Transportasi Publik Jakarta Sabet Penghargaan STA 2021

By Reka Harnis - November 3, 2020

Setelah sebelumnya menduduki peringkat kedua, kini DKI Jakarta berhasil membawa pulang penghargaan STA 2021.

Kota Pune di India berhasil meraih penghargaan STA tahun lalu

Pune, kota yang memiliki populasi lebih dari 3,5 juta penduduk merupakan kota yang sedang berkembang pesat dengan ekonomi yang kuat.

Pune berhasil memenangkan penghargaan STA berkat komitmennya yang semakin cepat terhadap semua moda angkutan yang berkelanjutan, terutama dengan pertumbuhan yang signifikan dalam infrastruktur pejalan kaki.

Pada tahun 2015, Pune meluncurkan Rainbow Bus Rapid Transit (BRT) yang memiliki fitur desain berkualitas tinggi dan praktik terbaik hingga sukses menarik minat penggunanya dari mode transportasi lain.

Sebelum Pune, penghargaan ini disabet oleh Kota Fortaleza, Brazil. Prestasi ini mampu diraih berkat pembagian ruang jalan yang adil dan kesuksesannya dalam mengurangi CO2, serta meningkatkan keselamatan jalan raya dengan memprioritaskan transportasi umum, bersepeda, dan berjalan kaki.

Berikut daftar lengkapnya dalam sepuluh tahun terakhir.

2020: Pune, India

2019: Fortaleza, Brazil

2018: Dar es Salaam, Tanzania

2017: Santiago, Chili

2016: Yichang, Tiongkok

2015: Belo Horizonte, Rio de Janeiro, dan Sao Paulo, Brazil

2014: Buenos Aires, Argentina

2013: Kota Meksiko, Meksiko

2012: San Francisco, AS

2012: Medellin, Kolombia

2011: Guangzhou, China

2010: Ahmedabad, India

Semoga melalui penghargaan ini, pemerintah tetap berkomitmen untuk terus mengupayakan sistem transportasi berkelanjutan, serta dapat menarik minat masyarakat untuk beralih menggunakan transportasi publik.

Bukan hanya pemerintah, masyarakat juga harus ikut andil dalam merawat sistem transportasi publik. Jangan sampai semua sarana dan prasarana yang sudah disiapkan pemerintah digunakan untuk kepentingan yang tidak bertanggung jawab.

Jadi, yuk sama-sama menjaga transportasi umum yang sudah disediakan, agar masyarakat tetap merasa aman dan nyaman saat menggunakannya.

Berita Terkait

Author