Search Cars

Review Otomotif

Warna Mobil Paling Favorit di Dunia dan Cara Merawatnya

Ternyata bukan hitam, ini dia warna mobil paling favorit di dunia. Kenali juga cara merawatnya, yuk.

warna mobil paling favorit

Pertimbangan dalam membeli mobil tidak hanya dari merek dan jenis saja, tetap ada juga harga, performa mesin, dan warna yang menjadi estetikanya.

Pasalnya, warna kini jadi salah satu faktor penentu ketika ingin membeli atau memiliki sebuah mobil. Warna mobil yang dipilih ternyata dapat menunjukkan ciri kepribadian dan gaya hidup pemiliknya.

Dikatakan oleh Angela Wright dalam buku The Beginner Guide to Colour Psychology, bahwa seseorang yang membeli mobil cenderung mempertimbangkan warna, dan warna yang dipilih tersebut dapat mencerminkan karakter para pembelinya.

Tapi apakah kamu tahu warna mobil paling favorit di dunia? Bukan hitam jawabannya.

Warna mobil paling favorit di dunia

Pada tahun 2019 lalu, sebuah perusahaan pelapis cat di Amerika Serikat, Axalta, mengklaim telah melakukan penelitian soal warna mobil paling favorit di dunia.

Baca juga: Warna Juga Menjadi Faktor Penentu Harga Jual Mobil Bekas Loh

Dari penelitian tersebut didapatkan hasil, ternyata warna mobil paling favorit di dunia adalah warna putih.

Pada tahun tersebut, 38 persen mobil di seluruh dunia didominasi warna putih dan membuatnya jadi warna paling dominan dalam penjualan mobil 10 tahun terakhir.

Posisi kedua warna mobil paling favorit baru diduduki oleh warna hitam dengan total 19 persen penjualan, dan diikuti warna abu-abu dengan 13 persen.

Selanjutnya, warna silver (10 persen), biru (7 persen), merah (6 persen), cokelat (3 persen), kuning (2 persen), dan warna lainnya (1 persen).

Sementara di Asia, mobil warna putih, lebih spesifik pearl white, menjadi warna mobil paling favorit. Putih menduduki angka penjualan 49 persen.

taksi online atau sewa mobil

Karakter mobil warna putih

Sebagai warna mobil paling favorit di dunia, putih sering menjadi ikon atas kebersihan dan kepribadian yang sederhana. Warna putih dipercaya mampu menimbulkan kesan kejujuran yang tulus.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED serta Regulasinya

Bila mobil dengan warna putih dikemudikan oleh seorang perempuan, kesan jujur dan sederhana dapat menjadi kombinasi yang memunculkan sisi keanggunan, kedisiplinan, dan teratur.

Selain itu, pengemudi yang menggunakan mobil berwarna putih dapat dikatakan sebagai seorang yang perhatian. Mereka sangat berhati-hati terhadap kebersihan mobilnya. Bila mobilnya kotor, mereka secara konsisten membersihkan mobil tersebut.

Jadi, jangan heran kalau pemilik mobil berwarna putih cenderung teliti dan konsisten dalam menjalani kehidupannya.

cara coating mobil sendiri

Merawat mobil warna putih

Meski menjadi warna mobil paling favorit, ternyata warna putih pada mobil juga menjadi yang paling rentan.

Baca juga: Kenapa Warna Cat Mobil Menguning? Ini Penyebab dan Solusinya

Bila pemiliknya tidak telaten merawat mobil warna putih, lama kelamaan warna tersebut dapat menguning akibat oksidasi, paparan sinar matahari, kotoran seperti bekas sabun, cipratan air di jalan, debu yang lengket, dan lain-lain.

Hal mudah untuk merawat mobil warna putih adalah rajin mencucinya dan mengeringkan dengan benar.

Cuci mobil warna putih dengan shampo khusus mobil ber-pH balance mendekati 7 sebelum jam 8 pagi atau setelah jam 5 sore untuk menghindari sinar matahari langsung.

Sinar matahari dapat membuat sisa air cucian yang mengandung busa sabun cepat mengering sehingga menimbulkan kerak pada cat mobil.

Langkah-langkah mencuci mobil

Cuci mobil dari bagian atas ke bawah, lalu bilas dengan air bersih yang tidak banyak mengandung garam atau zat besi yang dapat menyebabkan karat.

Baca juga: Tips Memilih Warna Lensa Kacamata untuk Mengemudi

Setelahnya, keringkan seluruh bodi mobil dengan kain lembut berdaya serap tinggi hingga benar-benar kering untuk mencegah jamur.

Selain itu, secara rutin, gunakan wax untuk merawat mobil warna putih. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menggunakan spon khusus untuk membalurkan wax ke seluruh bodi mobil.

Kamu juga dapat menambahkan nano ceramic coating pada permukaan bodi mobil yang sudah diberi wax untuk memberikan proteksi pada cat dari sinar ultra violet, sehingga warna kinclong mobil dapat bertahan lebih lama.

Sebenarnya, cara perawatan di atas tidak hanya berlaku untuk mobil warna putih saja. lho. Cara tersebut bisa diaplikasikan pada mobil warna apapun.

Jadi, apapun warna mobil favorit, rawat catnya secara berkala agar tidak menganggu penampilan mobil.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.