Search Cars

Tips & Rekomendasi

Velg Mobil Penyok, Mending Reparasi atau Beli Velg Baru?

Velg adalah salah satu komponen mobil yang sering mengalami kerusakan. Lalu, jika velg mobil penyok, apa solusinya?

velg mobil penyok

Komponen kaki-kaki pada mobil beresiko rusak karena fungsinya yang harus menopang mobil. Salah satu yang sering terjadi adalah velg mobil penyok.

Lantas, bila velg mobil penyok, mana yang lebih baik, direparasi atau ganti baru?

Jika kerusakannya tergolong ringan, seperti munculnya baret pada permukaan velg, kamu bisa melakukan reparasi. Sebab dari segi performa, velg masih bisa bekerja dengan baik, hanya tampilannya saja yang berubah.

Sementara, apabila velg mobil penyok atau peyang, sebaiknya dibawa ke bengkel spesialis press velg yang terpercaya bila ingin melakukan reparasi.

Namun sebenarnya, velg mobil yang penyok atau peyang juga tidak cukup diperbaiki dengan press saja, melainkan butuh dibubut dan dipapas agar kondisinya tetap simetris.

Baca juga: Hal yang Menyebabkan Setir Mobil Berbunyi Saat Belok

Lain hal jika velg mobil sudah pecah, sebaiknya langsung ganti dengan velg baru agar kondisinya tetap prima dan seimbang dengan velg lainnya.

Sebab, sebaik apapun velg yang sudah diperbaiki, tidak disarankan untuk dipakai terlalu lama karena kekuatannya akan jauh berbeda dengan sebelumnya.

Maka dari itu, lebih baik mencegah kerusakan daripada harus merogoh kocek dalam-dalam untuk melakukan reparasi atau mengganti velg mobil dengan yang baru.

Baca juga: Ini Penyebab Mobil Susah Distarter Saat Pagi Hari

Nah, untuk menghindarinya, yuk simak beberapa penyebab velg mobil penyok berikut ini.

Sering melewati jalan rusak

Sebaiknya jangan menganggap remeh jalan rusak yang berlubang dan berbatu, apalagi bila sampai menghantam keras.

Baca juga: Cara Merawat Kaca Mobil Agar Terhindar dari Jamur dan Baret

Pasalnya, melewati jalanan rusak tidak hanya membuat velg mobil penyok, namun juga bisa membuatnya bengkok dan pecah. Terlebih jika kamu menggunakan profil ban tipis.

letak ban serep

Ban tidak sesuai

Penyebab velg mobil penyok berikutnya adalah menggunakan ban yang tidak sesuai dengan karakter velg.

Pasalnya, penggunaan ban dengan profil yang tidak sesuai dengan karakter velg berpotensi menimbulkan kerusakan pada velg mobil.

Baca juga: Bisakah Pasang Defogger Sendiri di Kaca Belakang Mobil?

Oleh karena itu, pemilik mobil dianjurkan untuk mengikuti spesifikasi bawaan pabrik saat ingin mengganti ban. 

Tekanan angin

Terakhir, tekanan angin juga bisa menjadi penyebab velg mobil penyok. Memaksakan berkendara menggunakan ban yang kurang angin bisa memperparah keadaan apabila tidak sengaja menghantam lubang. 

Sebab, volume udara di dalam ban tidak cukup untuk menahan benturan. Selain itu, mengisi tekanan angin secara berlebihan juga tidak disarankan.

Sebab, tekanan angin yang berlebih akan membuat bantingan lebih terasa karena dinding ban samping menjadi lebih kaku.

Jadi, sebelum melakukan perjalanan, pastikan kondisi mobil dalam keadaan prima sehingga terhindar dari resiko kerusakan.

Velg mobil penyok memang mengganggu kenyamanan berkendara. Untuk itu, ketika membeli mobil bekas, jangan lupa untuk mengecek bagian kaki-kaki sebelum membawanya ke garasi.

Atau, apabila ingin mobil bekas berkualitas tanpa harus mengeceknya kembali, kamu bisa kunjungi Pilihan Expert Seva.id.

Semua mobil bekas yang ada di Pilihan Expert sudah dijamin bebas banjir, bebas tabrak, odometer asli, dokumen kendaraan lengkap, dan lain sebagainya. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi saat membelinya.

Mau beli mobil bekas berkualitas? Langsung kunjungi Pilihan Expert Seva.id sekarang ya.

Pilihan Expert

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.