok silinder, transmisi, radiator, ruang bakar, dan bagian lainnya.

Baca juga: Cara Merawat Radiator Mobil Agar Suhu Mesin Tetap Ideal

Sedangkan, semi overhaul merupakan pembongkaran pada sebagian mesin. Biasanya, pembongkaran terjadi hanya pada bagian kepala silinder saja tanpa membongkar blok silinder.

Tujuan overhaul adalah untuk membersihkan bagian ruang bakar dari sisa-sisa karbon, mengatur ulang dudukan katup atau klep, melakukan pemeriksaan komponen di dalam mesin, dan mengembalikan performa mesin.

Ada beberapa tanda yang dapat dilihat jika mobil perlu melakukan overhaul, misalnya adalah keluar asap putih pekat dari knalpot yang menandakan ada kerusakan pada bagian piston.

perbedaan overhaul dan tune up

Selanjutnya, suhu mesin yang selalu naik atau tinggi, air radiator yang kerap berkurang drastis, air radiator berminyak karena tercampur oli, atau kepala busi yang selalu basah karena oli.

Bukan hanya sektor mesin dan transmisi saja yang bisa mengalami overhaul, melainkan juga sektor lainnya, seperti gardan, sistem pengereman, dan lain-lain.

Baca juga: Kesalahan yang Bikin Rusak Mesin dan Boros BBM Mobil Manual

Oleh karena itu, biaya overhaul mobil tidak bisa diprediksi secara tepat, kisarannya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Begitupun dengan pengukuran overhaul dan kapan waktu yang tepat, itu tergantung dari perawatan yang dilakukan oleh pemilik mobil.

perbedaan overhaul dan tune up

Tune up

Tune up merupakan salah satu cara mengembalikan performa mesin mobil seperti semula tanpa harus membongkarnya secara total, hanya ada beberapa bagian komponen yang diperiksa. Ini yang menjadi perbedaan overhaul dan tune up mesin.

Untuk mobil modern yang sudah dengan sistem komputasi, proses tune up biasanya lebih simple.

Mekanik cukup membaca data komponen mobil yang perlu di tune up dari Engine Control Unit (ECU) pada mobil untuk mengetahui komponen yang perlu perawatan atau penggantian.

Baca juga: Berapa Biaya Perawatan Berkala Mobil di Bengkel Resmi?

Bisa dibilang, ECU adalah otak pada mobil yang berfungsi mengatur berbagai sistem, mulai buka tutup katup mesin, injektor, busi, aki, radiator, sampai dengan identifikasi kunci mobil dan alarm.

perbedaan overhaul dan tune up

Dengan melakukan tune up, kamu sebagai pemilik mobil akan tahu lebih awal komponen mesin yang mengalami kerusakan dan harus diganti, sehingga tidak makin parah dan merembet ke komponen lain serta mencegah agar mobil tidak harus turun mesin.

Tune up mobil modern biasanya akan dijadwalkan saat kamu melakukan servis berkala di bengkel resmi.

Ada juga beberapa komponen yang akan diperiksa secara manual oleh mekanik saat tune up, seperti filter udara, sistem injeksi, busi dan kabelnya, aki, van belt, rem, dan sebagainya.

Baca juga: Campur BBM Beda Oktan, Ini Dampaknya Bagi Mesin Mobil

pilih mekanik sendiri

Itulah perbedaan overhaul dan tune up mesin. Untuk itu, lebih baik mencegah daripada mengobati. Daripada kerusakan mesin mobil semakin parah, ada baiknya kamu melakukan tune up mobil minimal enam bulan sekali.

Tidak perlu repot, agar lebih mudah untuk tune up, kamu bisa membawa mobilmu ke bengkel resmi atau lakukan Home Service yang tersedia di fitur Booking Service Seva.id.

Layanan Home Service Seva.id bakal #BikinKamuSiap merawat mobil kapanpun. Untuk itu, jangan lupa kunjungi Seva.id ya.