Search Cars

Berita Utama Otomotif

Toyota Rajai Otomotif Indonesia dengan Penjualan di Atas 331 Ribu Unit

Penjualan Toyota selama tahun 2022 berhasil mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun lalu. Berapa persen peningkatannya?

toyota bZ4X

Sepanjang tahun 2022 Toyota berhasil mencatatkan penjualan 331.410 unit secara wholesales. Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 12,1% dari tahun 2021 yang mencatat penjualan mobil-mobilnya sebanyak 295.000 unit. 

Catatan tersebut membuat Toyota berhasil memimpin pasar otomotif Indonesia dengan market share 31,6%. Peningkatan ini juga menunjukkan bahwa perekonomian nasional sudah mulai kembali pulih dengan adanya peningkatan daya beli masyarakat Indonesia. 

Peningkatan daya beli masyarakat ini juga memberikan dampak positif terhadap kinerja penjualan industri otomotif. Hal ini juga sejalan dengan pertumbuhan market overall yang mulai semakin menguat. 

Tren positif penjualan Toyota

mobil Rp200 jutaan

“Kami bersyukur hingga saat ini masih bisa berjalan selaras dengan market serta mempertahankan tren positif pertumbuhan penjualan di sepanjang tahun 2022 mencapai lebih dari 331.000 unit,” ujar Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Baca juga: Mobil Keluarga Terbaik dengan Harga di Bawah 300 Juta

Henry juga mengungkapkan bahwa ia berharap nantinya tren peningkatan akan terus berjalan ke arah yang positif. Dengan begitu, Toyota bisa berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian sekaligus memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang beragam. 

Mobil terlaris Toyota jenis MPV

konsumsi bbm innova zenix

Secara komposisi, penjualan Toyota di tahun 2022 masih didominasi oleh segmen MPV yang berkontribusi sebesar 57,6%. Mobil-mobil terlaris seperti Avanza, Kijang Innova & Kijang Innova Zenix, serta Rush masih menjadi pilihan masyarakat.

Toyota Avanza masih menjadi mobil yang paling laris, terlihat dari angka penjualannya pada tahun 2022 yang berhasil mencapai 60.619 unit. Jumlah tersebut meningkat 49% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021 sebesar yaitu 40.777 unit. 

Baca juga: Standar Emisi Euro 4 Mulai Berlaku, Apa Bedanya?

Jika digabung dengan saudara kembarnya, yaitu Veloz maka jumlah penjualannya mencapai mencapai 92.641 unit. Setelah Toyota Avanza, mobil MPV lainnya yang menjadi favorit adalah Toyota Kijang Innova. 

Toyota Kijang Innova yang sering dijadikan sebagai mobil keluarga ini juga baru meluncurkan generasi terbarunya yaitu Kijang Innova Zenix. Selama tahun 2022, Kijang Innova berhasil mencatatkan penjualan total 46.933 unit. 

“Penjualan Toyota tahun ini masih didominasi oleh model-model MPV yang menyumbang lebih dari 50% total penjualan 2022 sebanyak 191.010 unit, naik 21% dari tahun 2021,” ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

Baca juga: Cara Menentukan dan Menghitung DP Mobil Sesuai Budget

Menurut Anton, angka-angka tersebut cukup merefleksikan kultur masyarakat Indonesia. Dimana kemampuan akomodasi barang dan orang dari model MPV yang optimal menjadi favorit masyarakat Indonesia. 

Penjualan kendaraan elektrifikasi

review Toyota bZ4X

Pada tahun 2022, kendaraan elektrifikasi juga menunjukkan tren yang semakin positif. Total penjualannya secara wholesales telah melebihi 4.463 unit yang mengalami peningkatan sebesar 130% dari tahun 2021 yang ditutup pada level 1.935 unit. 

Salah satu pencapaian tersebut didukung oleh kehadiran mobil listrik pertama yaitu Toyota bZ4X. Serta kendaraan Hybrid EV pertama yang diproduksi secara lokal di pabrik Karawang yaitu Toyota Kijang Innova Zenix. 

Baca juga: Perbedaan SUV Ladder Frame dan Monocoque

“Hasil ini tentu akan menjadi basis bagi Toyota dalam melakukan pengembangan teknologi yang selaras dengan kebutuhan mobilitas masyarakat serta lebih ramah lingkungan,”  tambah Anton. 

Beli mobil di SEVA

promo seva

Buat yang ingin membeli mobil-mobil Toyota tersebut, bisa langsung cek aja di SEVA ya. Jangan lupa juga menggunakan berbagai fitur unggulan yang bisa dipakai. 

Mulai dari fitur Car Discovery Platform yang bisa memberikan rekomendasi mobil sesuai budget dan tentunya sesuai dengan DP dan tenor yang diinginkan. 

Baca juga: Mengecek Mobil Baru, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Setelah menemukan mobil yang paling cocok untuk kamu, fitur Loan Calculator dapat memberikan informasi perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.

Kemudian ada juga fitur Instant Approval dimana kamu dapat membeli mobil baru dengan persetujuan pengajuan kredit yang lebih cepat dan prosesnya jelas.
Mau beli mobil baru, pilih yang  #JelasDariAwal hanya di SEVA.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.