Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP, Apa Rencana Setelahnya?

Kabar mengejutkan, Valentino Rossi pensiun dari MotoGP. Apa yang akan dilakukan setelah ini?

Valentino Rossi pensiun dari Motogp

Kabar Valentino Rossi pensiun dari MotoGP disampaikan sendiri oleh rider berusia 42 tahun itu saat menggelar konferensi pers pada Kamis (5/8) malam, menjelang MotoGP Styria 2021 yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Austria.

“Saya mengatakan saya akan mengambil keputusan soal tahun depan setelah libur musim panas, dan saya putuskan untuk berhenti pada akhir musim ini,” kata Rossi dikutip dari MotoGP.com.

“Sayangnya, ini akan menjadi setengah musim terakhir saya sebagai pebalap MotoGP. Ini sulit, ini momen yang sangat menyedihkan karena sulit untuk mengatakan dan mengetahui bahwa tahun depan saya tidak akan balapan dengan motor,” lanjutnya.

Baca juga: Valentino Rossi Pensiun, Sirkuit Mandalika Hampir Selesai

Valentino Rossi pensiun dari MotoGP usai melakoni karirnya sebagai pembalap selama 30 tahun. Tidak heran bila ia menorehkan rekor yang akan sulit dilampaui oleh pembalap-pembalap lain.

Valentino Rossi pensiun

Rekor Valentino Rossi di MotoGP

Selama menjadi pembalap MotoGP, sudah banyak prestasi yang Valentino Rossi torehkan. Rider asal Italia ini sudah merengkuh sembilan kali gelar juara dunia di berbagai kelas MotoGP.

Dua gelar juara dunia disabet The Doctor, julukan Valentino Rossi, di kelas 125cc pada tahun 1997 dan kelas 250cc pada tahun 1999.

Baca juga: Koleksi Mobil Valentino Rossi, Ternyata ada Mobil Van

Lalu tujuh gelar sisanya berhasil ia kumpulkan di kasta MotoGP bersama dua tim pabrikan yang berbeda, Honda dan Yamaha.

Bahkan bersama Honda, Valentino Berhasil menjadi juara dunia MotoGP secara beruntun tiga kali pada tahun 2001, 2002, dan 2003.

Setelah itu, bersama Yamaha, ia juga mengantongi juara dunia MotoGP pada tahun 2004, 2005, 2008, dan 2009.

Valentino Rossi juga tercatat sebagai pembalap yang secara maraton berkompetisi selama 26 musim.

Baca juga: Lionel Messi Tinggalkan Barcelona, Bikin Keuangan Klub Membaik?

Pada kelas MotoGP, ada beberapa rekor Valentino Rossi yang semakin menancapkan tajinya sebagai seorang legenda balap motor.

Valentino Rossi pensiun

Hingga kini, ia menjadi satu-satunya pembalap yang mampu meraih lima gelar juara dunia MotoGP secara beruntun di atas dua motor yang berbeda tim dan pabrikan.

Baca juga: Usik Rekor Rossi, Marc Marquez Juara Dunia Delapan Kali

Dalam perburuan gelar juara dunia tersebut, Rossi tercatat memiliki rekor podium terbanyak di kelas tertinggi dengan 199.

Jumlah tersebut mengalahkan Jorge Lorenzo dengan 114 podium dan Dani Pedrosa dengan 112 podium.

Selain itu, Rossi juga mencatatkan 76 lap tercepat di kelas MotoGP, berada di depan Giacomo Agostini dengan torehan 69 lap dan Marc Marquez dengan 57 lap.

Total selama balap di MotoGP ia sudah mengantongi 5.372 poin. Bahkan Marc Marquez saja hingga saat ini baru mengantongi 2.275 poin.

Valentino Rossi pensiun

Rencana masa depan Valentino Rossi usai pensiun

Valentino Rossi pensiun dari MotoGP dengan banyak peninggalan di ajang balap yang membesarkan namanya.

Salah satunya ia mendirikan sekolah balap VR46 Riders Academy pada tahun 2013 lalu di kampung halamannya, Italia.

“Tahun depan, hidup saya akan berubah. Namun, itu luar biasa, saya sangat menikmatinya. Ini adalah perjalanan yang sangat panjang dan sangat menyenangkan,” kata Valentino Rossi saat konferensi pers.

Baca juga: Perjalanan Karir Pol Espargaro Sampai Direkrut Repsol Honda

Jebolan VR46 Riders Academy sudah keliatan hasilnya hingga kelas MotoGP, seperti Francesco Bagnaia yang menunggangi motor dari Pramac Ducati dan Franco Morbidelli yang bergabung bersama Petronas Yamaha SRT.

Selain itu, Valentino Rossi juga membentuk tim balap Sky Racing Team VR46 yang memulai debutnya di kelas Moto 3 pada tahun 2014, kemudian masuk ke kelas Moto 2 pada tahun 2017.

Baca juga: Selain MotoGP dan F1, Ini Balapan Ekstrim yang Jarang Diketahui

Setelah Valentino Rossi pensiun, saat ini ia juga sedang berusaha agar Sky Racing Team VR46 dapat berkompetisi di kelas MotoGP pada tahun 2022 nanti.

Valentino Rossi pensiun

Rencana lain yang akan dilakukan setelah Valentino Rossi pensiun dari MotoGP adalah ingin balapan di atas kendaraan roda empat.

“Saya selalu berkata ketika selesai di MotoGP, saya ingin balapan dengan mobil,” kata Valentino Rossi dikutip dari motorsport.com.

Lanjutnya, ia mengaku memiliki pengalaman dan fanatik dengan balap reli, tetapi juga punya pengalaman di GT3 dengan berbagai mobil seperti Ferrari, Porche, Bentley, hingga Aston Martin.

Ia juga berharap dapat mengikuti perlombaan balap mobil ketahanan 24 jam.

Baca juga: Jajaran Mobil BMW yang Mengawal MotoGP, Apa Saja Serinya?

Namun hingga kini belum diputuskan apa yang akan dilakukan Valentino Rossi pasca pensiun. Menarik untuk ditunggu kelanjutannya!