Toyota Land Cruiser dan Fortuner Terbaru Siap Meluncur

Toyota Land Crusier dan Fortuner terbaru bakal segera mengaspal di Tanah Air. Seperti apa spesifikasi dan fiturnya? Intip bocorannya di sini!

toyota land cruiser dan fortuner terbaru

PT Toyota-Astra Motor (TAM) bakal merilis Toyota Land Cruiser dan Fortuner terbaru dalam waktu dekat. Dua SUV (Sport Utility Vehicle) ini akan resmi mengaspal pada 13 Januari 2022.

Land Cruiser yang akan hadir di Indonesia merupakan Land Cruiser 300 yang sudah hadir secara global sejak Agustus 2021 lalu. Kabarnya, akan ada 3 tipe Land Cruiser 300 yang hadir di Tanah Air.

Baca juga: Toyota Land Cruiser 300 Resmi Diluncurkan Global di 2021

Sementara untuk Fortuner akan hadir dengan mesin berkapasitas 2.800 cc untuk varian tertingginya. Fortuner terbaru dikabarkan juga akan tersedia dalam varian GR sport.

Seperti apakah spesifikasi dan fitur dua SUV Toyota terbaru di bulan Januari ini? Berikut beberapa bocoran Toyota Land Cruiser dan Fortuner terbaru.

toyota land cruiser dan fortuner terbaru

Toyota Land Cruiser 300

SUV legendaris versi terbaru hadir menggunakan platform GA-F dari Toyota New Global Architecture (TNGA) yang memiliki bobot lebih ringan 200 kilogram dibanding varian Land Cruiser 200.

Suspensinya pun disempurnakan dengan memakai suspensi high mount double wishbone di bagian depan serta suspensi trailing-link rigid-axle di bagian belakang. 

Baca juga: Harga Mobil MPV Terbaru di Awal Tahun 2022

Ditambah pula dengan Electronic-Kinetic Dynamic Suspension System (E-KDSS) pada varian GR sport untuk menunjang stabilitas yang lebih mantap.

Land Cruiser 300 tersedia dalam mesin berbahan bakar bensin serta diesel. Untuk mesin bensin dibekali dengan mesin konfigurasi V6 dan twin turbo (D-4ST) berkapasitas 3.5 liter yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 415 PS dengan torsi maksimum mencapai 650 Nm.

Sedangkan yang berbahan bakar diesel menggunakan mesin konfigurasi V6 dan twin turbo berkapasitas 3.3 liter. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga 309 PS dan torsi maksimum hingga 700 Nm.

Baca juga: Persyaratan Kredit Mobil Baru Agar Cepat Disetujui

Fitur keselamatan Land Cruiser 300 makin lengkap dengan Toyota Safety Sense (TSS) dengan beberapa fitur yang mengurangi risiko benturan, Blind Spot Monitor, serta Parking Support Brake Plus Support yang mencegah pedal gas terinjak tidak sengaja.

Toyota Land Cruiser kemungkinan akan dijual dengan kisaran harga Rp 1,6 miliar hingga Rp 2,3 miliar.

toyota land cruiser dan fortuner terbaru

Toyota New Fortuner

Toyota Fortuner yang akan rilis nanti kemungkinan tidak muncul dalam varian Legender seperti yang sudah diluncurkan di Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Fortuner terbaru bakal menggunakan mesin turbo diesel berkode 1GD-FTV 4-silinder dengan kapasitas 2.800 cc bertransmisi otomatis yang akan hadir pada varian GR Sport dan 4×2 VRZ. Mesin tersebut diklaim dapat mengeluarkan tenaga 201,2 daya kuda dan torsi 500 Nm.

Dari segi eksterior, tidak ada perubahan signifikan pada Fortuner terbaru. Hanya akan ada penyematan emblem GR di bagian bumper depan dan belakang, samping, serta bagasi.

Baca juga: Toyota Fortuner Baru dikabarkan Meluncur Awal 2022

Bagian interiornya bakal hadir dengan desain sporty, juga dengan penyematan emblem GR di headrest, tombol Start/Stop Engine, setir, dan head unit. Dilengkapi juga dengan Electro-chromic Rearview Mirror, Rear Seat Entertainment dan Wireless Charger.

Beberapa fitur keselamatan seperti 7 SRS Airbags, Hill Start Assist (HSA), Emergency Brake Signal (EBS), dan Vehicle Stability Control (VSC) bakal melengkapi SUV ini. 

Selain itu, akan ada fitur T Intouch yang membantu pemilik mobil terhubung dengan layanan kendaraan dari Toyota serta meningkatkan kenyamanan berkendara.

Belum ada informasi pasti mengenai berapa harga Fortuner terbaru. Namun, varian yang ada saat ini dijual dengan harga mulai dari Rp 521.600.000.

Baca juga: Bonus Kredit Mobil Baru yang Sering Ditawarkan Dealer

Nah, dari kedua SUV besar milik Toyota yang akan segera mengaspal ini, mana yang paling kamu tunggu-tunggu kehadirannya?

Buat kamu yang tertarik dengan Toyota Land Cruiser dan Fortuner terbaru, nantikan peluncuran resminya pada 13 Januari 2022 ya.