Search Cars

Otomotif

Unitnya Terbatas, Kini Toyota GR Yaris Sudah Bisa Dipesan

Versi kencang yang terinpirasi ajang WRC akhirnya hadir di Indonesia. Yuk segera pesan Toyota GR Yaris, unitnya terbatas! Berapa harganya?

Toyota GR Yaris

Dikembangkan langsung oleh Toyota Gazoo Racing berdasarkan pengalaman dan pengetahuan Toyota dari berbagai ajang balap reli dunia untuk memenangkan ajang World Rally Championship (WRC), pure sport model Toyota GR Yaris akan segera mengaspal di Indonesia.

Seperti diketahui, Toyota GR Yaris adalah produk global yang dibangun dengan tujuan utama untuk membuat ever-better car berdasarkan filosofi refine people and refine cars.

Baca juga: GRMN, Mobil Berperforma Tinggi Racikan Toyota Gazoo Racing

Selain itu, Toyota GR Yaris dikembangkan oleh Toyota Gazoo Racing melalui kerja sama dengan pengemudi profesional di berbagai jalan di seluruh dunia.

Dalam setiap tahap pengembangannya, pengemudi profesional termasuk Akio Toyoda sebagai Toyota Master Driver, secara konsisten memberikan umpan balik untuk dapat menghasilkan performa berkendara terbaik.

Baca juga: Perbedan Label Pure GR dan GR Sport di Mobil-mobil Toyota

“Toyota GR Yaris diproduksi menggunakan line khusus pada pabrik Toyota di  Motomachi yang dikenal memiliki sejarah yang panjang dan kuat dalam memproduksi mobil sport Toyota. Proses perakitannya langsung dilakukan oleh anggota tim Takumi, yaitu para teknisi Toyota yang memiliki keterampilan tinggi,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Fumitaka Kawashima.

“Mobil ini adalah sebuah pure sport model yang memiliki built quality yang baik dan menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan,” tambahnya.

Toyota GR Yaris

Eksterior Toyota GR Yaris

Dari segi eksterior, Toyota GR Yaris dikemas dengan fokus yang tercurahkan pada aerodinamika, bobot yang ringan dan center of gravity yang rendah.

Salah satu yang menonjol adalah pengaplikasian bahan carbon fiber reinforced polymer pada bagian atapnya yang mampu menghasilkan bobot yang lebih ringan dan menurunkan center of gravity.

Baca juga: Harga Mobil Hatchback Terbaru untuk Persiapan Lebaran 2021

Dimensinya mobil ini panjang 3.995 milimeter, lebar 1.805 milimeter, dan tinggi 1.455 milimeter, dengan wheelbase 2.560 milimeter.

Untuk ground clearance 124 milimeter, dengan radius putar 5,31 meter. Mobil ini bisa menyimpan bahan bakar sebanyak 50 liter.

Toyota GR Yaris

Mesin Toyota GR Yaris

Sementara di bagian mesin, Toyota GR Yaris dibekali dengan mesin berkapasitas 1.600 cc 3 silinder turbocharger berkode G16E-GTS yang dihubungkan dengan transmisi manual enam percepatan.

Baca juga: Toyota GR Supra Facelift Jadi Lebih Bertenaga dan Stabil

Toyota menyebutnya dengan transmisi Intelligent Manual Transmission (iMT) enam percepatan dengan rev-matching function.

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini mencapai 261 PS pada 6.500 rpm. Sementara torsi maksimalnya 60 Nm pada 3.000-4.000 rpm.

Mesin ini juga dilengkapi dengan sistem penggerak 4 roda (full time 4WD) berkode GR-FOUR untuk mendukung sensasi berkendara yang menyenangkan di segala situasi dan dapat menyesuaikan dengan berbagai macam gaya berkendara pengemudinya.

Baca juga: Hasil Uji Tabrak Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Pada bagian kaki-kaki, Toyota GR Yaris menggunakan suspensi depan Macpherson Strut dan suspensi belakang double wishbone. Rem depan dan belakangnya sudah dilengkapi dengan ventilated disc brake.

Toyota GR Yaris

Unit terbatas

Secara global, Toyota GR Yaris hanya diproduksi sebanyak 25.000 unit untuk untuk dapat berkompetisi di ajang World Rally Championship (WRC).

Bahkan Di Inggris, Toyota GR Yaris menyabet penghargaan UK Car of the Year (UK-COTY) untuk tahun 2021.

Sebagai salah satu negara yang dikenal aktif dalam berpartisipasi pada ajang kompetisi balap baik nasional maupun internasional, Indonesia mendapatkan alokasi Toyota GR Yaris sebanyak 126 unit.

Baca juga: Sejarah Toyota Vios, Sedan Kompak Bermesin Handal

Di Indonesia, Toyota GR Yaris akan mulai dapat dipesan mulai 25 Maret 2021 mendatang dengan mengajukan form booking di dealer Toyota terdekat.

“Sejak diluncurkan oleh Toyota global pada tahun 2020 lalu, Toyota GR Yaris mendapat sambutan yang luar biasa dari banyak masyarakat di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

Baca juga: Keunggulan Platform TNGA di Mobil-Mobil Toyota Masa Kini

“Melihat tingginya antusiasme masyarakat Indonesia terhadap mobil sport Toyota termasuk saat kami perkenalkan Toyota GR Supra pada tahun 2019 lalu, sebagai wujud apresasi kami akan segera menghadirkan Toyota GR Yaris untuk masyarakat Indonesia dalam waktu dekat dengan jumlah unit yang cukup terbatas yaitu hanya 126 unit,” tambah Anton.

Toyota GR Yaris

Harga Toyota GR Yaris

Berapa harganya? Harga Toyota GR Yaris belum diumumkan secara resmi.

“Harga range yang kita targetkan mudah-mudahan tidak banyak berubah, yaitu mencapai Rp 750-850 juta. Untuk harga ini banyak yang harus dilihat dan harga ini lebih kompetitif dibandingkan negara lain yang melepas diatas Rp 1 miliaran,” tutup Anton.

Baca juga: Mobil Toyota yang Menggunakan Platform TNGA di Indonesia

Bagaimana kamu tertarik memiliki Toyota GR Yaris yang unitnya terbatas, tidak hanya di Indonesia tapi juga secara global?

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.