Search Cars

Otomotif

Toyota Avanza Baru Hadir Tahun 2019?

Tidak bisa dipungkiri berkembangnya pasar mobil Multipurpose Vehicle (MPV) saat ini tak lepas dari kontribusi Toyota Avanza. Berdasarkan data Gaikindo, penjualan Toyota Avanza sejak 2004 sampai 2017 telah mencapai 1.638.704 unit. Hal ini menjadikan Toyota Avanza sebagai mobil paling laris sepanjang masa di Indonesia .

 

Nama Avanza sendiri bisa dibilang berasal dari bahasa Italia “avanzato” yang berarti peningkatan. Toyota Avanza pertama kali muncul di Indonesiapada tanggal 11 Desember 2003 di event Gaikindo Auto Expo. Mobil ini merupakan hasil kolaborasi pertama PT Toyota Astra Motor (TAM) dengan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), yang berujung pada Daihatsu turut menjual mobil serupa Avanza dengan nama Xenia.

Generasi Pertama

Generasi pertama Toyota Avanza dipasarkan dalam dua varian, yakni Toyota Avanza tipe E dan tipe G. Keduanya sama-sama dibekali mesin berkapasitas 1.300 cc bertransmisi manual. Perbedaannya, Toyota Avanza tipe E tidak memiliki fitur yang dimiliki Toyota Avanza tipe G, seperti velg alloy, AC double blower, dan spion elektrik. Setahun berselang, pihak TAM lalu meluncurkan Toyota Avanza tipe G dengan transmisi otomatis.

 

Tahun 2006 terjadi perubahan pada Toyota Avanza. Di bulan Juli, mesin pada MPV ini diberikan teknologi Variable Valve Timing with intelligence (VVT-i) atau pengaturan katup variable. Dengan mesin berteknologi VVT-i, maka Toyota Avanza semakin bertenaga dan konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih efisien. Di tahun yang sama juga diluncurkan Toyota Avanza tipe S berkapasitas mesin 1.500 cc VVT-i dengan penambahan fitur sensor parkir, body kit, dan velg alloy yang diperbesar menjadi 15 inci.

 

Sebelum generasi pertama Toyota Avanza berakhir, pada tahun 2009 TAM kembali menyegarkan MPV ini dengan menghadirkan transmisi otomatis pada Toyota Avanza tipe E, sehingga konsumen mempunyai lebih banyak pilihan.

Generasi kedua

Pada tahun 2011, Toyota Avanza generasi kedua secara resmi mengaspal di Indonesia dengan nama baru, yaitu Toyota All New Avanza yang hadir dalam tipe E dan G.

 

Di generasi kedua ini, Toyota Avanza mendapat ubahan pada eksterior dan interiornya. Pilihan pun makin lengkap dengan mesin bertransmisi otomatis VVT-i yang tersedia dari Toyota Avanza tipe E. Akan tetapi, Toyota All New Avanza ini hadir dengan kapasitas mesin yang lebih rendah, yaitu 1.300 cc. Sementara tipe S yang memiliki kapasitas mesin 1.500 cc berubah nama menjadi Toyota Avanza Veloz.

 

Nama Veloz sendiri berasal dari sebuah kata dalam Bahasa Inggris, yaitu “velocity” yang berarti kecepatan. Varian ini menjadi varian tertinggi (top of the line), dan menjadi pembeda dengan generasi sebelumnya.

 

Di generasi kedua ini juga sistem power steering Toyota Avanza beralih dari power steering tipe hidrolik menjadi power steering elektrik. Fitur keselamatan pun ditingkatkan dengan menyematkan fitur dual SRS Airbag dan menyempurnakan level noise, vibration, dan arshness (NVH). Kabinnya juga lebih nyaman dengan jok baru yang lebih tebal, dan jok baris kedua yang memiliki tiga head rest serta bisa digeser maju mundur dan reclining.

 

Pada bulan Juni 2014, Toyota juga menghadirkan Avanza Luxury sebagai varian termewah dari Avanza.

cuci mobilGenerasi ketiga

Menanggapi persaingan di kelas MPV yang semakin ramai, TAM pun melahirkan generasi ketiga Toyota Avanza pada 12 Agustus 2015. Generasi ini diberi nama Toyota Grand New Avanza dan Toyota Grand New Veloz.

 

Secara eksterior, baik Toyota Grand New Avanza dan Toyota Grand New Veloz memiliki perbedaan penampilan yang signifikan dengan generasi sebelumnya. Bisa dibilang, generasi ketiga tampil lebih sporty dan gahar. Toyota Grand New Veloz bahkan sudah memakai lampu utama model proyektor.

 

Interiornya kini memakai warna dual tone yang elegan. Fitur hiburan ditingkatkan dengan head unit layar sentuh. Begitupun dengan fitur penunjang berkendara, seperti hadirnya ECO indicator lamp pada multi information display (MID). Sistem keselamatan juga ditingkatkan dengan hadirnya fitur teknologi pengereman anti-lock braking system (ABS) dan side impact beam untuk melindungi penumpang apabila terjadi benturan keras dari samping. Di bagian dapur pacu juga terjadi perubahan. Generasi ini menggunakan teknologi Dual VVT-i yang merupakan pengembangan dari VVT-i.

 

TAM juga menambahkan varian baru, yaitu Toyota Grand New Veloz berkapasitas mesin 1.300 cc bertransmisi manual dan otomatis. Pada generasi sebelumnya hanya ada Toyota Veloz dengan mesin berkapasitas 1.500 cc.

Toyota Avanza 2019

Belakangan berhembus kabar kalau generasi keempat Toyota Avanza akan segera lahir. Bahka,n gambar dan foto hasil olah digital mobil ini juga banyak berseliweran di dunia maya. Ada yang bilang kalau wujudnya bakal mirip dengan desain Daihatsu DN Multisix Concept yang sempat ditampilkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

 

Sayangnya hingga saat ini belum ada konfirmasi resmi dari Toyota mengenai wujud pasti dan jadwal rilis Toyota Avanza generasi terbaru. Konon katanya, MPV kebanggaan Indonesia ini akan dikenalkan pada tahun 2019. Apa benar? Kita nantikan saja!

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.