Search Cars

Tips & Rekomendasi

8 Tips Sebelum Traveling Sekeluarga dengan Mobil Hatchback

Melakukan perjalanan ke luar kota menggunakan mobil pribadi bersama keluarga tentunya lebih menyenangkan ketimbang menggunakan transportasi umum. Selain lebih santai karena bebas beristirahat kapan dan di mana saja, Anda juga punya banyak waktu untuk lebih dekat dengan keluarga selama perjalanan.

Namun, biasanya tiap anggota keluarga memiliki barang bawaannya masing-masing. Hal yang mudah jika mobil yang digunakan adalah jenis mobil MPV dengan kapasitas bagasi yang lebih besar.

Bagaimana jika kapasitas bagasinya terbatas seperti mobil hatchback? Berikut 8 tips berkemas untuk mobil berbagasi kecil.

1. Tentukan Lama Perjalanan
Semakin lama perjalanan tentunya akan semakin banyak barang yang akan dibawa guna memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarga. Lain hal bila perjalanan dilakukan hanya satu hari dua malam, Anda cukup membawa dua koper berukuran sedang yang dapat memuat pakaian untuk empat orang. Tentunya pakaian yang dimasukan ke koper tersebut ditata secara rapih atau mengunakan teknik berkemas menggulung pakaian.

2. Prioritaskan Barang Bawaan
Pakaian adalah hal utama jika melakukan perjalanan ke luar kota. Untuk itu, sesuaikan kebutuhan tersebut dengan destinasi yang akan dituju. Misalnya jika ke pantai, cukup membawa kaos, celana pendek, dan sandal, tidak perlu membawa jaket tebal, apalagi pakaian formal.

Sementara jika melakukan perjalanan dengan balita yang membutuhkan mainan, bawa saja yang paling disukai dan sering dimainkan.

3. Perhatikan Kapasitas Bagasi
Idealnya, bagasi mobil hatchback seperti Toyota Agya, Toyota Etios Valco, Toyota New Yaris, Daihatsu Ayla, dan Daihatsu Sirion dapat menampung hingga empat koper berukuran sedang. Namun sebaiknya Anda juga menghitung daya angkut maksimal mobil-mobil tersebut agar tidak kelebihan beban dengan rumus gross vehicle weight (GVW) dikurangi dengan curb weight (CW) (berat kosong). Misal GVW 1.500 dan CW 1.000 maka maksimal 500 kg yang dapat diangkut.

4. Atur Barang Bawaan
Tingginya tumpukan koper dan barang di bagasi usahakan jangan sampai menutupi jendela bagian belakang. Hal akan menyusahkan pandangan pengemudi jika ingin melihat keadaan yang ada di belakang mobilnya. Selain itu, saat mengatur barang bawaan jangan sampai mengorbankan kenyamanan penumpang bagian belakang, terutama jika terdapat fitur reclining seat.

5. Ingat Barang Penting
Letakkan barang besar dan berat di bagian paling bawah untuk menjaga keseimbangan mobil serta mencegah bawaan berat menimpa dan merusak barang yang lebih ringan. Ingat juga di mana Anda meletakkan barang-barang darurat seperti dongkrak, ban serep, dan kotak P3K. Pastikan semua barang itu mudah diakses dan tidak dihalangi barang bawaan lain.

6. Manfaatkan Kabin
Luas kabin tentunya juga tergantung dari jenis mobilnya. Namun Anda bisa memanfaatkan kabin ini untuk meletakkan barang-barang penting yang sering digunakan agar mudah dijangkau ketimbang saat meletakkannya di bagasi seperti makanan ringan, minuman, hingga charger smartphone. Untuk barang yang kecil juga dapat diletakkan di kolong jok baris pertama.

7. Manfaatkan Bagasi Tambahan
Jika dirasa barang yang dibawa tidak muat di dalam bagasi mobil, agar lebih nyaman dan aman, Anda bisa menggunakan roof box. Namun pastikan bawang tersebut jangan sampai melebihi beban, baik untuk mobil dan roof rack yang akan menopang roof box tersebut. Perlu diingat, tiap muatan 20 kg akan menambah konsumsi bensin sekitar 1%.

8. Sisakan Ruang Bagasi
Saat kembali dari luar kota, tentunya Anda akan membawa oleh-oleh, baik untuk sendiri maupun kerabat yang telah menunggu. Karena itu, saat berangkat sebaiknya Anda sudah menyisakan ruang untuk meletakkan oleh-oleh tersebut agar mobil juga tidak kelebihan beban, mulai dari berangkat hingga pulang dari perjalanan luar kota.

Dengan 8 tips berkemas untuk mobil berbagasi kecil, setidaknya perjalanan keluar kota dapat berjalan dengan lancar. Selain, penataan barang bawaan yang akan membuat seluruh anggota keluarga nyaman. Termasuk tidak melebihi beban dan kapasitas, sehingga mobil Anda juga akan hemat bahan bakar.

 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.