Xenia Baru Bakal Upgrade Fitur Safety, Apa Saja Ubahannya?

Bakal meluncur pada 11 November 2021, selain fitur safety yang lebih advance, ini dia upgrade fitur yang bakal ada di Xenia baru.

Xenia baru

Kabarnya, All New Daihatsu Xenia dipastikan bakal meluncur pada 11 November 2021. Tepatnya sehari setelah peluncuran saudara kembarnya, All New Toyota Avanza.

Peluncuran Daihatsu Xenia sendiri akan dilakukan secara virtual dan perdana mengaspal di hari pertama Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2021.

Baca juga: Harga Bekas Daihatsu Terios dan Daihatsu Xenia, Berkualitas!

Rencananya, Xenia baru akan dipasarkan dengan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) mulai dari Rp 135 juta untuk varian 1.3 M sampai Rp 172 juta untuk varian 1.5 R CVT ASA.

Berdasarkan bocoran yang beredar, Xenia baru bakal upgrade dari segi fitur keselamatannya. Penasaran bakal ada perubahan apa saja di All New Xenia? Berikut beberapa bocorannya serta perbandingannya dengan Grand New Xenia.

Perubahan besar di eksterior

Apabila melihat foto bocoran yang beredar, tampilan eksterior dari Xenia generasi terbaru tampaknya ada perubahan besar-besaran. Tampilannya tak lagi seperti Xenia yang sudah ada sekarang.

Dari bagian depan, Xenia baru punya desain grille model jaring yang mirip dengan Daihatsu Rocky, dan bagian lampu depan LED dengan model yang lebih tipis. Lalu, untuk panjang mobil kurang lebih mirip dengan Daihatsu Sigra.

Baca juga: Duet 2 MPV Premium Terbaru 2021, Berserakan Fitur Canggih!

Sedangkan bagian interiornya belum ada bocoran pasti. Namun, fitur interior pada Grand New Xenia sudah cukup lengkap.

Grand New Xenia sudah dilengkapi Audio Steering Switch, pengaturan AC digital, 2 DIN Touchscreen, 12 V Power Outlet, Window Jam Protection, serta bagasi yang luas.

Spesifikasi mesin

MPV sejuta umat ini kabarnya akan hadir dengan transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) untuk varian matiknya. Sementara pilihan spesifikasi mesinnya masih sama seperti Grand New Xenia, yaitu 1.300 cc dan 1.500 cc.

Lalu, dari sistem penggeraknya dikabarkan pada Xenia baru akan ada perubahan dari rear wheel drive (RWD) atau penggerak belakang menjadi front wheel drive (FWD).

Baca juga: Rekomendasi MPV Berkabin Luas Bekas Harga Rp 100 jutaan

Kelebihan mobil FWD ada pada traksinya yang baik. Cengkraman ban depan di depan lebih baik dikarenakan tenaga mesin yang disalurkan ke roda depan mobil.

Hal tersebut juga membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih efisien. Namun, dari segi handling terutama pada kecepatan tinggi tidak sebaik mobil RWD.

Pada mobil RWD, tenaga mobil yang disalurkan ke roda belakang membuat mobil mampu memiliki keseimbangan beban di bagian belakang dan depan sehingga handling-nya baik dan mampu menyesuaikan dengan medan jalan.

Fitur keselamatan ASA

Untuk fitur keselamatan Xenia baru, bocorannya mobil ini akan dibekali fitur Advanced Safety Assist (ASA), yang mana fitur ini sudah disematkan lebih dulu di Daihatsu Rocky.

Dalam ASA, terdapat enam fitur keselamatan dengan fungsi berbeda-beda yang dapat membantu pengemudi agar tetap aman berkendara.

Pertama, ada Pre Collision Warning dan Pre Collision Braking yang fungsinya mencegah benturan dari depan dengan cara mengaktifkan rem darurat secara otomatis.

Baca juga: Harga MPV Murah Favorit Masyarakat Indonesia

Pengemudi akan mendapat peringatan untuk menurunkan kecepatan apabila ada potensi benturan di depan. Kemudian ada Pedal Misoperation Control dan Front Departure Alert yang berfungsi menghindari insiden saat parkir.

Fitur tersebut akan mengamankan pedal gas yang bisa jadi terinjak secara tidak sengaja saat mobil berhenti. Namun, apabila gas tetap terinjak, mobil akan mendeteksi objek di depan sehingga bisa berhenti sebelum benturan.

Terakhir, ada Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention yang berfungsi menjaga mobil tetap di lajur. Setir akan memberi alarm peringatan dan memberikan perlawanan saat mobil keluar marka jalan.

Sementara fitur keselamatan pada Grand New Xenia dilengkapi dengan Dual SRS Airbag, Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), sensor parkir belakang serta Immobilizer.

Bisa dikatakan fitur keselamatan pada Xenia generasi terbaru terdapat upgrade yang signifikan.

Baca juga: Deretan Mobil Baru di GIIAS 2021, Ada Apa Saja?

Grand New Xenia sebenarnya sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan standar yang ada pada mobil. Selain itu, sistem penggerak RWD pada mobil tersebut juga memungkinkan mobil untuk melaju di berbagai medan jalan.

Jadi, Xenia lama sebenarnya masih worth it untuk kamu beli. Kira-kira fitur apa sih yang perlu ada di Xenia baru nanti?

Kalau ingin beli mobil baru, langsung cek di Seva.id aja! Dijamin terpercaya!

Seva.id