Search Cars

Otomotif

Toyota Corolla Cross Siap Meluncur di Indonesia, Apa Keistimewaannya?

Toyota Corolla Cross akan hadir di Indonesia 6 Agustus 2020 mendatang. Yuk, kenalan dulu dengan spesifikasi dan fiturnya.

Toyota Corolla Cross

Lewat akun Instagram @toyotaid, PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan kalau Toyota Corolla Cross akan segera hadir di Indonesia pada 6 Agustus 2020.

Peluncuran rencananya akan dilakukan secara virtual secara live streaming melalui channel YouTube ToyotaIndonesia mulai pukul 11:00 WIB sehingga semua orang dapat menyaksikannya, sama seperti pada saat diluncurkannya Toyota New Agya.

Baca juga: Resmi! Tampilan, Fitur, dan Harga Terbaru New Toyota Agya Facelift

Sebelumnya, Toyota Corolla Cross telah diluncurkan lebih dahulu di Thailand pada 9 Juli lalu. Lantas, bagaimana spesifikasi dan fiturnya? Yuk simak ulasan berikut.

Toyota Corolla Cross

Varian mesin Toyota Corolla Cross

Mobil ini ditawarkan dengan mesin bensin berkode 2ZR-FBE berkapasitas 1.800 cc dengan tenaga 138 daya kuda dan mesin hybrid 2ZR-FXE THS II yang sanggup mengeluarkan tenaga 96 daya kuda untuk mesin bensin dan 72 untuk mesin listriknya.

Mesinnya sama dengan yang digunakan pada Toyota C-HR dan menyalurkan tenaga mesin ke roda depan dengan transmisi otomatis CVT tujuh percepatan.

Variannya meliputi 1.8 Sport, Hybrid Smart, Hybrid Premium, dan Hybrid Safety Premium. Semuanya dijual dengan rentang harga 959.000 Baht sampai 1.199.000 Baht.

Baca juga: Impresi Toyota All New C-HR: Enak untuk di Perkotaan dan Roadtrip

Nantinya, di Indonesia, Toyota Corolla Cross sebagai model baru yang dihadirkan TAM akan mengisi pasar di antara Toyota C-HR dan Toyota Fortuner di kelas sport utility vehicle (SUV).

Toyota Corolla Cross

TNGA platform

Desain Toyota Corolla Cross berdiri di atas platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang juga digunakan pada model Toyota terbaru.

Platform ini sudah dikembangkan sehingga Toyota Corolla Cross diklaim memiliki performa, kenyamanan, dan keselamatan yang lebih baik.

Selain mesin yang digunakan, seperti yang sudah disebut di atas, SUV ini sudah menggunakan supensi torsion beam yang dikembangkan sehingga memberikan grip dan keseimbangan diberbagai medan jalan untuk menunjang kenyamanan perjalanan.

Berbagai fitur keselamatan ikut disematkan, seperti Toyota Safety Sense yang meliputi pre-collision system, lane departure alert  with steering assist, dynamic radar cruise control with lane tracing assist, dan automatic high beams.

Baca juga: SevaMagz Vol. 5: Toyota di Hati Kita

Ada juga keselamatan aktif dengan blind spot monitor, rear cross traffic alert, panoramic view monitor, hill-start assist control, wheel disc brakes, emergency brake signal, traction control system (TRC), vehicle stability control (VSC), serta anti-lock brake system (ABS).

Untuk fitur keselamatan pasifnya meliputi Tire Pressure Monitoring System dan 7 SRS Airbags.

Toyota Corolla Cross

Interior Toyota Corolla Cross

Meski berjenis SUV, DNA kenyamanan Toyota Corolla tetap terbawa di mobil ini. Saat launch di Thailand, disebutkan bahwa seluruh jok dibalut dengan kulit berwarna merah atau diberi nama Terra Rossa.

Secara keseluruhan, Toyota Corolla Cross dibekali dengan pengaturan jok pengemudi elektrik, AC digital dual zone, jok belakang dengan arm rest dan pengaturan reclining, ventilasi AC dan USB untuk penumpang belakang, pelipatan jok belakang 60:40, serta bagasi 440 liter yang dapat diekspansi hingga 487 liter.

Baca juga: Impresi Pertama All New Toyota Corolla Altis: Makin Sporty dan Canggih

Pintu bagasi pun dapan dibuka secara otomatis atau Power Back Door dengan activated Kick Sensor. Jadi untuk membuka cukup mengayunkan kaki di bawah bumper belakang.

Head unit Toyota Corolla Cross menggunakan layar sentuh berpenampang 9 inci yang kompatibel dengan Apple CarPlay dan T-Connect. Head unit ini pun bisa dikoneksikan dengan Bluetooth dan USB.

Untuk memberikan informasi berkendara dan terkait mobil, terdapat multi information display (MID) sebesar 7 inci di instrumen kluster.

Toyota Corolla Cross

Eksterior Toyota Corolla Cross

Secara dimensi, SUV 5 penumpang ini memiliki pandang 4.460 milimeter, lebar 1.825 milimeter, dan tinggi 1.620 milimeter.

Dimensi tersebut lebih besar sedikit daripada Toyota C-HR dengan tinggi 4.360 milimeter, lebar 1.795 milimeter, dan tinggi 1.565 milimeter.

Karena membawa DNA sedan, Toyota Corolla Cross tampil lebih sporty dengan desain garis tajam dan lampu yang menyempit.

Baca juga: Mengenal Toyota Corolla dari Generasi ke Generasi

Pada segi lampu, Toyota Corolla Cross sudah menggunakan LED, mulai dari lampu utama dengan proyektor dan fitur otomatis dan Follow Me Home, daytime running light (DRL), lampu kabut, hingga lampu belakang.

Lalu, SUV ini ditopang dengan pelek berdesain sporty dengan ukuran 18 inci. Sedangkan di bagian atas sudah terpasang roof rack dan dibenamkan power moon roof yang membuatnya nampak elegan.

Toyota Corolla Cross

Masuk ke dalam interior cukup kantongi kunci karena sudah ada fitur smart entry dengan push start/stop engine button. Spion pun dapat terlipat secara otomatis.

Itu tadi spesifikasi dan fitur Toyota Corolla Cross di Thailand. Bagaimana untuk varian Toyota Corolla Cross Indonesia? Nantikan kehadirannya secara resmi pada 6 Agustus 2020 nanti ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.