Valentino Rossi Pensiun, Sirkuit Mandalika Hampir Selesai

Pengumuman Valentino Rossi pensiun bersamaan dengan kabar pembangunan Sirkuit Mandalika sudah 89%. Bagaimana perkembangannya?

Sirkuit Mandalika

Ada dua kabar berlawanan dari ajang balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP. Pertama, pengumuman Valentino Rossi pensiun yang mengagetkan, dan kedua adalah pembangunan Sirkuit Mandalika yang hampir rampung.

Otomatis, bila Mandalika menggelar MotoGP 2022, Valentino Rossi yang sudah pensiun tidak akan menjajal balapan di sirkuit ini.

Dengan begitu, pupus sudah harapan para penggemar MotoGP untuk melihat aksi Valentino Rossi di sirkuit kebanggaan Indonesia ini.

Baca juga: Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP, Apa Rencana Setelahnya?

Sirkuit Mandalika atau yang memiliki nama Sirkuit Internasional Mandalika terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK Mandalika) di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pembangunan Sirkuit Mandalika ditargetkan rampung pada 2020 lalu, namun karena beberapa rintangan harus tertunda.

Bahkan, harusnya sirkuit dengan panjang 4,31 kilometer dan 17 tikungan tersebut tadinya juga dijadwalkan menjadi tuan rumah ajang balap MotoGP musim 2021.

Dorna sebagai penyelenggara MotoGP melalui situs resmi MotoGP sebelumnya telah memasukkan Sirkuit Mandalika di urutan ke-15, setelah MotoGP Thailand dan sebelum MotoGP Argentina.

Namun, akhirnya juga tertunda karena pandemi corona.

Baca juga: Jajaran Mobil BMW yang Mengawal MotoGP, Apa Saja Serinya?

Tidak hanya MotoGP, Sirkuit Mandalika juga resmi masuk dalam kalender sementara jadwal Motul FIM World Superbike Championship (WSBK) musim 2021.

Balap WSBK yang tadinya akan digelar pada tanggal 12-14 November 2021 harus ditunda hingga Maret 2022.

Selain menjadi ajang tempat diselenggarakannya berbagai ajang balap berkelas internasional, Sirkuit Mandalika memiliki misi untuk memperkenalkan potensi pariwisata NTB pada dunia.

Mandalika merupakan daerah pariwisata yang dikelilingi bukit dan pemandangan laut biru.

Baca juga: Perjalanan Karir Pol Espargaro Sampai Direkrut Repsol Honda

Mulai dibangun sejak Oktober 2019, lantas, bagaimana perkembangan Sirkuit Mandalika sekarang?

Sirkuit Mandalika

Valentino Rossi pensiun, Sirkuit Mandalika sudah 89 persen lebih

Dikutip dari @themandalikagp, akun resmi Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai promotor MotoGP dan WSBK untuk Sirkuit Mandalika, pembangunannya sudah menyentuh angka lebih dari 80 persen.

Dalam update pada tanggal 28 Juli 2021 lalu tertulis, sampai di penghujung bulan Juli 2021 ini, progress keseluruhan pekerjaan di Sirkuit Mandalika sudah mencapai 89,12 persen.

Baca juga: Koleksi Mobil Valentino Rossi, Ternyata ada Mobil Van

Angka perkembangan ini adalah untuk keseluruhan yang dilihat dari pekerjaan trek dan pekerjaan bangunan fasilitas pendukung di dalam trek.

Lebih lanjut, untuk pekerjaan trek terutama pada pengaspalan, bagian track lane sudah mencapai 68 persen, outer dan inner service road 98 persen, serta run-off aspal mencapai 22 persen.

Kemudian, ada pekerjaan trek selain pengaspalan, antara lain run off gravel yang sudah mencapai 99 persen dan run off grass 98 persen.

Pembangunan aspal akan berlanjut ke proses pemasangan lapisan terakhir. Proses itu akan berlanjut ke tahap homologasi.

Homologasi Sirkuit Mandalika yang akan dilakukan oleh pihak FIM dan Dorna akan berlangsung pada akhir Juli hingga awal Agustus 2021.

Baca juga: Lionel Messi Tinggalkan Barcelona, Bikin Keuangan Klub Membaik?

Homologasi Sirkuti Mandalika juga akan dilakukan dalam beberapa tahap dan sudah berlangsung sejak April 2021 lalu.

https://www.instagram.com/p/CR8hk7ipY8M/

Medical center dan helipad

Fasilitas pendukung di dalam trek yang sudah diselesaikan oleh MGPA adalah bangunan medical center dan helipad, tempat helikopter lepas landas serta mendarat.

MGPA mengatakan, jika pembangunan medical center untuk kegiatan medis selama digelarnya ajang balap ini selesai dibangun dalam waktu satu bulan saja.

Baca juga: 6 Penginapan Eksotik untuk Berbulan Madu di Lombok

Nantinya, semua peralatan medis di dalam medical center ini akan disiapkan oleh Kementerian Kesehatan RI dan peralatan-peralatan tersebut wajib terstandarisasi oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM).

Tidak hanya peralatan, FIM akan bekerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Kementerian Kesehatan RI yang akan melakukan pelatihan standar untuk tenaga medis.

Tenaga medis diprioritaskan bagi yang berdomisili NTB, tetapi tidak menutup kemungkinan bagi tenaga medis di daerah lain untuk dapat mengikuti seleksi.

Kualitas tenaga medis adalah hal yang paling penting dalam mendukung Medical Center di sirkuit Mandalika.

Sirkuit Mandalika

Jalan Bypass

Fasilitas pendukung Sirkuit Mandalika juga sedang dikebut pengerjaannya. Salah satunya adalah mempercepat pengerjaan Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) yang menyambung ke Kawasan Pariwisata Mandalika.

Baca juga: 5 Tempat Paling Romantis di Lombok untuk Menyatakan Cinta

Proses pembangunan Jalan Bypass sudah rampung sekitar 81,17 persen dan ditargetkan selesai pada September 2021 nanti.

Jalan ini memiliki panjang 17,36 kilometer dan akan memperlancar konektivitas antara BIL dan Sirkuit Mandalika.

Nantinya dari BIL ke Sirkuit Mandalika atau sebaliknya hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja.

Jalan Bypass menghubungkan Tanak Awu-Sengkol sepanjang 5,03 kilometer dan Sengkol-Kuta sepanjang 10,79 kilometer dengan 12 overpass, 1 jembatan, dan 3 jembatan penyebrangan orang (JPO).

Baca juga: Mengenal Bau Nyale, Festival di Lombok soal Cacing Jelmaan Putri

Sirkuit Mandalika menjadi yang pertama memadukan konsep sirkuit jalan raya dengan permanen. Jadi tidak sabar ya menantikan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP 2022, namun tanpa Valentino Rossi.