Toyota Kijang Kapsul atau Isuzu Panther, Mau Pilih Mana?

By Arris Riehady - Agustus 19, 2021

Menjadi MPV primadona keluarga Indonesia di zamannya. Kamu pilih mana, Toyota Kijang Kapsul atau Isuzu Panther?

Toyota Kijang Kapsul

Toyota Kijang Kapsul dan Isuzu Panther adalah MPV primadona di era tahun 90an akhir dan 2000an awal.

Tidak heran, keduanya banyak dipilih keluarga Indonesia karena dapat diandalkan melibas berbagai medan jalan, mesin tangguh, dan daya angkutnya yang besar.

Melirik harga Toyota Kijang Kapsul dan Isuzu Panther bekas terbilang tetap terjaga. Apalagi, keduanya kini ini juga menjadi incaran kolektor karena desainnya yang vintage.

Baca juga: Spare Part Toyota Land Cruiser FJ40 Akan Kembali Diproduksi

Kalau kamu pilih mana, Toyota Kijang Kapsul atau Isuzu Panther? Supaya tidak bingung, nih perbandingannya.

mobil yang parkir tanpa garasi

Toyota Kijang Kapsul

Toyota Kijang Kapsul adalah sebutan tidak resmi untuk Toyota Kijang generasi keempat penerus Toyota Kijang Super yang resmi dikenalkan di Indonesia pada tahun 1997.

Disebut Kijang Kapsul karena MPV ini memiliki bentuk yang revolusioner di zamannya. Eksteriornya dibuat lebih bulat dan memiliki aerodinamis yang lebih bagus.

Proses research and development (RnD) mobil ini banyak melibatkan para engineer PT Toyota Astra Motor berkolaborasi dengan Toyota Motor Company.

Riset yang dilakukan terfokus dalam menentukan secara spesifik seperti apa kebutuhan mobil keluarga di Indonesia.

Baca juga: Review Toyota Corolla DX, Kenapa Layak Dijadikan Investasi?

Toyota Kijang Kapsul tersedia dalam sasis pendek (KF70) dan sasis panjang (KF80) dengan varian SX, LX, SSX, LSX, SGX, LGX, serta Krista. S dan L pada huruf pertama menggambarkan sasis, short dan long.

SX dan LX adalah varian standar, tanpa AC, power steering, power window, dan aksesoris. Lalu SSX serta LSX sudah diberikan AC.

Varian SGX dan LGX merupakan yang terlengkap dengan AC double blower, power steering, power window, audio, wiper belakang, dan lampu kabut.

Sementara Krista menjadi top line versi sasis pendek maupun sasis panjang dengan warna two tone.  Lalu, ada juga varian Rangga yang masuk dalam jajaran edisi terbatas.

Pada bagian interior, Toyota Kijang Kapsul bisa dibilang menjadi MPV pertama di Indonesia dengan konfigurasi baris ketiga yang menghadap ke depan (khusus sasis panjang).

Hal ini demi meningkatkan kenyamanan penumpang belakang kala berpergian jauh.

Baca juga: Modifikasi Kijang Kapsul Nyeleneh Ala Anak Muda

Banyaknya varian berbanding lurus dengan banyak pilihan mesin yang diusung, yaitu mesin bensin dan mesin diesel berkapasitas 1.800cc hingga 2.500cc.

Mesin yang digunakan adalah mesin bensin 7K-E 1.800 cc 4-silinder dengan pengaplikasian teknologi Electronic Fuel Injection (EFI). Meski begitu, varian SX dan LX tetap menggunakan karburator.

Saat facelift di tahun 2000, mobil ini mendapat mesin baru 1RZ-E 2.000 cc 4-silinder injeksi, yang bertenaga maksimum 97 daya kuda dan torsi 151 Nm.

Sementara mesin diesel menggunakanberkode 2L dari Toyota Hi-Ace, berkapasitas 2.500 cc 4-silinder dengan berkekuatan 83 daya kuda dan torsi 162 Nm.

Toyota Kijang Kapsul merupakan generasi Toyota Kijang pertama yang memasarkan pilihan transmisi otomatis 4 percepatan tipe A45D, yang teknologinya diambil langsung dari Toyota Crown.

Baca juga: Mengenal Toyota Corolla dari Generasi ke Generasi

Toyota Kijang Kapsul mendapat facelift pada tahun 2000 dan 2002 sebelum masa baktinya berakhir di tahun 2004-2005. Kijang memang tiada duanya!

kendaraan favorit mudik

Isuzu Panther

Isuzu Panther pertama kali dikembangkan di Jepang dengan kode Asian Utility Vehicle (AUV). Sejak awal kemunculannya dikenal sebagai mobil yang tangguh, irit, dan bandel.

Diawali dengan generasi pertamanya pada tahun 1991, mobil ini menggendong mesin c233 4 silinder yang berkapasitas 2.238 cc OHV (Over Head Valve) dengan indirect injection dengan 6 varian, yaitu Grand Deluxe, Deluxe (Total Assy), Hi-Grade, Bravo, Panther Miyabi, dan Standart.

Baca juga: Mobil Diesel Tangguh, Pilih Isuzu Panther atau Isuzu Mu-X?

Lalu generasi kedua lahir pada pada pertengahan tahun 1996 yang penjualannya yang terbilang cukup baik dan jadi salah satu mobil andalan keluarga di tahun 90-an.

Generasi ini menggunakan mesin berkapasitas 2.500 cc OHV direct injection dengan tenaga maksimal sebesar 86 daya kuda.

Terdapat 8 varian yang ditawarkan pada generasi kedua, seperti Grand Royal, New Royal, Royal, Hi-Grade, New Hi-Grade, Hi-Sporty, Deluxe, dan Standart.

Eksteriornya generasi pertama dan kedua ini mempertahankan ciri khas Panther dengan lampu depan yang lebar.

Selanjutnya generasi ketiga hadir pada tahun 2000. Mesin yang digunakan tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya namun tersedia transmisi otomatis dan mesin turbo.

Baca juga: IAMI Pastikan Suku Cadang Isuzu Panther Tetap Tersedia

Generasi yang sering disebut Isuzu New Panther ini juga membawa varian baru seperti Grand Touring, Touring, SS, SV, LV, LM, dan SM.

Secara desain eksterior, generasi ini terlihat lebih modern dengan banyak lekukan pada bagian depan dan belakang.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!