Toyota Hadir di IEMS 2021 dengan 3 Kendaraan Elektrifikasi

Toyota turut berpartisipasi dan mendukung gelaran IEMS 2021 dengan memamerkan 3 lini kendaraan elektrifikasi. Apa saja?

PT Toyota-Astra Motor (TAM) turut berpartisipasi dalam gelaran IEMS (Indonesia Electric Motor Show) 2021 yang digelar pada 24-26 November 2021 dan diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Dalam gelaran yang diadakan di Gedung Pusat Inovasi dan Bisnis Teknologi – BRIN, Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Toyota memamerkan 3 unit kendaraan elektrifikasi yaitu Lexus UX 300e, Toyota C+pod, dan Toyota Prius PHEV Bluebird di booth seluas 100 meter persegi.

Baca juga: Apa itu Mobil Hybrid? Ini Penjelasan dan Sejarahnya

“Kami hadir di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 sebagai wujud komitmen kami mendukung upaya Pemerintah dalam pengembangan teknologi kendaraan elektrifikasi dan mengurangi emisi CO2 di Indonesia secara berkelanjutan melalui penyediaan produk berbasis elektrifikasi dan ramah lingkungan,” kata Susumu Matsuda, President Director PT Toyota-Astra Motor.

booth Toyota GIIAS 2021

Kendaraan elektrifikasi Toyota 

Secara global Toyota sudah menghadirkan 55 line up kendaraan elektrifikasi dengan teknologi Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-In Hybrid Vehicle (PHEV), dan Battery Electric Vehcile (BEV). 

Sampai saat ini, Toyota telah menjual lebih dari 18 juta unit kendaraan elektrifikasi dan telah mengurangi total kumulatif emisi karbon sebesar 140 juta ton dalam waktu lebih dari 20 tahun.

Baca juga: Toyota Camry Hybrid Terbaru Resmi Meluncur di Indonesia

Sementara Toyota Indonesia sudah memiliki 10 model kendaraan elektrifikasi dan suah membukukan penjualan hampir 5.000 unit. Kendaraan elektrifikasi HEV yang pertama kali dihadirkan TAM di Indonesia adalah Toyota Prius Hybrid pada 2009 dan Lexus LS600h pada 2010. 

Lini kendaraan elektrifikasi Toyota lainnya di antaranya Toyota Corolla Cross HEV, Toyota C-HR HEV, Toyota Corolla HEV, dan Toyota Camry HEV.

Toyota COMS

Kendaraan HEV seperti Toyota Corolla Cross yang diluncurkan pada 2020 meraih penjualan yang impresif dengan total 1.070 unit terjual pada 2021. Jumlah tersebut meningkat dari tahun 2020 dengan penjualan 652 unit.

Pada Maret 2021, Toyota menghadirkan dua mobil BEV, yaitu Toyota C+Pod dan Toyota COMS untuk EV Smart Mobility di Nusa Dua, Bali. Mobil tersebut dihadirkan untuk mendukung mobilitas di sekitar area wisata dan sudah dicoba oleh lebih dari 700 orang.

Baca juga: Harga Mobil Hybrid Bekas yang Ramah Lingkungan

Toyota juga melakukan kolaborasi dengan taksi Bluebird untuk kendaraan Toyota Prius PHEV Bluebird demi mendukung mobilitas masyarakat yang ramah lingkungan sekaligus mempopulerkan kendaraan elektrifikasi.

Tak hanya itu, Toyota Indonesia berencana membangun pabrik perakitan baterai untuk mobil listrik di fasilitas perusahaan yang bertempat di Karawang, Jawa Barat, mulai tahun depan.

Ada apa di IEMS 2021?

Selain Toyota, terdapat 30 peserta yang turut hadir memamerkan kendaraan elektrifikasi dan inovasi electric vehicle (EV). Beberapa yang berpartisipasi di antaranya Hyundai, Gesits, Wuling, DFSK, Honda (motor), PLN, Pertamina, dan Universitas Gadjah Mada.

IEMS 2021 yang mengangkat tema “Innovation for Better Future e-Mobility” diisi dengan program talkshow, seminar, serta showcase beragam inovasi teknologi kendaraan berbasis listrik.

Baca juga: 6 Fakta Mobil Hybrid, Banyak Kelebihannya!

Pengunjung juga bisa melakukan test drive di area yang sudah disediakan bagi yang ingin menjajal langsung mobil listrik. 

Pameran ini diadakan secara hybrid, yaitu melalui virtual dan offline. Acara terbuka untuk umum dan tiket masuknya gratis.

Nah, bagi kamu yang tertarik dengan kendaraan elektrifikasi Toyota, bisa mengunjungi booth Toyota di IEMS 2021. Kalau mau beli secara online, kamu bisa mengunjungi Seva.id!