Toyota GR 86: Mobil Bermesin Tangguh dengan Bobot Ringan

By Reka Harnis - Agustus 19, 2021

Toyora GR 86 resmi diperkenalkan di Jepang beberapa waktu lalu, tampilannya makin garang dan sporty.

Toyota GR 86

Toyota Gazoo bersama Subaru resmi memperkenalkan New Toyota GR 86 secara virtual di Jepang beberapa waktu lalu, yaitu pada 5 April 2021. 

Toyota GR 86 merupakan model ketiga mobil sport Toyota dengan label GR yang dikembangkan oleh Toyota Gazoo Racing. 

Sementara Toyota 86 generasi modern pernah diluncurkan pada tahun 2021. Mobil dengan tampilan sporty ini populer di kalangan motorsport, seperti reli, one make race, hingga gymkhana.

Baca juga: Resmi! Toyota Gazoo Racing Gantikan TRD di Indonesia

Total penjualan secara global hingga saat ini mencapai lebih dari 200 ribu unit. 

Lantas, apa saja pembaruan yang disematkan pada Toyota GR 86?

Eksterior Toyota GR 86

Soal tampilan, Toyota GR 86 masih mempertahankan desain khasnya, yaitu kendaraan berotot dengan penggerak roda belakang.

Hal ini bisa dilihat dari spakbor agak menonjol keluar baik di roda depan maupun belakang.

Selain itu, mobil yang dilengkapi GR-specific Functional MATRIC Grille di bagian depannya ini memiliki dimensi yang tidak jauh berbeda dari pendahulunya, yakni dengan panjang 4.265 mm, lebar 1.775 mm, tinggi 1.310 mm, dan wheelbase 2.575 mm.

Baca juga: Bedanya TRD dengan Toyota Gazoo Racing di Indonesia

Kemudian, demi mengurangi center-of-gravity dan meningkatkan performa membelok, Toyota membatasi tinggi dan hip-point GR 86.

Interior Toyota GR 86

Bukan hanya tampilan luarnya saja yang istimewa, bagian interior Toyota GR 86 hadir dengan sistem operasi yang mencakup berbagai saklar dan panel instrumen, dengan aksen horizontal yang ditempatkan secara optimal sehingga pengemudi dapat tetap fokus berkendara.

Baca juga: GRMN, Mobil Berperforma Tinggi Racikan Toyota Gazoo Racing

Beralih ke fitur, di bagian tengah dashboard terdapat layar TFT 7 inci.

Uniknya, insinyur Toyota membuat animasi pembukaan pada layar ini yang terinspirasi oleh gerakan piston dari mesin GR 86 yang berlawanan secara horizontal.

Mesin Toyota GR 86

Toyota GR 86 masih menggunakan mesin boxer empat silinder yang dikembangkan oleh Subaru dan dilengkapi teknologi Toyota D-4S.

Berbeda dari sebelumnya, mesin tersebut kini berkapasitas 2.387 cc dan bertenaga 235 dk di putaran 7.000 rpm, dan torsi 250 Nm di putaran 3.700 rpm.

Baca juga: Tidak Puas dengan JDM, Toyota FT86 Rocket Bunny Diubah ke Stance

Selain itu, Toyota GR 86 juga meningkatkan ukuran kubikasinya, dari 2.0 menjadi 2.4L.

Dampaknya, kinerja mesin meningkat dengan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 6,3 detik.

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang membutuhkan waktu 7,4 detik, GR 86 tentu lebih unggul. 

Bobot

Meski semakin canggih, bobot GR 86 dibuat ringan dibandingkan dengan pendahulunya.

Pasalnya, mobil asal Negeri Sakura ini didukung dengan penggunaan aluminium untuk panel atap, spakbor aluminium dan jok depan serta muffler dengan desain baru.

Baca juga: Kiprah Toyota Gazoo Racing, Kompetisi adalah Latihan Terbaik

Bobot lebih ringan dengan penggunaan aluminium diklaim mampu menghasilkan center-of-gravity atau pusat gravitasi yang lebih rendah.

Transmisi

Bagi calon pemilik yang ingin sensasi berkendara yang murni, Toyota GR 86 menawarkan transmisi manual dengan 6-percepatan.

Sementara, bagi pemilik yang ingin menggunakan mobilnya harian, GR 86 juga menghadirkan transmisi otomatis 6-percepatan.

Fitur keselamatan

Toyota GR 86 transmisi otomatis mendapatkan teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS) milik Subaru bernama EyeSight.

Ini merupakan sistem teknologi keselamatan komprehensif yang memberikan dukungan keselamatan berkendara sehari-hari.

Baca juga: Toyota Kijang Kapsul atau Isuzu Panther, Mau Pilih Mana?

Sebut saja Pre-Collision Braking, yang mampu membantu pengendara menghindari atau mengurangi dampak tabrakan, bantuan penyelamatan darurat dan dukungan penghindaran tabrakan sekunder jika terjadi kecelakaan.

Bagaimana, canggih kan?

Berita Terkait

Author